Bagaimana YHWH dibaca? Surat Terbuka untuk Fundamentalis Yudeo Christianity..


Wahai anda pengunjung blog kami, umat  Messianik,
Semoga DIA yang kepadaNya Yeshua Ruku dan Sujud di Getsemani memasukkan HidayahNya ke dalam relung hatimu.

Para pendeta anda mengatakan bahwa MUSA menyembah YHWH dan bukan ALLAH, demikian mereka mengajarkan kepadamu. Maka inilah bantahan kami atas ucapan mereka..

Susunan huruf  tetragrammaton YHWH tidak satu manusia ibranipun yang berani mengeja YHWH menjadi Yahweh…Yehovah..Yehuwa..dll…Mereka meyakini salah satu perintah Tuhan dalam ALKITAB YAHUDI adalah diharamkannya menyebut namaNya secara sembarangan (sumber Wikipedia).

Tetragrammaton YHWH adalah Nama Tuhan dalam literatur bangsa YAHUDI yang mana susunan huruf ini tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata (SHEM HA MEFORASH),INUTTERABLE NAME, INEFFABLE NAME, dan karenanya tidak boleh dibaca atau diucapkan kesempatan yang tidak suci, seperti pembacaan dan doa. Hal inimembuat umat terdahulu membaca nama TUHAN dengan panggilan Adonai (My Lord, Tuanku, Sayyidina). Bentuk tertulis lain seperti   dibaca Ha Shem (Sang Nama, The Name, Al-Asma’), digunakan karena alasan yang sama. Tidak boleh tidak mereka menulis nama YHWH kecuali menggantinya dengan ADONAY. Anda bisa melihat bukti bagaimana Shema Yisrael, kata YHWH dibaca oleh kaum Yahudi sebagai ADONAY.(Wikipedia Indonesia)

Dan ini tidak bermasalah ketika kaum YAHUDI menjaga BAHASA IBRANI KUNO sebagai bahasa percakapan mereka sehari-hari. Masalah datang ketika mereka diusir dari bumi Yerusalem pada tahun 70 M oleh Jenderal Titus Panglima Romawi. Kaum Yahudi terusir dari budaya dan kampung halaman. DIASPORA adalah nasib mereka. Menjalani kehidupan sebagai orang asing di antara bangsa-bangsa. Terjadilah mereka tercabut dari akar budaya YAHUDI KUNO. Bahasa dan budaya mereka mengalami akulturasi dengan budaya lain. Bahasa IBRANI mereka menjadi bahasa tulisan bagi mereka. Bahasa yang digunakan pada acara-acara pembacaan TORAH. Bukan bahasa sehari-hari. Maka wajar jika mereka SAMPAI hari ini tak tahu bagaimana mengucapkan HURUF YHWH.
Musibah datang ketika sekelompok  Kristen yang menamakan dirinya SAKSI-SAKSI YEHUWA memulai wacana NAMA TUHAN (Sumber Wikipedia). Mereka secara spekulatif dan berani,  tanpa ada ketakutan dan ketaatan kepada  HUKUM TAURAT, mengeja YHWH secara mentah-mentah sebagai JEHOVAH.  Mereka tidak menghiraukan kenyataan adanya prinsip bahasa Ibrani kuno yang disebut QEREL KATIB, yakni MEMBACA TEKS sesuai dengan MAKSUD PENULIS TEKS. Hal ini dilanggar oleh mereka  dan melupakan fakta bahwa BAHASA IBRANI KUNO ditulis dengan HURUF GUNDUL tanpa TANDA BACA VOKAL MASORET (Sumber Wikipedia).  Entah terjadi secara kebetulan atau ada faktor saling memepengaruhi, tanda baca MASORET muncul pada abad ke 7 s/d 11 (sumber Wikipedia) bersamaan dengan PEMAKAIAN TANDA BACA HAROKAT pada sistem PEMBACAAN ALQUR’AN dunia ISLAM.  Maka sangat pasti “Yehova” ,”Yahweh” adalah sebuah vokalisasi tentatif terkaan semata (Sumber Wikipedia) dan bukan sebuah vokalisasi yang di dasarkan pada Qerel Kativ dimana YANG TERBACA dari TEKS adalah HARUS sesuai dengan kehendak YANG MENULIS TEKS. Inilah yang terluput oleh mereka yang memaksakan pembacaan YHWH sebagai YAHWEH dan karena itu timbullah KETIDAK SERAGAMAN dalam membaca huruf ini. Ada yang membaca YHWH sebagai Yehuwa, Yehova, Yehovah, Jehova, atau Jehovah.

Kesimpulannya…

Ada keterputusan RANTAI PENGUCAPAN turun temurun..

Keterputusan SEJARAH IBRANI akibat HILANGNYA JATI DIRI AKIBAT DIASPORA 2000 tahun..

Bahasa Ibrani sehari-hari yang ada digunakan sekarang di Israel adalah hasil dari usulan seorang Nasionalis pada awal abad ke 20, Eliezer ben Yehuda, yang mengusulkan penggunaan bahasa IBRANI SEPHARDIK sebagai bahasa Ibrani Modern..(Sumber klik Wikipedia).Huruf Ibrani hari ini bukanlah Huruf Ibrani 2000 tahun lalu dimana gaya baca yang berbeda…

Solusi??
Maka yang paling baik untuk mengetahui bagaimana Yahudi Kuno dan Nasrani pengikut Yesus mengucapkan kata YHWH adalah dengan merujuk BUDAYA TERDEKAT. Budaya dimana kaum Yahudi dan Nasrani awal banyak ditemukan selain di Bumi Syam..
Budaya apa itu? TIMUR TENGAH..

Sampai tahun 600 an Masehi dalam Tradisi YAHUDI dan KRISTEN TIMUR TENGAH TERCATAT dalam sejarah menyebut nama TUHAN sebagai ALLAH..
Tidak ada perdebatan antara YAHUDI TIMUR TENGAH yakni YAHUDI MIZRAHIM dan KRISTEN TIMUR TENGAH yakni KRISTEN ORTHODOX SYAM / SYRIA dengan NABI kami tentang NAMA TUHAN..
Mereka selalu merujuk nama TUHAN adalah ALLAH…

YAHUDI dan NASRANI ARAB hanya kafir tidak percaya bahwa NABI kami adalah RASUL ALLAH
Tidak ada CATATAN HADITS yang menyebutkan YAHUDI menolak NABI kami karena tidak menyembah TUHAN BERNAMA YAHWEH…
Nama Yahweh tidak dikenal dalam sejarah YAHUDI ARAB ataupun KRISTEN SYAM TIMUR TENGAH..
Mereka hanya tidak PERCAYA beliau benar-benar utusan ALLAH…
Mereka sama sekali tidak mendebat mempermasalahkan nama Yahweh

Mereka…14 abad yang lalu…tidak menyebut nama TUHAN kecuali ALLAH..
Bagaimana mereka membaca ALLAH seperti kami kaum muslimin melafadzkan nama ALLAH…
Ada kemiripin dengan Pengucapan AHWH..IHWH..YHWH..

Mengeja huruf YHWH menjadi Yahweh adalah…
KESALAHAN manusia MODERN memahami bacaan teks KUNO
KESALAHAN manusia MODERN memahami bahwa TEKS YHWH dibaca YAHWEH
Seperti bangsa kita membaca DAHOELOE BERDJOANG tidak bisa anda baca dengan memakai EJAAN SEKARANG..EYD
Huruf IBRANI adalah HURUF GUNDUL..tanpa Niqqod..Yakni tanpa Harokat..atau Tanda Baca Vokal Vowel..dan..TANPA SPASI.(Sumber Wikipedia)
Jika anda mengetik huruf SMS “bsk jgn lp ktm d rmhk” maka anda bangsa Indonesia akan membacanya “besok jangan lupa ke rumahku”
karena anda telah sehari-hari menggunakan bahasa percakapan BAHASA INDONESIA..
Akan tetapi apa yang terjadi dengan seorang Australia membaca huruf SMS diatas?
Apalagi jika Australi ini hidup 100 tahun dari sekarang..
Apalagi jika HURUF SMS itu TANPA SPASI…”bskjgnlpktmdrmhk”
Apalagi jika di zaman lagi yang sama bangsa Indonesia mempunyai EJAAN YANG LEBIH DISEMPURNAKAN LAGI..berbeda penulisannya dari sekarang..
Teman…Apa yang anda baca sekarang tidak bisa anda bawa gaya pengejaaannya ke zaman sekarang..

Contoh yang agak mirip tentang beda budaya beda tulisan dan pengucapan adalah
Seperti anda yang menamakan seorang yang bernama ARAMI ESHUA..
dibaca ‘Iisa dalamn bahasa ARAB…(Seperti penulisan Moshe untuk pengucapan indonesia Musa)
menjadi Nama Ibrani Yeshua..Ieshua…
menjadi Nama Yunani Iesous…Yesus…(Penambahan akhiran -ous pada budaya Yunani,seperti Yakob menjadi Yakobus..Paul menjadi Paulus.dll)
dan terEropakan menjadi Jesus…(Jerusalem darii Yerusakem,Ierusalayim, Jericho dari Yeriko, Jordania untuk pengucapan Yordania)
Nama yang berbeda untuk menyebut satu orang yang sama…

Bangsa Arab dari dahulu adalah bangsa yang terkenal kuat dalam tradisi lisan dan hafalan..
Tidak ada suatu informasi yang datang baik berupa kabar maupun syair kecuali mereka dengar dan mereka hafalkan..
Bisa di pahami karena kebanyakan bangsa ARAB Kuno tidak banyak memahami budaya BACA TULIS..
Sebagai pengganti informasi turun temurun maka TEKS tidak menduduki tempat utama dalam Kehidupan Gurun mereka…(Sumber Situs Sejarah)

Dus….
Kesimpulannya…
Insya ALLAH…
Bacalah TETRAGRAMMATON YHWH dengan pengucapan ALLAH sebagaimana NASRANI dan YAHUDI ARAB membaca susunanhuruf YHWH..
Wallahu a’lam bish shawab..

12 Komentar

  1. KESALAHAN manusia MODERN memahami bahwa TEKS YHWH dibaca ALLAH (baca: awloh)

    hanya dengan dasar ” Sedikit ada kemiripin dengan Pengucapan AHWH..IHWH..”

    • Bukankah sudah diterangkan di wikipedia bahwa VOKALISASI YHWH menjadi YAHWEH atau YEHOVAH adalah VOKALISASI TENTATIF…..TERKAAN…Mengingat HURUF HEBREW adalah GUNDUL seperti ARAB GUNDUL YANG MENJADI MAKANAN SEHARI_HARI SANTRI PONDOK

  2. pernah mengetahui gulugan2 di lebah Quran Laut Mati isinya ?tolong jelaskan

  3. maaf ,itu gulungan2 kitab laut mati di lembah Qumran

  4. […] Bagaimana YHWH dibaca? Surat Terbuka untuk Fundamentalis Yudeo Christianity.. […]

  5. […] Bagaimana YHWH dibaca? Surat Terbuka untuk Fundamentalis Yudeo Christianity.. […]

  6. yang jelas YHWH (Yehuwa) adalah Allah yang sebenarnya. Allahnya suku israel dan orang kristen. YHWH bukanlah Yesus.

  7. Betul YHWH bukan Yesus… NGAWUR trinitas itu…
    Menurut temuan fakta dalam gulungan kitab laut mati… Dead sea Scrolls…
    Tetragrammaton dalam bahasa ibrani kuno tidak pernah hilang… cuma kaum pemuja TUHAN YESUS, kemudian kaum plin-plan anti Arab… dan anti Ibrani yang mencampuradukkan semuanya… Jika bahasa Arab Al-Ilah mengacu pada TUHAN yang berkuasa mencipta alam semesta… maka ALAHA dalam bahasa Aramaik juga mengacu pada hal yang sama…
    demikian juga YHWH

    Yad Hey Waw Hey
    How do we pronounce them?
    Letter – Sound
    Y – Y,ee
    H – h,ah
    W – w,o,u
    H – h,ah

    Perhatikan… Y memang berbunyi Yee (bukan ee double)… H berbunyi ah… W berbunyi ou… sementara H yang terakhir berbunyi ah lagi…
    Jadi seharusnya YAHOUAH… or YAHuah (Aku ada)…. memang salah satu sifat Tuhan pencipta alam itu kan MAHA ADA… bukan maha tidak ada…

    http://www.ancient-hebrew.org/28_chart.html

    Dalam lafal local aramaic konon namanya Eashoa… sedangkan itu artinya sang pemberi kehidupan… itu ngawur kuadrat lagi karena pemberi hidup cuma sang pencipta bukan yang dicipta.. dalam penemuan arkheologi yang hampir tidak dipublikasikan akibat derasnya gerakan trinitas yang anti keesaan Tuhan… disebutkan bahwa Y’shua sebagai penulisan cepat nama Yesus… bisa terbaca Yshua… mungkin malah hampir mirip dengan lafal Arab isa…

    so saya gak anti sama agama siapapun… saya cuma anti trinitas… itu aja…
    Katakan (saya gunakan lafal bahasa asli kitab tua anda wahai kristener) ALAHA atau YAHuah itu SATU… gak tiga … paham… wahai kristener… lu semua harusnya belajar dari kaum ebionite di timur tengah… yang ratusan tahun terselamatkan dari pembantaian kaum pagan romawi… mereka adalah sisa2 pengikut Y’shua mula-mula.. yang masih mempertahankan keyakinan Y’shua… termasuk gak makan babi, gak minum alkohol, gak melakukan tindakan2 amoral… sorry… jangan marah….

    Sodara-sodaraku Muslim pengikut jalan Ibrahim…. percayalah bahwa keesaan Tuhan sudah terbukti…
    Perlu dicatat:
    1) Kristener ini sedang pecah dalam 3 golongan besar
    – Golongan trinitas 1 yang tidak keberatan dengan penyebutan Tuhan semesta alam dalam lafal arab tapi masih DOYAN menyebut Yesus = TUHAN … Golongan trinitas satu ini adalah golongan yang memulai pemberitaan bahwa YHWH adalah sesat….
    – Golongan semi trinitas – yudeo christianity= ngakunya sudah tidak trinitas lagi, dan sudah mulai kembali menjalankan 10 hukum tapi masih tetep Tuhan Yeshua jelmaan ALAHA/YHWH… aneh kan… kelompok ini yang paling getol bikin rame sekarang… Golongan semi trinitas – yudeo christianity adalah kelompok yang pertama kali membuat opini tentang Allah sebagai dewa…
    – Golongan unitarian universalist dari kelompok kristen … ini kelompok bingung… sudah bagus mereka tidak menyerang nama Allah… tapi masih sering ‘iseng’ mengusik islam

    – Golongan non trinitas – cenderung ebionite… dan sangat unitarian (bagi mereka, Y’shua itu adalah rabbi/guru… CATAT… banyak fakta ditemukan termasuk sebuah kitab injil tua di Palestina tidak menggambarkan bahwa Yesus itu adalah ALAHA) = super sedikit di indonesia… golongan ini cenderung ditindas oleh dua golongan atas… anehnya di timur tengah sendiri golongan ini masih cukup banyak dan bisa hidup berdampingan dengan sodara2 muslim disana… aneh kan???

    Golongan terakhir ini semakin kuat posisinya setelah sang pencipta alam raya ini mengijinkan ditemukannya gulungan kitab laut mati yang terkubur lebih dari 2000 tahun – ditemukan dalam bahasa ibrani purba… oleh dua pemuda muslim di qua qumran… Kristener2 yang gelap mata cuma berani mengambil penggalan2 beberapa ayat yang dianggap tidak mengganggu paham trinitasnya… sebaliknya… kelompok Qumran Bet… full kembali pada monotheisme mutlak…. Seharusnya umat Kristiani bersyukur dengan ditemukannya gulungan kitab laut mati ini, yang jelas mematahkan doktrin trinitas dan injil karangan Konstantin… maka mereka bisa kembali pada JALAN YANG BENAR…. heheheheh

    Maaf saya bukan mau iseng mengusik kaum Kristiani… tapi tolong… pikirkan baik-baik…

  8. Pokoknya bagaimana cara anda memanggil TUHANNYA Abraham… ALAHA AVRAHAM… ALLAH-nya IBRAHIM… tolong jangan bikin rame… peringatan ini saya tujukan secara KERAS kepada kelompok so called Judeo Christian yang lagi berulah… jujur… GUE jijay…

  9. Moga ada Kristener fundamental yang membalas… terutama yang masih NGOTOT kalo Y’shua itu adalah JELMAAN YHWH Alaha… eh ejaan ibrani kuno Eloah itu gak dibaca el… tapi Al… lu liat tuh link yang gua kasih… YHWH Alaha (TTUHAN YANG MAHA ADA)
    http://www.ancient-hebrew.org/28_chart.html
    Gue gak suka boong…

  10. Komentar ini kubuat sebagai penghargaan terhadap rekan2 ebionite dan TENTUNYA sodara-sodaraku seiman… umat Muslim sejati… …..

    Salam
    Maya Dita…. sang Mualaf….

    Musa, Y’shua, Muhammad sesungguhnya selalu mengajarkan tauhid….

  11. semuanya pada pinter gt . .
    kita semua satu saudara . . .
    kita keturunan adam dan hawa . . .
    inget iblis ingin adanya perpecahan diantara kita . .
    saling tuduh, membenci, iri, dan bahkan saling membunuh,
    itu tipu daya iblis . . .
    inget . . . itu


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s