Tafsir Alkitab : Nubuat Yesaya 29 tentang Kisah Gua Hira dalam ALKITAB


Yesaya 29:12 menceritakan kepada kita bagaimana Kitab terakhir ini disampaikan kepada Nabi penerima Firman Tuhan :

29:12 ונתן הספר על אשר לא ידע ספר לאמר קרא נא זה ואמר לא ידעתי ספר׃

29:12 Wa-nittan ha Seifer ‘al asher lo yada‘ seifer, le’mor: Qera na ze! Va-amar: Lo yada‘ti seifer

 

29:12 And the book is sent upon [‘al] the one who is not learned, saying: ‘Read this, I pray you,’ and he says: I am not learned’

 

29:12 dan apabila kitab itu diberikan kepada seorang yang tidak dapat membaca dengan mengatakan: “Baiklah baca ini,” maka ia akan menjawab: “Aku tidak dapat membaca.

Bandingkan nubuat Yesaya ini dengan kisah awal mula turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad sholallahu alaihi wassalam. Malaikat Jibril memerintahkan beliau membaca lembaran Al-Qur’an “Iqra’!” yang berarti “Bacalah !“ . Dan beliau pun menjawab “Maa ana bi Qori” yang berarti Aku tidak dapat membaca”. Hal ini terjadi berturut-turut tiga kali.

Kata “IQRA” dalam bahasa Arab yang berarti “Bacalah” juga bersesuaian dengan teks Ibrani diatas yang berbunyi “QERA”

”IQRA!..Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dengan segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Paling Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam.Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (al-‘Alaq : 1-5)

Kejadian yang sama pernah terjadi ,  ketika Tuhan pun berfirman kepada Nabi Elia yang sedang berada dalam gua di suatu malam, kita bisa membukanya  dalam  1 Raja-raja 19:9

1 Raja-raja 19:9. Di sana masuklah ia ke dalam sebuah gua dan bermalam di situ. Maka Firman TUHAN datang kepadanya, demikian: “Apakah kerjamu di sini, hai Elia?”

Maka gugurlah argumentasi bagi mereka yang berdalih bahwa tak mungkin Tuhan berfirman dalam kegelapan GUA

Dasar kisah ini adalah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dan lainnya dari Aisyah yang mengatakan :

“Wahyu yang pertama kali dialami oleh Rasulullah Sallallahu ‘Alahi Wasallam adalah mimpi yang benar di waktu tidur. Beliau melihat dalam mimpi itu datangnya bagaikan terangnya pagi hari. Kemudian beliau suka menyendiri. Beliau pergi ke gua Hira untuk beribadah beberapa malam. Untuk itu beliau membawa bekal. Kemudian beliau pulang kembali ke Khadijah radiyallahu ‘anha, maka Khadijahpun membekali beliau seperti bekal terdahulu. Lalu di gua Hira datanglah kepada beliau satu kebenaran, yaitu seorang malaikat, yang berkata kepada Nabi : “Bacalah!” Rasulullah menceritakan : “maka akupun menjawab : Aku tidak bisa membaca”. Malaikat tersebut lalu memelukku sehingga aku merasa amat payah. Lalu aku dilepaskan, dan dia berkata lagi : “Bacalah!” maka akupun menjawab : “Aku tidak bisa membaca”. Lalu dia merangkulku yang kedua kali sampai aku kepayahan. Kemudian dia lepaskan lagi dan berkata : “Bacalah!” Aku menjawab : “Aku tidak bisa membaca”. Maka dia merangkulku yang ketiga kalinya sehingga aku kepayahan, kemudian dia berkata :

“Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan.. sampai dengan …apa yang tidak diketahuinya”.

Yesaya 29 adalah sebuah pasal dalam ALKITAB yang memuat banyak petunjuk-petunjuk yang sangat menakjubkan tentang akhir dari Kerajaan Kenabian Bani Israel.. Pasal 29 dari Yesaya yang terkait dengan Nubuatan ini dimulai dari ayat 9

29:9. Tercengang-cenganglah, penuh keheranan, biarlah matamu tertutup, buta semata-mata! Jadilah mabuk, tetapi bukan karena anggur, jadilah pusing, tetapi bukan karena arak!

29:10 Sebab TUHAN telah membuat kamu tidur nyenyak; matamu–yakni para nabi–telah dipejamkan-Nya dan mukamu–yaitu para pelihat–telah ditudungi-Nya.

Yang tampak dari nubuatan di atas adalah bahwa ada suatu masa dimana kenabian dan pengutusan para utusan akan terhenti, dunia akan kosong dari kenabian, tidak ada nabi yang diutus pada suatu masa Bani Israel. Sesuatu yang dalam Islam disebut FATRAH…Masa kekosongan wahyu. Masa tak ada para utusan Tuhan dan para Nabi yang mengabarkan kepada umat manusia tentang kabar dari langit. Masa ini digambarkan sebagai “mata yang tertutup”, “buta”, “mabuk”, “pusing”.

Kemudian kalimat nubuatan berlanjut dengan

29:11 Maka bagimu penglihatan dari semuanya itu seperti isi sebuah kitab yang termeterai, apabila itu diberikan kepada orang yang tahu membaca dengan mengatakan: “Baiklah baca ini,” maka ia akan menjawab: “Aku tidak dapat, sebab kitab itu termeterai”;

29:12 dan apabila kitab itu diberikan kepada seorang yang tidak dapat membaca dengan mengatakan: “Baiklah baca ini,” maka ia akan menjawab: “Aku tidak dapat membaca.”

Maka yang tampak dari nubuatan ini adalah “Kitab yang bermeterai” atau “Kitab yang tertutup” atau “Sefer Ha Hatm”…Kitab Penutup diserahkan kepada kaum yang bisa baca tulis tapi mereka tak mampu membacanya…

Maka ketika kitab itu, dan tidak dikatakan kitab tertutup lagi..Kitab itu diperintahkan kepada seseorang yang tidak tahu baca tulis maka ucapannya adalah “Aku tidak dapat membaca”

Pasal ini kemudian melanjutkan nubuatan akan kedegilan bangsa Yahudi yang abai terhadap perintah-perintah dan larangan Tuhan dalam Taurat:

29:13 Dan Tuhan telah berfirman: “Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan,

Mengapa ayat diatas ditujukan kepada bangsa Yahudi ? Karena dalam Perjanjian Baru sendiri Yesus Kristus Nabi dari Nazaret telah merujuk kepada pasal Yesaya ini ketika mencela pelanggaran demi pelanggaran yang dilakukan Bani Israel terhadap perintah dan larangan Tuhan

Matius 15

15:7 Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu:
15:8 Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
15:9 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.”

Atas sebab itulah maka terjadilah hal yang ajaib dan tidak masuk akal, susah diterima oleh akal ketika kenabian dan hikmat dicabut dari bangsa Yahudi dan tidak lagi tampak lagi kearifan yang dahulu tampak pada Nabi-Nabi zaman dahulu

29:14 maka sebab itu, sesungguhnya, Aku akan melakukan pula hal-hal yang ajaib kepada bangsa ini, keajaiban yang menakjubkan; hikmat orang-orangnya yang berhikmat akan hilang, dan kearifan orang-orangnya yang arif akan bersembunyi.”

Inilah ketetapan dari Tuhan Semesta Alam ketika berkehendak mencabut Kenabian itu dari Bani Israel dan diberikanNya Kenabian itu kepada bangsa yang diremehkan dan mereka hinakan, Bani Ismael, Bangsa Arab. Bangsa yang dianggap sebagai bangsa keturunan Ismael, anak Abraham yang dibuang ke Padang Bersyeba..

Matius 21:42 Kata Yesus kepada mereka: “Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru: hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita.

Yesus Kristus Nabi dari Nazaret telah menubuatkan hal ini sebelum kemangkatan beliau ke langit, perihal pencabutan Kerajaan Kenabian..Penutup Kenabian kepada bangsa yang lain yang bukan bangsa Yahudi,

Matius 21:43 Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.

Pasal kemudian lebih jelas lagi menunjukkan bahwa Bani Ismael yang direndahkan akan ditinggikan dan bangsa yang semula ditinggikan tapi tegar tengkuk lagi ingkar terhadap hukum2 Tuhan akan direndahkan

29:17. Bukankah hanya sedikit waktu lagi, Libanon akan berubah menjadi kebun buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan?

Dan dilanjutkan bahwa bangsa yang tak pernah mendapatkan pengutusan Nabi dan Rasul akan mendapatkan sebuah Kitab, dan kegelapan dan kebodohan bangsa Jahiliyah itu akan berakhir dengan diutusnya seorang Nabi kepada mereka

29:18 Pada waktu itu orang-orang tuli akan mendengar perkataan-perkataan sebuah kitab, dan lepas dari kekelaman dan kegelapan mata orang-orang buta akan melihat.

Disamping itu disebutkan bahwa pengikut Nabi itu banyak dari golongan kaum miskin nan sengsara tertindas,

29:19 Orang-orang yang sengsara akan tambah bersukaria di dalam TUHAN, dan orang-orang miskin di antara manusia akan bersorak-sorak di dalam Yang Mahakudus, Allah Israel!

Dan ini semua adalah akhir dari kesombongan bangsa Yahudi yang enggan dan abai terhadap hukum Tuhan yang mengakibatkan mereka harus beriman kepada seorang Nabi dari bangsa yang mereka hinakan ,

29:20 Sebab orang yang gagah sombong akan berakhir dan orang pencemooh akan habis, dan semua orang yang berniat jahat akan dilenyapkan,

Para pembaca ALKITAB tidak akan gagal memahami bahwa Ishak akan menjadi bangsa yang besar dengan banyaknya nabi-nabi yang diutus kepada keturunannya yang banyak berasal dari keturunan Yehuda anak Yakub. Akan tetapi ada masanya ketika pewarisan kenabian ini kelak akan berpindah tangan kepada keturunan yang lain. Kita bisa melihat isyarat ini di Kitab Kejadian 49 ketika Yakub pada akhir hidupnya menceritakan nubuat tentang nasib keturunan anak-anaknya, dan ketika menceritakan tentang keturunan Yahuda yang kelak akan mewarisi tongkat raja-raja dan kenabian maka ternubuatkan :

49:10 Lo yasūr SHEIBET mi-yehūda u-mahoqeiq mi-bein raglayu ‘ad ki yabu SHILOH, va-lu yiqhat ‘amim49:10 The SCEPTER shall not depart from Judah nor a lawgiver from between his feet until SHILOH comes, and unto HIM shall the obedience of the people be49:10 TONGKAT KERAJAAN tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai DIAdatang yang BERHAK ATASNYA, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.

 

Sheibet atau tongkat kerajaan adalah perlambang kekuasaan kenabian dan kepemimpinan. Kerajaan dan Kenabian tidak akan berpindah dari keturunan Yahuda sampai datangnya “SHILOH” atau “DIA yang BERHAK ATASNYA“ dan kepadanya akan takluk bangsa2 di bumi. Kepada dia inilah Kerajaan dan Kenabian akan diberikan.

Perpindahan tongkat kerajaan dan kenabian kepada keturunan yang lain ini lebih jelas dinyatakan dalam Yehezkiel 21:25-27 sebagai pembuangan SERBAN kenabian dan MAHKOTA kerajaan.

21:25 Dan hai engkau, raja Israel, orang fasik yang durhaka, yang saatmu sudah tiba untuk penghakiman terakhir,
21:26 beginilah firman Tuhan ALLAH: Jauhkanlah serbanmu dan buangkanlah mahkotamu! Tiada yang tetap seperti keadaannya sekarang. Yang rendah harus ditinggikan, yang tinggi harus direndahkan.
21:27 Puing, puing, puing akan Kujadikan dia! Inipun tidak akan tetap. Sampai IA datang YANG BERHAK ATASNYA, dan KEPADANYA akan Kuberikan itu.”

The New Interpreter’s Bible memberikan referensi bahwa SHILOH adalah sesosok manusia dari bangsa selain keturunan Yehuda yang akan menerima estafet tongkat kerajaan dan kenabian, “It most likely refers to a person. The basic image is clear: The poet depicts Judah as a royal figure, whose rule…will continue for a lengthy period until a climactic event occurs that assures a glorious future, …

Yesus Kristus Nabi dari Nazaret memberikan isyarat yang sama tentang perpindahan tongkat kenabian dan kerajaan ini akan terjadi sepeninggal beliau,

Matius 21:43 Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.
Sabda Yesus diatas sebagai penjelas dari nubuat dalam Kitab Taurat

Ulangan 32:21 “Mereka membangkitkan cemburuku dengan yang bukan Allah, mereka membuatku marah dengan berhala mereka. Sebab itu Aku akan membangkitkan cemburu mereka dengan yang bukan umat, dan akan membuat mereka marah dengan bangsa yang bodoh.

Karenanya, hal ini membuat Hikmat dan Kearifan terangkat ketika mereka menolak mengakui kenabian berada pada bangsa yang bodoh lagi hina dalam pandangan mereka….

Dan ini ditegaskan lagi di lanjutan dari YESAYA  29:13

29:13 Dan Tuhan telah berfirman: “Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan,
29:14 maka sebab itu, sesungguhnya, Aku akan melakukan pula hal-hal yang ajaib kepada bangsa ini, keajaiban yang menakjubkan; hikmat orang-orangnya yang berhikmat akan hilang, dan kearifan orang-orangnya yang arif akan bersembunyi.

Setiap orang yang mempunyai sedikit pengetahuan tentang Injil akan dapat menebak siapa yang di mata orang-orang Yahudi rasis dan sombong ini “bukan sebuah umat” –sesuatu yang tidak berarti dan “bangsa yang bodoh” jika bukan sepupu mereka keturunan Ismail– bangsa Arab yang dalam kata-kata Thomas Carlyle telah “mengembara tidak dikenal di padang pasir sejak penciptaan dunia!?”

Jadi, karena Bangsa Israel menjauh dari Tuhan, maka nikmat kenabian yang selama ini dikaruniakan Tuhan kepada mereka, dicabut kembali oleh Tuhan dan diberikan kepada Bangsa Goyim Bangsa Ummiy Bangsa Bodoh Bangsa Jahiliah……Bangsa Arab

Walhamdulillah

 

44 Komentar

  1. To Jalan Ibrohim: Anda gigih dalam kekelirun. Sudah berulang kali saya memberikan sanggahan yang tidak tersanggah mengenai TIDAK ADANYA NUBUAT Muhamad dalam Torah dan Injil, namun Anda masih nekad saja.

    Mari kita baca Yesaya 45:19 sbb: “Tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi atau di tempat bumi yang gelap. Tidak pernah Aku menyuruh keturunan … See MoreYakub untuk mencari Aku dengan sia-sia! Aku, YHWH, selalu berkata benar, selalu memberitakan apa yang lurus”

    Nah, ayat ini sebagai bantahan bahwa apa yang diterima Muhamad sebagai wahyu bukan dari Tuhan yang bernama YHWH yang disembah Bangsa Israel dan yang juga diimani oleh Kekristenan.

    Mengapa? Karena Muhamad menerima wahyu di gua Hiraq yang gelap dan mengklaim itu sebagai wahyu dari Tuhan, sementara Tuhan YHWH telah menegaskan bahwa diri-Nya tidak pernah menyampikan firman atau pewahyuan dengan cara demikian atau di tempat yang gelap.

    Nah, siapakah sesungguhny yang telah berbicara kepada Muhamad di Gua Hiraq? Bukan YHWH (Yes 45:19)

    Saya tahu, sumber referensi yang Anda pergunakan untuk meyesatkan Kekristenan awam bahwa ada nubuat untuk Muhamad dalam Bibel, bersumber dari buku karya Prof. Abdul Ahmad Dawud, MUHAMAD IN THE BIBLE:BIBEL PUN MENGAKUI MUHAMAD, Al Mahira 2009. Sebagian dari dalil-dalil dalam buku tersebut sudah saya sanggah dalam berbagai kesempatan, al. mengenai … See Morekata “khmedah” dalam Hagai 2:7 dan kata “makhmadim” dalam Kidung Agung. Kapan-kapan akan saya buat note untuk membantah “al khayal al din” (angan-angan teologis) dalam buku tersebut.

    • Ah…masak…Elia pun mendapat wahyu dalam Gua…

      1 Raja-raja 19:9. Di sana masuklah ia ke dalam sebuah gua dan bermalam di situ. Maka firman TUHAN datang kepadanya, demikian: “Apakah kerjamu di sini, hai Elia?”

      • ha ha ha ha….Elia mendapat wahyu di dalam gua???? wakakaakaka…..makanya baca bung sampai selesai….Elia di gua bersembunyi di dalam gua karena ia dilanda ” frustrasi” oleh karena Izebel, padahal Elia baru aja membunuh 400 nabi Baal….jadi Tuhan menjumpai Elia di dalam gua bukan untuk memberikan wahyu, tapi untuk memberikan kekuatan kepada Elia..supaya Elia tidak takut….

        Bung jalanibrahim ini suka nyeleneh ya….maklum aja lah, udah dari sono nya kan…nama Abraham dibuat jadi Ibrahim, Ishak diganti jadi Ismael….kacau memang kalian semua

        • Sepertinya anda sudah terlanjur akrab dengan Alkitab TERJEMAHAN YUNANI daripada mengetahui bahwa Alkitab ARAB pun menyebut IBRAHIM SEBAGAI ABRAHAM

    • apakah bapak pendeta ini bisa kasih referensi soal silsilah yesus di 2 kitab injil..?
      dan kenapa yg 2 lagi diam seribu bahasa..ga ada satupu kalimat yg terucap dari mereka soal silslah yesus,,,,dari ke 4 saksi itu iu mana yg benar,,ga mungkin semuanya benar,,,,1 pasti benar 3 salah,,ga mungkin 3 benar 1 salah,,,bisa jadi malah salah semuanya…

    • Rohul kudus berbicara dg Yusuf dalam mimpinya (siang apa malam, terang apa gelap?) dan tanpa saksi alias sembunyi-sembunyi. Demikian juga pertemuan antara Ruhul Kudus dg Maria.

  2. tapi sebenarnya kita dilarang memepelajari islam dari agama lain atau dari kitab agama orang lain…
    http://itcompare.wordpress.com/2010/06/28/berinternet-yang-sehat-itu-berkah/

  3. Berapakah buah sekolah di dalam Kuala Lumpur?

  4. Tanpa kitab agama lain kita udah cukup belajar agama kita kok…
    Mungkin artikel ini hanya sbg bahan referensi dan renungan bagi yg punya kitab (kristen)

  5. Tanpa kitab agama lain kita udah cukup blajar Islam. Mungkin artikel ini bertujuan sbg bahan renungan bagi yg punya kitab

  6. Jah,kepedean lagi nieh anak,bc ayat berikutx du2l,jelas2 itu ayat yg menunjukan akan adanya penyesat yang diberi kitab dan penyesat itu g bisa baca.Kenapa anda tidak lanjutin ayat berikutx ustadzah ibrahim?

    • Sudah saya cantumkan. Ayat yang mana yang anda maksud?

  7. artikel ini bisa jd tameng bg islam,dikala non islam hendak menyerang islam.bkn brarti tameng islam it krg..ak ttp it tameng musuh yg menolong qita.

  8. Sebaiknya tidak dibaca 2 ayat diatas saja, melainkan bacalah paling tidak [u]satu perikop[/b] mulai ayat 9 sampai dengan 16, sehingga anda tahu apa maksud ayat-ayat tersebut.
    Judul perikopnya adalah BANGSA YANG BUTA, dalam terjemahan KJV diberi judul THE BLINDNESS OF DISOBEDIENCE.

    • PERIKOP?

      Apakah PERIKOP itu FIRMAN TUHAN?

      ATAUKAH TAFSIR dari PENTERJEMAH ALKITAB?

      Tidakkah anda tahu bahwa PEMBUAT PERIKOP tidak mampu memahami NUBUATAN itu sehingga mereka menyangka bahwa ayat ini sekedar bgambaran BANI ISRAEL SEBAGAI BANGSA YANG BEBAL?

      • maksud natasha adalah anda membaca secara keseluruhan agar anda memahami secara utuh. kalau hanya main comot sana sini sesuai kehendak anda maka jangan2 suatu saat nanti akan anda munculkan lagi suatu kitab lain(sejenis injil barnabas) untuk mendukung klaim anda hahahahaha

      • sepertinya justru yang membuat komen di atas ( jalanibrahim) yang tidak mengerti tentang kitab yesaya ini…makanya bung, kalau mau memperkuat iman, jangan dengan mencari kelemahan agama lain, ntar malah bung jadi tahu klo nabi yang bung sanjung itu gak lebih dari nabi palsu…siapa yang nyaksikan dia nerima wahyu di gua hira???

        • Hmm…sepertinya anda sendiri juga tidak tahu siapa yang nyaksikan bunda Maria bertemu dengan Jibril di kamar beliau? atau…

          Siapa saksinya YESUS KRISTUS di cobai IBLIS di Matius 4?

  9. […] Tafsir Alkitab : Nubuat Yesaya 29 tentang Kisah Gua Hira dalam ALKITAB […]

  10. Setauku jalan ibrahim ini seorang chater gadungan, dan saya pernah diskusi dgn dia tapi membosankan krna jawaban yg sudah saya berikan diabaikan trus diangkat masalah yang lain dan akhirnya balik lagi ke pertanyaan awal, seperti dalam lingkaran yg tidak ada ujungnya, begitu juga dia meminta saya posting materi diskusi dan saya penuhi prmintaan dia untuk posting materi, belum saja ditanggapi umat islam lainya sudah dihapus jadi JALAN IBRAHIM ini hanya SEORANG PECUNDANG YANG SOK PINTER , Senang saya klo kita bisa diskusi lagi tapi akhir2 ini anda selalu menghindar jika saya masuk Room Islam.

  11. anda salah menafsirkan ayat-ayat tersebut.. coba anda baca alkitab dari awal sampai akhir supaya tau cerita dan isinya. jadi jangan cuma comot2 ayatnya sepenggal2. jadi artinya lain.ok coba dikaji lebih dalam lagi dan cari bukti yg lebih otentik. smoga anda menemukan kebenarannya.GBU

  12. yaah,,,emang susah kalo ngomong sama orkris…….mereka itu emang udeh summum bukmun umyun..fahum layatarji’un,,,,,,,,ga mudeng semua kalo dikasih kebenaran,,maunya cari pembenaran aja

    • yg bisa memberi kebenaran cuma yg di atas… apakah DIA anda ? jgn dengan mudah memberi arti pembenaran ttg suatu agama jika anda sendiri hanyalah manusia… atau anda merasa lebih dari manusia ? Tuhan mungkin ?

  13. Kenapa pembacaan Yesaya 29 :12 tidak diteruskan ke ayat berikutnya?

    Dan Tuhan telah berfirman: “Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan,

    Jadi yang disodori kitab bermaterai ataupun orang yang buta huruf itu adalah perumpamaan bagi orang yang di mulut memuji Tuhan, tetapi dihatinya tidak dan ibadahnya hanya perintah dari manusia yang lantas hanya dihafal belaka.

    Kenapa cuma diambil ayat 12 saja? Malu untuk mengakui ayat ke 13 nya?

    • Joko, Yesaya 29:13 terpisah dan ditujukan untuk bangsa Yahudi yang tidak mau percaya kepada Kenabian Isa Al Masih

      Matius 15:7 Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu:
      15:8 Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
      15:9 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.

  14. sebelum bicara panjang lebar mengenai ‘nubuat’ atau ‘lu-buat’ atau lebih tepatnya ‘buatan-lu’, aku ingin bertanya pada jalanibrahim.
    jalanibrahim bisa membaca ndak?
    jalanibrahim pernah datang ke toko buku?
    pernah melihat buku baru, yang masih dibungkus rapat dengan plastik?
    jalanibrahim bisa membaca buku yang masih tersegel itu tiap-tiap halaman didalam buku itu?
    kalau kamu bisa membacanya, kamu termasuk golongan manusia ‘ajaib’.
    kalau kamu TIDAK bisa membacanya,
    itulah yang dimaksud kitab Yesaya 29:11
    Maka bagimu penglihatan dari semuanya itu seperti isi sebuah kitab yang termeterai, apabila itu diberikan kepada orang yang tahu membaca dengan mengatakan: “Baiklah baca ini,” maka ia akan menjawab: “Aku tidak dapat, sebab kitab itu termeterai”;

    jadi maksud dari kitab yang termeterai adalah kitab tertutup dan masih tersegel.
    kalau pakai asumsi diatas seperti buku tertutup yang masih dibungkus rapat dengan plastik. jangankan orang tidak bisa baca, meskipun orang yang ‘melek’ hurufpun pasti ndak bisa baca didalam kitab/buku itu.

    jadi kalau menurutmu ini nubuatan/lu-buat/buatan-lu tentang muhammad, ya silahkan saja… atau masih ada ayat-ayat lain yang mau kamu cocok-cocokan lagi?

    • santai aja mas kl salah…menadakan kamu jg bingung dg imanmu…

  15. Tafsir yang salah soal Alkitab, terlalu memaksa dan salah arah. Kalau tidak paham Alkitab sebaiknya tidak usah coba-coba untuk menafsirkannya. Tidak ada satu ayatpun di Alkibat yang menuliskan soal Nabi Muhammad SAW. Yang jelas tertulis di Alkibat hanya dua yakni kedatangan Roh Kudus (Roh Allah) untuk membantu orang percaya dan Nabi Palsu untuk menyesatkan orang percaya.

    • Memangnya anda bisa mendapati sebuah nama bernama YESUS KRISTUS dalam PERJANJIAN LAMA?

    • 15:8 Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
      15:9 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.

      (maaf) Saya malah khawatir bahwa yang dimaksud pasal tersebut justru ditunjukan kepada kaum kristen yang berkiblat ke Eropa. Mereka semua mengaku beriman kepada Yesus (Isa Al Masih) tp sebenarnya sudah menyimpang dari ajaran Isa yang sesungguhnya. Faktanya bahwa Umat Isa A.S di timur tengah (tempat historical kehidupan Yesus) justru bertentangan paham dengan pengikut yang berkiblat ke Eropa. Secara logika penganut/ Umat Isa di Timur Tengah lebih memahami injil karena Injil awal dalam bahasa daerah tersebut….

      • Ck ck ck ck… Diskusi yang menarik antara pendeta dengan muslim biasa. Tapi kok, dari bahasanya kenapa yang orang biasa ini lebih wise, logikanya lebih runtut ya. Pendeta kok bahasanya seperti itu???? Yang dicari apa sih? Bukankah yang seharusnya kita cari adalah KEBENARAN bukan PEMBENARAN atas kekeliruan? Kalo ternyata nubuat itu memang demikian dan anda pendeta tetap degil hati menerimanya, apa bedanya dengan kedegilan rabi yahudi ketika menerima Yesus?

  16. Kenapa orang kristen panik kalo Injilnya dibahas dan terkuatk sebuah fakta yang tidak sesuai dengan doktrin arus utama ya? Itu bukan semangat orang yang mencari kebenaran.

    • Siapa yg panik ?? silahkan brdiskusi.. manusia berhak berargumentasi, tak trkecuali org Muslim kn.

      Doktrin Arus utama Kekristenan adalah Percaya Bahwa Yesus adalah Manifestasi Tuhan,, atau disebut juga Tri Tunggal. sedangkan yg dibahas oleh @jalan ibrahim adalah bukan mengenai Doktrin Arus Utama, melainkan mengenai “penubuatan muhammad dlm Alkitab”

      • Doktrin Arus utama Kekristenan adalah Percaya Bahwa Yesus adalah Manifestasi Tuhan,, atau disebut juga Tri Tunggal.?

        “Bisa anda sebutkan mana ucapan Yesus mengatakan hal itu?

  17. Tau ngga wahai christian, respon kalian kayak begini justru membuktikan bahwa Al Qur’an itulah yang benar bahwa kalian tidak akan rela para muslim memeluk agamanya sendiri dengan sebenarnya sampai bisa dimurtadkan dan masuk agama kalian, Subhanallah Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya..

  18. Bagaiamana penggembala yang sesat akan menunjukkan kandang yg benar,….??

    • Bagaimana tokoh yang tidak ada bukti sejarah tentang keberadaannya bisa menjamin keselamatan domba yang tidak tersesat? Bagaimana tokoh fiktif a-la 25-Desember bisa begitu diyakini sebagai tokoh nyata yang ajarannya menjadi spirit perang dunia I dan II (gold-gospel-glory)?

  19. makin menarik nih..ternyata banyak hal yg saya tidak tau. terimakasih dan saya menunggu update selanjutnya

  20. Shmuel Maleakhi berpendapat, Lihat Markus 12:29 : Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.

    lanjut di kitab dan pasal yg sama ayat 32: Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: “Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.

    dalam yohanes 17:3 yesus dengan polos berkata bahwa dia adalah utusan tuhan / RASUL :

    Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

    Bahkan apabila ada orang yg menyebut kepada yesus itu TUHAN, maka ia akan diusir yesus lihat Matius 7:21-23 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

    Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

    Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

    Shalom שָׁלוֹם
    ..السلام عليكم

    Teruskanlah syiarmu pemilik website ini, kebenaran menyertaimu.

  21. BAPAK pENDETA tEGUH hENDHARTO: Mari kita simak baik2 tentang maksud Yesaya 45:19 sbb: “Tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi atau di tempat bumi yang gelap. Tidak pernah Aku menyuruh keturunan … See MoreYakub untuk mencari Aku dengan sia-sia! Aku, YHWH, selalu berkata benar, selalu memberitakan apa yang lurus”

    Allah selalu menurunkan wahyu hanya kpd orang yg hatinya selalu mengingat Allah ia itu kpd orang yg terpilih dari satu yg suci di antara banyak yg penuh dgn lumuran dosa dalam kesesatan.
    kesesatan inilah yg lebih sering di artikan sebagai kegelapan
    maka benar jika Allah tidak pernah menurunkan wahyunya kpd orang yg tersesat begitu jauh di dlm kegelapan hatinya
    dan Allah akan senantiasa memilih menurunkan wahyunya kepada orang terpilih yg hatinya selalu di terangi oleh ingatannya kpd Allah
    maka tidak salah jika Allah mengatakan bhw Ia tdk berbicara dlm kegelapan akan tetapi kegelapan yg sprti apa yg Ia maksudkan itulah yg seharusnya kita kaji lebih dalam

    jadi meskipun seseorang berada dlm ruang yg gelap akan tetapi yg Allah lihat adlh hati setiap hamba, Hamba mana yg hatinya terang dengan selalu mengingat Allah maka kpd Dialah Allah akan menurunkan Wahyunya meskipun orang itu berada dlm ruang yg gelap karena bukanlah untuk ruang yg gelap itu Allah menurunkan wahyunya melainkan kpd hati yg terang…

  22. lucu…. keren banget artikel nya.. klo disuruh ngeringkas atau mengintisari ama pak guru,, menang dari bawah nih anak. penggal sana, penggal sini! memang bangsa yg buta.. kasihan orang seperti anda, bisa membaca tapi gak bisa memahami. memahami alkitab bukan comot satu ayat saja, tapi pahami dari awal, lalu simpulkan bung….

  23. buat bapak pendeta, coba perhatikan benar2 ayat2 dalam kitab yang dimaksud author itu,sudah banyak para peneliti dan pengamat bahkan dari kalangan orang2 kristen sendiri yang yang mengetahui bahwa ayat2 tersebut memang ditujukan unuk seorang nabi dari bangsa yang lain bukan untuk bangsa yahudi/israel…

  24. makanya baca semua jalan cerita tentang nabi Elia baru koar-koar

  25. Terima kasih. Penjeladannya sangat runtut dan alamiah. Tidak dipaksakan.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s