Jangankan Martin Luther , bahkan para Nabi pun melakukan Poligami dalam ALKITAB


Sebelum kami mengetengahkan ayat-ayat dalam ALKITABIAH tentang praktek poligami yang dilakukan para Nabi dalam ALKITAB, maka perlu sangat saya berikan prolog pendapat seorang tokoh penting Pendiri Denominasi Protestan, Martin Luther, tentang Poligami….

Martin Luther sang reformatori atau mbahnya kaum Evangelist, dalam bukunya “Der Beichrat” – (The Confessional Advice) – mengijinkan Pangeran Landgrave Philipp von Hesse melakukan poligami. Ini lebih baik daripada Pangeran itu meneruskan kebiasaan kumpul kebo dan sex bebasnya.

(Sumber Literatur : http://en.wikipedia.org/wiki/Polygamy#Christianity)

Beberapa tahun sebelumnya, Martin Luther dalam suratnya kepada Kanselerir Saxon Gregor Brueck mengatakan poligami itu bahkan tidak bertentangan dengan Alkitab. – “Ego sane fateor, me non posse prohibere, si quis plures velit uxores ducere, nec repugnat sacris literis.“….

(Sumber Literatur : http://en.wikipedia.org/wiki/Polygamy#Christianity)

Artinya “ I could not forbid a person to marry several wives, for it does not contradict Scripture.” yaitoe bermakna “Aku tak bisa melarang pria yang menikahi beberapa istri karena hal ini tidak bertentangan dengan ALKITAB)…………..

Baiklah, anda tentu sangat mengenal Martin Luther yang sangat terhormat dikalangan Gereja Reformis. Ucapannya bahwa hal ini tidak bertentangan dengan ALKITAB tentunya didasarkan pada dalil-dalil. Berikut ini kami sajikan dalil praktek poligami oleh para manusia Kudus itu…

Poligami Abraham
Istri Pertama Sarah di Kejadian 11:29 Abram dan Nahor kedua-duanya kawin; nama isteri Abram ialah Sarai

Istri Kedua Hagar di Kejadian 16:3 Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, –yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan–,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya.

Istri Ketiga Keturah di Kejadian 25:1. Abraham mengambil pula seorang isteri, namanya Ketura.

Poligami Moyang Bani Israel, Nabi Yakob bar Ishak:

Menikahi Lea Istri pertama dalam Kitab Kejadian 29:22-23
“Lalu Laban mengundang semua orang di tempat itu, dan mengadakan perjamuan.Tetapi pada waktu malam diambilnyalah Lea, anaknya, lalu dibawanya kepada Yakub. Maka Yakubpun menghampiri dia”

Menikahi Rahel adik Lea di Kitab Kejadian 29:30 “Yakub menghampiri Rahel juga, malah ia lebih cinta kepada Rahel dari pada kepada Lea”

Mengumpuli budak Rahel bernama Bilha di Kejadian 30:4 “Maka diberikannyalah Bilha, budaknya itu, kepada Yakub menjadi isterinya dan Yakub menghampiri budak itu.”

Mengumpuli budak Lea bernama Zilpaa di Kejadian 30:9 “Ketika dilihat Lea, bahwa ia tidak melahirkan lagi, diambilnyalah Zilpa, budaknya perempuan, dan diberikannya kepada Yakub menjadi isterinya.”

Poligami pembangun Bait Kudus, Raja Salomo :

1 Raja-raja 11:3 Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.

Poligami Raja Daud Raja Bani Israel ayah Salomo:

Pernikahan pertama dengan Mikhal anak Saul pada 1 Samuel 18:27 “…… Kemudian Saul memberikan Mikhal, anaknya, kepadanya menjadi isterinya”

Dan tujuh istri yang lain pada 1 Tawarikh 3:1-9 yakni:

1.Ahinoam, perempuan Yizreel

2.Abigail, perempuan Karmel;

3.Maakha, yakni anak perempuan Talmai, raja Gesur

4.Hagit

5.Abital

6.Egla

7.Batsyua(Betsyeba) binti Amiel

Belum terhitung adalah para budak hamba Nabi Daud

Poligami Nabi Musa

Dengan Ziporah di Keluaran 2:21 Musa bersedia tinggal di rumah itu, lalu diberikan Rehuellah Zipora, anaknya, kepada Musa.

Dengan perempuan Kush di Bilangan 12:1. And Miriam and Aaron spake against Moses because of the Ethiopian woman whom he had married: for he had married an Ethiopian woman.

dalam ALKITAB LAI di terjemahkan”12:1. Miryam serta Harun mengatai Musa berkenaan dengan perempuan Kush yang diambilnya, sebab memang ia telah mengambil seorang perempuan Kush.”

Jadi,wahai anda kaum Nasrani,semoga ALLAh memberimu hidayah ISLAM, anda tak perlu meragukan Kenabian Muhammad sholallahu alaihi wassalaam. Poligami beliau tidaklah asing sebagaimana poligami para Nabi2 lainnya yang ada dalam ALKITAB. .

Semoga dengan adanya artikel ini menambah keyakinan dalam diri anda kepada keyakinan ISLAM yang sedang anda pelajari..

26 Komentar

  1. Begitulah,mereka selalu menghina nabi muhammad gara2 beliau poligami,g nyadar ap nabi mereka dlm alkitab jg poligami….

  2. Masih juga nih si Ibrahim maen2 ame poligami…..
    Ape ntu untuk %$&^$&%$&^?
    ^%$^&
    Supaya ente nyadar, ane kasih cerita dikit….
    Alkisah ade tanya jawab antara $%$^%$^%$&^%$%$
    $&^%$
    $%$

    Jalan Ibrahim menjawab:

    Semoga ALLAH memberimu petunjuk dan HidayahNya…Jika engkau muslim,engkau akan malu mengucap ucapan itu…

  3. Jah:d:d:d

  4. Amin! Baru tahu saya masalah ini, sangat bermanfaat! Kadang sebagai muslim kita dipojokkan dengan masalah poligami!

    • Benar Nuansa..Insya ALLAH kalau ada yang pihak mereka yang mengutek-ngutek Poligami dalam ISLAM, copi pastekan aja artikel ini biar terkatup rapat mulutnya…Hujjah kami insyaALLAH sangat kuat…

  5. Bung Ibrahim, ternyata ente juga termasuk islam yang pengecut….
    Cuma berani ngapus2 komen orang, sementara tulisan ente provokatif….

    Sebenarnya *$%*&^%&^ tidak perlu di pojokan, tapi pada dasarnya udah terpojok
    &^%&^%&^%&^%*^& ape lagi kami yang non muslim

    Anggapan ane, poligami itu bahasa halus &^(&(&^
    Nikah siri, bahasa halus buat $%*%&^%

    Sekarang, negarapun sudah menentang tabiat islam mulai dari UU KDRT, sekarang RUU anti nikah siri, poligami.

    Dasar ^&%^&…….
    ^&%&^%^&%*

    • Well…Alexa…sudah saya katakan ini adalah blog dakwah…Ucapkan semampumu ketikan kotor dan ucapan pedasmu…Kami kaum muslimin hanya mendoakan dari jauh semoga jika bukan dirimu, mungkin dari anak cucumulah hidayah itu turun dan menjadikan anda dan keluarga anda keluarga muslim…Semoga Dia yang kepadaNya Yesus Nabiullah bersembah sujud di Taman Getsemani memberimu Hidayah ISLAM…

  6. Emang alexa ngomong apaan c? Kok kayaknya banyak tulisan mandarin di komentnya?

    • Owh..Hannas,Alexa sedang berbicara dalam bahasa KASIH….Karena ini blog dakwah dan bukan blog debat…maka kami rasa tidak pantas jika perkataan yang penuh “KASIH”itu di tunjukkan di sini…Maaf Alexa…kapan-kapan bahasanya diperbaiki…

  7. Alexa pinter bgt bhs cina,ajarìn dunk,ha4

  8. Apakah betul malaikat Eloa itu malaikat dlm air mata yesus yg menetes dsaat yesus berdoa di taman gtsemani?Sedangkan nama Eloa sendiri punya ke identikan dengan nama Allah dlm bhsa Arami sprti yg anda sampaikan..Bgmn penjelasannya?apakah saya terhasut dongeng2 yahudi tentang samhaziel-esther,atau kemajuan bangsa mesir yg mengarang2 Tuhan sun-god dan queen of heavennya.Saya pusing dgn crta2 gargous pembunuh naga,ada juga prajurit tempelar dlm perang salib III. Mohon diulas dlm blog anda,agar bs mjadi bahan saya mereduksi sejarah serta simbol Allah sbgi Tuhan. Trma kasih,dn mohon bantuannya.

    • Bismillahirrahmaanirarahiim..
      Wahai Pencari Tuhan..semoga Tuhan Pemilik Jagad Alam Raya menunjukimu jalan menuju kepadaNya…
      Tuhan yang menamakan dirinya adalah ALLAH..
      ALLAH adalah Nama Tuhan yang hanya bisa anda baca dengan mendengar langsung dari LIDAH ARAB..
      Demikian juga ELOAH..EL..YHWH..YHVH..tidak bisa anda baca HANYA dengan MEMBACA TEKS..Tidak BISA..
      Anda harus mendengar langsung bagaimana manusia IBRANI…ARAMI..dan akhirnya ARAB membacanya…
      Maka jika anda ingin mengetahui NAMA TUHANMU,maka tanyakanlah kepada BANGSA ARAB..
      Mereka mewarisi tata cara pengucapan itu turun temurun…

  9. Asalamualaikum….
    Oalah..pada ngumpul di siinii……..mdh2an slalu mendapat rahmat dan berkah dari ALLAH smuanya….
    Aktivitas Poligami benar-benar akrab di dalam alkitab…kehidupan para nabi di alkitab tdk lepas dari polygami…knp mesti d cela..??…ataukah jangan jangan, para penentang polygami ini lebih hebat dari seorang abraham, karena polygami beliau akhrnya menerbitkan silsilah besar bagi para nabi, sampai kejalur silsilah jesus sndiri.,…

  10. Ane udah tau, pasti muncul lagi pengecut kayak si Ibrahim ini…..
    Apa semua islam pada pengecut semua ?

    • Alexa…mengapa Alexa tidak menyembah Tuhan yang ESA yang disembah YESUS di Getsemani?

  11. Asalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh,

    Saudara-saudaraku, bila ada ada orang dari kalangan nasrani yang menentang poligamy, maka perlu saudara-saudara ketahui bahwa semua (saya ulangi -semua..!!-) nabi melakukan poligamy. tidak terkecuali dengan Isa AS, atau lebih dikenal dikalangan umat nasrani Sebagai Yesus Kristus.

    Beliau beristrikan Maria Magdalena dan Lydia serta mempunyai anak bernama Yustus dari Lydia ini.

  12. @Chimex

    Ente ternyata dape fitnahan dari kalangan ente sendiri. Perlu ente ketahui, Yesus Kristus tidak menikah….

    Ngerti ga?

    Jadi klo ada orang yg mengatakan yesus menikah, maka dia menebar fitnah dan ga tau apa2 ttg sejarah yesus……

  13. @Alexa : sembahlah Allah yang Esa….kembali ke fitrahmu dan tanyakan hati kecilmu…merenunglah barang sebentar…mudah2an engkau mendapat Hidayah Allah…

  14. Poligami, it’s the choise

  15. […] Poligami dalam ALKITAB […]

  16. sebenarnya awal-awalnya Allah ingin manusia punya satu istri aja . buktinya ALlah hanya menciptakan satu orang wanita yaitu hawa yang menjadi istri adam. hawa di ambil dari satu tulang rusuk adam , kalo di bikin banyak habis dong tulang rusuk adam . wkwkkwkkw.
    lagian satu istri aja sebagai kepala adam ga bisa atur hawa hingga jatuh dalam dosa. apalgi banyak hawanya.
    maksud wa sebenarnya model awal rumah tangga yg di inginkan Allah adalah satu istri biar harmonis.
    ente2 bakal tau kalo punya banyak istri bakal banyak intrik dalam rumah tangga ente2 .banyak keributan dalama rumah tangga ente2 bakal puyeng sendiri natinya .

    • Kami tidak mendapati dalam ALKITAB anda tertulis : “sebenarnya awal-awalnya Allah ingin manusia punya satu istri aja”….

      Bagaimana mungkin kita akan mengharamakan sesuatu yang tidak ALLAH haramkan?

      Bahkan jika itu sesuatu yang tercela, mengapa ABRAHAM melakukannya?

  17. […] Poligami dalam ALKITAB […]

  18. JI, kamu percaya ndak kalau manusia diberi hikmat oleh Tuhan?
    manusia pertama Adam diberi Allah satu istri Hawa
    fungsi istri disini bukanlah untuk ‘arogansi’ pria ataupun melegalkan sex semata, melainkan:
    Kejadian 2:18. TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” (Ingat; penolong yang sepadan)
    Kejadian 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” (Ingat; penuhilah bumi)

    Coba JI teliti anak-anak Adam kawin dengan siapa? dengan saudara kandung sendiri bukan? lalu apakah JI akan berkata pula, “kan dulu ndak dilarang sama Allah”. coba JI tanya ke dokter, “apakah resikonya kawin dengan saudara sekandung/sedarah?” JI harus menggunakan hikmat yang diberikan Allah!

    ok, kita kembali ke topik Poligami. JI benar bahwa ada poligami, tapi lihat dulu apakah benar-benar sama ndak dengan dengan doktrin yang kamu anggap sebagai ‘penerus’ itu.
    1. siapa yang memilih istri kedua, pihak suami atau pihak istri?
    dalam Kitab Taurat yang memberikan ‘tambahan’ istri adalah dari pihak istri.
    sedangkan yang kamu anggap sebagai ‘penerus’ itu dari pihak dia sendiri/suami.
    menurutmu apakah ini sama? ujung-ujungnya istri kecewa berat karena merasa
    suaminya sudah selingkuh, secara manusia adilkah hal ini?
    Perhatikan ayat yang kamu comot ini!!!
    Kejadian 25:1. Abraham mengambil pula seorang isteri, namanya Ketura.
    Apakah JI tidak tahu atau sengaja menyesatkan?!
    Kejadian 23:2 Kemudian matilah Sara di Kiryat-Arba, yaitu Hebron, di tanah Kanaan,
    lalu Abraham datang meratapi dan menangisinya.
    Apakah istri pertama, Sara yang sudah mati, dan Abraham mengambil istri ketiga,
    kamu sebut sebagai poligami? kamu salah mencomot Ayat JI.
    2. JI sekali lagi harus meneliti berkat yang utama dalam Kitab Taurat ada pada istri
    pertama, coba cek lagi!

    Kejadian 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: “Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

    Maka dari itu gereja saat ini tidak mengijinkan jemaat untuk menikah lebih dari satu. sama seperti Adam yang hanya diberi oleh Allah istri tak lebih dari satu. itu yang menjadi patron kami saat ini. Apakah JI mau menyalahkan patron kami yang ini, juga?

    • Jadi siapa yang kau taati perintahnya? Doktrin Gereja atau ajaran asli Yesus Kristus? ^_^


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s