Perjalanan Bapa Abraham/ Nabi Ibrahim ke Tanah Arab dalam ALKITAB


Benarkah ALKITAB tidak mencatat perjalanan Bapa Abraham atau Nabiullah Ibrahim ke tanah Arab?..Simak yang tersirat dari teks-teks ALKITAB..

Ketika Abraham mengirim Hajar dan anaknya Ishmael ke padang Bersyeba

Kejadian 21:14. ..Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba.

Padang gurun Bersyeba atau dalam teks Inggris disebut Beersheba terdiri dari dua kata yakni “Be’ir” yang berarti Sumur dan Syeba atau Sheeba yang berarti “Sumpah” atau “Tujuh”. Kata kunci dalam kisah ini adalah sebuah tempat yang disebut sebagai “Be’eir Seba‘” yang mana tempat ini tentunya bukanlah nama sebuah kota saat itu, akan tetapi suatu lokasi padang gurun yang kelak akan diberi nama “Sumur Sheba‘” atau “Sumur Perjanjian” atau “Sumur Tujuh” jauh setelah itu peristiwa Nabi Abraham datang ke tempat itu.

Dalam bukunya The Geographie, (Sumber buku online ada di sini ) Strabo, seorang ahli pemetaan Geologi abad pertama,  menyebutkan sebuah daerah yang disebut Tujuh Sumur atau Hepta Phreata yang terletak diantara Yaman dan pelabuhan Jeddah di Saudi Arabia bagian barat. Ketika Jenderal Romawi kiriman Kaisar Augustus, Aelius Gallus dan tentaranya pulang kembali dari ekspedisinya ke Yaman yang gagal,  dan kemudian menyusuri perjalanan pulang melalui Arabia Barat pada tahun 24 SM, mereka beristirahat pada sebuah tempat yang disebut Hepta Phreata yang berarti Seven Wells atau Tujuh Sumur karena ditemukan tujuh sumur di tempat itu.

John Philby, seorang sejarawan Arabia, dalam bukunya Arabian Highland, meyakini bahwa tempat yang dimaksud Aelius tentulah suatu daerah yang dalam bahasa Arab dinamakan sebagai Bi’r Sab’ah atau Beersheba atau Bersyeba yang mempunyai arti Tujuh Sumur. Pada buku tersebut, Philby mengatakan bahwa pada saat pada setidaknya ada sebuah daerah di Arabia barat yang dinamakan Beersheba, perbukitan yang terletak di antara Yaman dan Jeddah..

Kitab Kejadian [21:21] menyebutkan bahwa Ishmael tinggal di padang Paran. Karena itu untuk mengetahui dimanakah lokasi Beersheba yang sebenarnya maka mengetahui lokasi padang Paran akan memberikan kepada kita satu petunjuk untuk menentukan lokasi tepatnya Bersheba dalam Alkitab.

Beberapa sarjana Alkitab mengidentifikasi Paran terletak di Sinai. Akan tetapi jika kita membuka kitab Ulangan 33:2—maka tampak bahwa Paran bukanlah Sinai—,

“ Berkatalah ia: “TUHAN datang dari SINAI dan terbit kepada mereka dari Seir; Ia tampak bersinar dari pegunungan PARAN dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus; di sebelah kanan-Nya tampak kepada mereka api yang menyala..”

The Encyclopedia Judaica memberikan informasi yang sama,

An element of doubt is created, however, by the juxtaposition of Mt. Paran with Mt. Sinai and Mt. Seir in Deuteronomy 33:2 and Habakkuk 3:3; some interpreters regard this mountain as synonymous with Mt. Sinai, while others look for a separate Mt. Paran at a site called Jebel Faran, a place mentioned by some travelers, but not located by others.

Kitab Mazmur memberikan kita sebuah isyarat dimana lokasi kisah Hagar dan putranya yang kelak akan menjadi yang dikuduskan. Kitab Mazmur 84:4 tertulis:

84:4 אשרי יושבי ביתך עוד יהללוך סלה׃

84:5 אשרי אדם עוז לו בך מסלות בלבבם׃

84:6 עברי בעמק הבכא מעין ישיתוהו גם ברכות יעטה מורה׃

84:7 ילכו מחיל אל חיל יראה אל אלהים בציון׃

Ashrei yoshbei BEITE kha ‘od yehalilukha, sela..
Ashrei adam ‘oz lo bekha. Mesillot be-lebabam.,
‘Obrei be-‘eimeq ha-BAKA, ma‘yan yesheetuhu gam barokat ya’atheh mowreh …
Yeilkhu mei-hayil el hayil yeraeh elohim be tsyiown….

(84:4 Berbahagialah orang-orang yang diam di Bait-Mu, yang terus-menerus memuji-muji Engkau. Sela

84:5 Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah!

84:6 Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.

84:7 Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion.).

Ditempat lain…

Kitab Kejadian  versi ALKITAB Terjemahan LAI

12:8 Kemudian IA PINDAH DARI SITU KE PEGUNUNGAN DI SEBELAH TIMUR BETEL. IA MEMASANG KEMAHNYA DENGAN BETEL DI SEBELAH BARAT DAN AI DI SEBELAH TIMUR, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN

13:1 Maka pergilah Abram dari Mesir ke TANAH NEGEB dengan isterinya dan segala kepunyaannya, dan Lotpun bersama-sama dengan dia.

13:3 Ia berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, dari Tanah NEGEB SAMPAI DEKAT BETEL, di mana kemahnya mula-mula berdiri, ANTARA BETEL DAN AI,

Negeb from an unused root meaning to be parched; the south .
Negeb kadang dimetatesis geneb (Arabic janub) berarti SELATAN

Check bible versi KJV

Genesis 13:1 And Abram went up out of Egypt, he, and his wife, and all that he had, and Lot with him, into the SOUTH.

Genesis 13:3 And he went on his journeys from the SOUTH even to Bethel, unto the place where his tent had been at the beginning, between Bethel and Hai;

Kurang yakin?
Check terjemahan situs Jahudi

Genesis 13:1 And Abram went up out of Egypt, he, and his wife, and all that he had, and Lot with him, into the South.
Genesis 13:3 And he went on his journeys from the SOUTH even to Beth-el, unto the place where his tent had been at the beginning, between Beth-el and Ai;

http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt0113.htm

Silahkan anda check dalam peta berada dimanakah “Tanah Negeb”yang disebut dalam TB, disebelah selatan atau di timur Mesir?

So, menurut bible Abram pindah dari Mesir ke SELATAN, dimanakah itu?
Jelas disebutkan Abram pindah keselatan kembali kegunung/ bukit (ha horah) yang berlokasi diantara בֵּֽית־אֵ֤ל Beith-El dan וְהָ ‘Ai, fakta menunjukkan bahwa kota ‘Ai secara pasti tidak ditemukan diwilayah yang sekarang disebut Israel/Palestina/Jordania, lokasi ‘Ai yang diclaim Christian archeologist hanya sekedar proposal.

Memang ada sebuah Bethel yang bernama Bayt Ula (byt’l) di Palestina, di wilayah al-Khalil (atau ‘Hebron’). Agak jauh ke arah timur, melewati Laut Mati, ada sebuah Ai yang bernama Khirbat ‘Ayy (‘y) di wilayah al-Karak. Namun kedua wilayah tersebut saling terpisah bukan oleh sebuah gunung, tetapi oleh sebuah lembah Laut Mati yang sangat dalam.

So bukit diantara Beit-El di sebelah barat dan ‘Ai disebelah timur memang tidak ada ditempat yang mereka duga, justru berdasarkan nama-nama tempat dalam bible, lokasi yang memenuhi criteria bukit diantara Beith-El dan ‘Ai di timur yang kini disebut Butailah dan ‘Uya’ berada diwilayah Zahran di Taif , Saudi Arabia.

Bacalah buku The Bible Came from Arabia, by Kamal Salibi (Christian Arab).

Mengapa Lembaga Alkitab berusaha menterjemahkan “the south” yang artinya SELATAN menjadi “tanah Negeb”?…Hati anda sendiri yang menjawabnya…Penerjemahan ini sedikit banyak  menjauhkan para pembaca ALKITAB yang polos dan lugu untuk memahami keterkaitan Bapa Abraham dengan tanah Arab…

Jika perjalanan Nabi Abraham setelah dari Mesir adalah ke Selatan, maka tidak mungkin sebenarnya bagi Penerjemah ALKITAB untuk mengartikan “SELATAN” sebagai “TANAH NEGEB” yang diartikan sebagai “GURUN NEGEB”..Karena….GURUN NEGEB terletak di TIMUR MESIR bukan SELATAN MESIR

 

About these ads

13 Komentar

  1. Gen 13:1 Maka pergilah Abram dari Mesir ke Tanah Negeb dengan isterinya dan segala kepunyaannya, dan Lotpun bersama-sama dengan dia.

    Gen 13:1 And Abram went up out of Egypt, he, and his wife, and all that he had, and Lot with him, into the south.

    Gen 13:1 ויעל אברם ממצרים הוא ואשׁתו וכל־אשׁר־לו ולוט עמו הנגבה׃

    Gen 13:1 فَصَعِدَ ابْرَامُ مِنْ مِصْرَ هُوَ وَامْرَاتُهُ وَكُلُّ مَا كَانَ لَهُ وَلُوطٌ مَعَهُ الَى الْجَنُوبِ.

    Gen 13:1 And AbramH87 went upH5927 out of Egypt,H4480 H4714 he,H1931 and his wife,H802 and allH3605 thatH834 he had, and LotH3876 withH5973 him, into the south.H5045

    H5045
    נגב
    negeb
    neh’-gheb
    From an unused root meaning to be parched; the south (from its drought); specifically the negeb or southern district of Judah, occasionally, Egypt (as south to Palestine): – south (country, side, -ward).

    Hey, bhs Ibranin aslinya emang Negeb mmg ada kesalahan terjemahan dlm KJV, so terbukti emang Abraham gakpernah ke Arab…..kalo maucoa download aja program Alkita e-sword atau SABDA distu sampeyan bisa baca berbagai versi dan terjemahan ASLI nya…..spy sampeyan gak asala comot dan ngawur memberi penjelasan

    wasaalam

    • Cross…anda pun juga mengakui bahwa ALKITAB LAI telah di salah terjemahkan….

    • Negeb artinya Negeri Selatan

      נגבה – nagabah berasal dari root נגב,negeb yang artinya menuju selatan. (Check sendiri tulisan anda).

      Dalam Hebrew dikenal adanya metathesis http://id.wikipedia.org/wiki/Metatesis

      נגב,negeb kadang dimetathesis menjadi גנב geneb yang juga berarti selatan, dalam Arabic جَنُوبِ januub artinya juga selatan bandingkan dengan Gen 13:1 versi Arabic yang anda kutip diatas הנגבה ha-nagabah diterjemahkan menjadi الْجَنُوبِ aljanuub = Negeri Selatan.

      So, jika anda meyakini Abraham berasal dari wilayah Mesopotamia, maka negeri apakah yang berada diselatan wilayah itu??
      Silahkan anda check peta dibawah ini

      Yang jelas bukan Mesir dan bukan Kanaan.

  2. […] Perjalanan Bapa Abraham/ Nabi Ibrahim ke Tanah Arab dalam ALKITAB […]

  3. […] Perjalanan Bapa Abraham/ Nabi Ibrahim ke Tanah Arab dalam ALKITAB […]

  4. Saya membaca buku “The Bible Came from Arabia” (Mencari Asal-usul Kitab Suci). Penulis juga mengatakan bahwa bangsa Aram yang dikenal oang kristen ini sebagai salah. Demikian katanya dalam buku itu :
    bahwa bangsa Aramaea (Aram) pada mulanya merupakan penghuni daerah Suria bagian utara di sebelah barat sungai Efrat. Namun, sebuah penelitian kembali atas bukti-bukti menurut Bibel menunjukkan kepada kita bahwa yang disebut oleh Bibel Ibrani sebagai Aram (konsonan ‘rm) sebenarnya adalah Arabia Barat. Aram Naharim (‘rm nhrym, Kejadian 28:2 dan sebagainya), contohnya, jelas bukan Mesopotamia, tetapi merupakan Naharin (nhryn) kini di dekat Taif (al-Ta’if), di Hijaz bagian selatan. Maka dari itu, kita harus menyimpulkan bahwa Paddan-aram (pdn ‘rm, Kejadian 28:2 dan sebagainya) adalah Dafinah (dpn) di dekatnya, di daerah sekitar Mekah, bukan Mesopotamia. Begitu pula beberapa nama yang lain yang oleh Bibel Ibrani diasosiasikan dengan Aram Beth-rehob, Aram Zobah dan bahkan Damaskus (Dha Misk di Arabia Barat, atau d msk, bandingkan dengan kata Ibrani dmsq) – mungkin kini dapat ditemui namanya di Hijaz dan Asir. Wadi Waram (wrm) juga memakai nama Aram kuno di sana. Kebetulan juga, IRAM (‘rm, Qur’an 89:7) di dalam Qur’an, sebagai nama tempat, secara konsonan sama dengan Aram dalam Bibel, yang juga adalah ‘rm. Qur’an menghubungkan tempat ini dengan Dhat al-‘Imad. Al-‘Imad kini merupakan sebuah desa di dataran tinggi Zahran (Zahran), sebuah daerah di sebelah selatan Taif, dan di sini sebuah daerah Aram setempat bertahan sebagai desa Aryamah (‘rym). Terus-terang saja, kita tidak dapat mengatakan dengan pasti sampai seberapa jauh luas tanah di Arabia Barat menurut Bibel itu, tetapi tanah ini jelas mencakup daerah-daerah selatan Hijaz.

    Dalam sebuah liturgi Yahudi kuno, disebutkan: “ARAMI OVED AVI VAYERED”, ‘Bapaku dahulu seorang Aram, seorang pengembara’ (Ulangan 26:5).

    Kemungkinan besar ARAM itu adalah IRAM seperti yg ditulis dalam Al-Qur’an.

    • Anda membaca apa yang juga telah saya baca…

    • Alkitab tidak ada kata kemungkinan, tetapi yang ada kata kepastian

  5. Assalammualaikum Ustad,

    orang fakir ilmu menumpang membaca dan share,
    barakallahufikum…

    • Wa’alaikumussalam warahmatullah….aduh malu sekali ada Mas Gilbert

      • Salam kenal

  6. masih kemungkinan mass..

  7. YANG JELAS SETELAH BERTUGAS DI SAUDI ARABIA SANG DUBES ITALIA MENANGIS DAN MASUK ISLAM SEBAGAI AGAMA YANG BENAR…………….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.389 pengikut lainnya.