Nubuat Yesaya 28 tentang Firman Tuhan dalam Bahasa Arab..Muhammad dalam Alkitab Taurat Injil


Inilah nubuat Tuhan kelak akan berfirman melalui seorang utusanNya dari bangsa Arab dengan bahasa Arab kepada bangsa Keturunan Israel bangsa Yahudi..

Dan dinubuatkan juga bahwa bangsa Yahudi pun tidak mau mengakui bahwa seorang nabi besar akan dibangkitkan di tanah Arab dengan bahasa Arab

Yesaya 28

28:11 Sungguh, oleh orang-orang yang berlogat ganjil dan oleh orang-orang yang berbahasa asing akan berbicara kepada bangsa ini.

28:12 Dia yang telah berfirman kepada MEREKA: “Inilah tempat perhentian, berilah perhentian kepada orang yang lelah; inilah tempat peristirahatan!” TETAPI MEREKA TIDAK MAU MENDENGARKAN

 

Sekarang marilah kita buka bagian Kitab Yesaya 21 yang dirujuk sebagai bangsa yang dimaksud MEREKA dalam kalimat Dia yang telah berfirman kepada MEREKA: “Inilah tempat perhentian, berilah perhentian kepada orang yang lelah; inilah tempat peristirahatan!”

Maka marilah kita buka kitab  Yesaya 21 yang dimaksud oleh Yesaya 28 tadi tentang siapa yang dimaksud sebagai MEREKA ini

21:13. Ucapan ilahi terhadap Arabia. Di belukar di Arabia kamu akan bermalam, hai kafilah-kafilah orang Dedan!

21:14 Hai penduduk tanah Tema, keluarlah, bawalah air kepada orang yang haus, pergilah, sambutlah orang pelarian dengan roti!

 

Tampak sekali bahwa yang dimaksud dengan MEREKA dalam frase “Dia yang telah berfirman kepada MEREKA” adalah bangsa ARAB yang mengalami pengusiran dalam Yesaya 21:14 yakni  penduduk  padang pasir Arabia dimana penduduk Tema yang menjamu pengungsi dari kalangan kafilah Dedan. Tampaklah siapakah yang dimaksud Yesaya 24 dalam : “Inilah tempat perhentian, berilah perhentian kepada orang yang lelah; inilah tempat peristirahatan!” mengacu pada kalimat yang tercantum  pada Yesaya 21Di belukar di Arabia kamu akan bermalam, hai kafilah-kafilah orang Dedan!” “keluarlah, bawalah air kepada orang yang haus, pergilah, sambutlah orang pelarian dengan roti!

Mengapa teks Yesaya 21 merujuk kepada bangsa Arab? Teks ini sebenarnya ingin menjelaskan bahwa di lokasi gurun Arabia ini kelak akan terjadi pelarian sekelompok kafilah Dedan dan penduduk tanah Tema akan menolong mereka dan menjamu mereka. Dari teks berikut tampak kafilah Dedan melarikan diri dari negeri mereka akibat penindasan.

21:13. Ucapan ilahi terhadap Arabia. Di belukar di Arabia kamu akan bermalam, hai kafilah-kafilah orang Dedan!21:14 Hai penduduk tanah Tema, keluarlah, bawalah air kepada orang yang haus, pergilah, sambutlah orang pelarian dengan roti!21:15 Sebab mereka melarikan diri terhadap pedang, ya terhadap pedang yang terhunus, terhadap busur yang dilentur, dan terhadap kehebatan peperangan.

 

Perlu anda ketahui bahwa Dedan dihari ini adalah al-‘Ulā di Jazirah Hijāz (Hejaz)(Sumber Wikipedia). Wikipedia menulis Dedan sebagai “Now known as Al Ula in northern Saudi Arabia, known to the ancient Greeks and Romans as Hijra, Hegra or Egra, the former is about the same distance, about 250 miles north from Medina as Medina is north of Mecca”. Sangat bersesuaian dengan arah penduduk Makkah yang terletak selatan Madinah sekitar 450-500 km atau sekitar 250 s/d 300 mil.

Dedan ke arah timur laut akan menemui kota Tema. Tema adalah kota Tayma dihari ini, kota asal seorang ulama besar kaum muslimin bernama Ibnu Taymiyah, kota yang terletak dekat dengan Yathrib, Madinah di hari ini, sesuai referensi Wikipedia .Tayma merupakan tempat sebuah mata air di Jabal Shimmar provinsi Nejed, sebuah daerah luas di daerah Saudi Arabia ”…an oasis in the Jebel Shammar province of Nejd, a major region of Saudi Arabia.” Nabonidus seorang jenderal Romawi pernah mengejar Yahudi Jerusalem yang bermigrasi ke arah Yahtrib, nama kuno kota Madinah. Wikippedia menulis , “Nabonidus destroyed Tema (522 B.C.E), rebuilt it, and made it his residence for about ten years. From there he went further and reached Yathrib (later, Medina).”

Ketika kaum Muslimin Makkah generasi awal disiksa oleh kaum pagan musyrikin Makkah, mereka kemudian bermigrasi mengadakan Hijrah ke Yathrib, Madinah di hari ini., dimana Madinah saat itu banyak dihuni oleh kaum Yahudi dan Nasrani disamping penduduk Arab dari suku Auz dan Khazraj.

Kedatangan kaum muslimin Mekkah disambut oleh penduduk Madinah dengan kehangatan. Mereka benar-benar dijamu dengan hangat. Kaum pelarian dari Makkah, yakni kaum Muhajirin, yakni penduduk Hijaz, Dedan, yang kehausan dari perjalanan hijrah diberi minum dan makanan roti oleh penduduk Madinah, yakni kaum Anshor, banyak Yahudi dari Tema didalamnya. Bahkan bukan hanya itu, kaum Muhajirin di persaudarakan dengan penduduk Madinah. Seorang Muhajirin dipersaudarakan dengan satu Anshor. Bahkan terdapat satu riwayat karena kasihnya kepada kaum Muhajirin, seorang Anshor menawarkan harta dan istrinya untuk saudaranuya Muhajirin.

Yesaya 21 kemudian melanjutkan kisahnya tentang pasukan ketiga, pasukan unta :

21:16 Sebab beginilah firman Tuhan kepadaku: “Dalam SETAHUN lagi, menurut masa kerja prajurit upahan, maka segala kemuliaan KEDAR akan habis.21:17 Dan dari pemanah-pemanah yang gagah perkasa dari bani KEDAR, akan tinggal sejumlah kecil saja, sebab TUHAN, Allah Israel, telah mengatakannya.”Kedar, menurut Wikipedia, adalah “a nomadic tribe or league of tribes in the Arabian Desert.” . Yakni “suku nomaden atau kumpulan suku-suku di padang pasir Arabia. Wikipedia menulis bahwa wilayah Kedar adalah Saudi Arabia di hari ini (Sumber Wikipedia).

 

Smith’s Bible Dictionary menyatakan bahwa suku Kedar adalah suku dimana suku Quraiys berasal, dan suku inilah yang berniat membunuh Nabi Muhammad sholallahu alaihi wassalam sehingga akhirnya beliau keluar dari Makkah, “Muhammad traces his lineage to Abraham through the celebrated Koreish tribe, which sprang from Kedar. The Arabs in the Hejaz [the region where Mecca and Medina are] are called Beni Harb (men of war), and are Ishmaelites as of old, from their beginning.”

Teks Yesaya tampaknya merujuk kepada pertempuran besar PERANG BADAR yang terjadi SETAHUN setelah kaum Muhajirin melarikan diri dari pedang kaum musyrikin QURAISY MAKKAH. Pertempuran ini melibatkan 300 kaum Muslimin Madinah melawan 1000 petempur ulung dari suku Quraisy Makkah dan terjadi di daerah sumur Badar. Ketika Nabi mendengarkan informasi bahwa pasukan musyrik Makkah dipimpin langsung oleh para jenderal perang yang tangguh, maka Nabi sholallahu alaihi wassalam mengucapkan bahwa ”Inilah dia Mekkah mengirimkan belahan jantungnya kepada kalian” . Tampak sekali dari ucapan Sang Nabi menunjukkan bahwa saat itu Makkah mengirimkan “PEMANAH-PEMANAH GAGAH PERKASA dari BANI KEDAR”

Maka dari sinilah anda tahu bahwa ternyata Nabi tak lain dan tak bukan adalah Nabi Muhammad sholallahu alaihi wassalam, Nabi penutup Firman Tuhan,. Nabi yang muncul dari keturunan Ishmael, yakni dari bangsa Arab.

Menakjubkan…bukan?

Tuhan berfirman kepada mereka, bangsa yang bermukim di Arabia….

Semoga anda percaya kepada Firman Tuhan dalam bahasa Arabia….ALQUR’AN..

48 Komentar

  1. Assalaamualaikum bapak Defender.

    Saya telah melihat-lihat Yesaya ini dan ayat-ayat yang anda tuliskan. Namun saya masih belum boleh/bisa menuliskannya secara umum di blog saya. Maka apabila bapak telah juga menuliskannya, maka saya nekad ia adalah benar-benar ditujukan bangsa Arab.

    Jelas sekali…Walau bagaimana mereka cuba merobek Injil dan Taurat untuk memadamkan berita akan kedatangan Nabi akhir zaman iaitu Muhammad Sallallahu alaihi wasallam, ia tidak akan berjaya. Mereka memadamkan yang dihujung mereka terlupa masih ada di tengahnya. Masih tersisa yang benar itu untuk membuktikan kebenaran Islam…Dan yang tidak benar usah kita hiraukan.

    Demikian juga kenyataan “seorang Nabi seperti Musa” jelas mereka ketinggalan untuk memadamkannya.

    Maka tidak ada jalan lain bagi mereka melainkan merivise terus menerus Bible mereka…dari RCV kepada KJV dan akhirnya ASV…BAhkan Lutheran tinggal Perjanjian Baru sahaja.

    Demikianlah mereka berusaha sepenuh tenaga untuk memadamkan kebenaran, namun ia masih ada tersisa…buat memadamkan pula keboborokan mereka.

    Pak…mohon tulisannya diatas saya perbaiki dan buat penambahan, dan saya mohon di masukkan juga dalam blog saya…supaya ia lebih cepat tersebar.

    Wassalam

  2. ANDA BICARA KLAIM, YA….?
    Barangkali yang ringan saja menanggapinya……….
    mari kita tersenyum sejenak dengan yang berikut ini sebelum menginjak, materi!

    Comment anda:????

  3. ikutan Nyimak…

  4. artikel bagus

  5. perfect… Allahu Akbar…

  6. Maaf, jika saya boleh bertanya. Mengapa Anda hanya membedah ayat ini saja? kenapa tidak Anda lanjutkan membedah ayat selanjutnya? terutama ayat kunci Yesaya 28:16-18… Adalah tidak bijaksana jika hanya membedah ayat-ayat secara sebagian… Karena ayat yang Anda telaah adalah satu kesatuan biblika yakni Yesaya 28:7-22 dengan tema “Terhadap pemimpin-pemimpin Yerusalem”… Apalagi berdasarkan studi Teologia, sejarah kitab Yesaya adalah kitab dengan gaya tulisan sastra kuno… Yang jika hanya diambil secara sedikit2, justru dapat menimbulkan banyak penafsiran… Termasuk apa yang coba Anda tafsirkan menurut versi Anda…
    Mungkin masukan saya ini bisa menjadi masukan bagi Anda dalam kegiatan Syiar Anda berikutnya…

    • Lestya…memang benar bahwa Yesaya pasal ini berisi tentang celaan “Terhadap pemimpin-pemimpin Yerusalem”..

      Karena itulah mereka kelak akan diuji dengan Firman Tuhan dengan bahasa bukan dari bahasa mereka…

      Bahasa apakah itu?

      Yakni bahasa bangsa yang dikatakan pada ayat 28:12 “Dia yang telah berfirman kepada MEREKA: “Inilah tempat perhentian, berilah perhentian kepada orang yang lelah; inilah tempat peristirahatan!”

      Bangsa manakah itu?

      Yesaya 21
      21:13. Ucapan ilahi terhadap Arabia. Di belukar di Arabia kamu akan bermalam, hai kafilah-kafilah orang Dedan!
      21:14 Hai penduduk tanah Tema, keluarlah, bawalah air kepada orang yang haus, pergilah, sambutlah orang pelarian dengan roti!

  7. Saya tidak melihat nubuatan tentang kemunculan seorang nabi, tafsiran anda terlalu kabur. Adalah sayang anda tidak mengungkapkan juga nasib orang2 Nasrani dan Yahudi di Tema yang telah menyambut kafilah Dedan dengan makanan dan minuman?(jika tafsiran anda akurat).
    @Shahil: komentar anda lucu sekali, justru kaum Nasrani lah yang bersemangat menggebu untuk melakukan penggalian2 arkeologi. adalah tidak masuk akal jika ada yang sengaja memalsukan atau merubah ayat2 Alkitab di satu sisi dan di sisi lain mereka melakukan pencarian bukti sejarah masa lampau seperti yang ada dalam teks2 kuno melaui ekskavasi, bukankah hal itu merugikan mereka sendiri?(jika memang ada usaha2 pemalsuan seperti klaim anda). Tetapi justru penemuan2 di Qumran menemukan begitu banyak fragmen2 kitab suci termasuk Yesaya yang bertarikh sebelum 70M justru identik dengan kitab Yesaya dalam kanon Alkitab seperti yang ada sekarang. Ini seperti lempar batu sembunyi tangan(ingat injil barnabas?) + balik menuduh lagi. Ini berlaku untuk seluruh ksah2 dalam ajaran agama anda yang ingin anda cocok cocokan dengan ayat2 dalam Alkitab. Sesungguhnya seluruh kejadian dapat saja di lakonkan jika sudah membaca atau memiliki skenario sebelumnya toh? Entah anda paham maksud saya atau tidak?🙂

  8. @ Jalanibrahim

    Subhanallah! sebuah postingan yg sangat layak utk disimak, menarik utk dikaji dan didalami …………..

    Salam kenal

  9. COBA KOMENTAR TENTANG SORGA YANG DISEDIAKAN untuk MUSLIM

    SURGA, NIKMATNYA PESTA SEKS DALAM ISLAM
    Mungkin anda sebagai muslim bertanya2; Seperti apakah surga itu? Apakah yang kita lakukan disana?

    • Ya…saya maklum anda tidak tahu karena anda kafir ingkar kepada kabar Sang Utusan yang diutus kepada anda…

  10. Wah.. wah, you are very smart i think. Tapi kiranya gak bolehlah kite merujuk sesuatu sesuai keinginan kite. Jesaya 28 berbicara mengeani Samaria, bacalah keseluruhannya, cik Fanya.
    Saya heran, anda seolah-olah mengatkan bahwa pada jaman Jesaya sudah ada Islam. Bagaimana ini Fanya? Alquran sendiri baru ada barangkali pada abad V Masehi. Lalu ajaran mereka dari mana? Nah untuk itu saya persilah cik Fanya lebih giat membaca sejarah kepercayaan Timur Tengah sebelum adanya agama seperti yang kita kenal sekarang.

    • Thanks..betewe, mungkin anda belum tahu bahwa arti kata Islam adalah TUNDUK PATUH BERSERAH DIRI hanya kepada KEHENDAK TUHAN SEMESTA ALAM…
      Siapapun yang memenuhi kriteria diatas maka dia ISLAM…

      Karena anda tidak patuh dan tunduk kepadaNya ketika Dia mengirim utusanNya yang terakhir anda tidak mau tunduk maka anda bukan ISLAM..

      Thanks

  11. Maaf. ikut nimbrong sedikit..
    Mengenai nubuatan para Nabi terdahulu itu, sangat jelas membicarakan satu sosok yang tidak ada bandingnya.. Ini yang perlu kita hayati bertama kali.. Karena tidak mungkin seorang yang tidak berbuat banyak dimasanya sudah dinubuatkan ribuan tahun sebelumnya… Apa mungkin nubuatan ribuaan tahun sebelumnya hanya untuk seorang yang mati ditiang salib, tidak mungkin kan? karena jika demikian, berarti nubuatannya itu lebih hebat dari faktanya…
    Kalau misalnya semua nubuatan itu dipaksakan untuk Yesus versi Kristen, apa yang pernah diberikan Beliau pada bangsanya?
    Dan yang perlu kita ketahui bersama, Yesus dimasanya bukanlah Yesus versi Kristen.. Artinya, dimasa Beliau tidak ada seorangpun yang menyembah Belaiu sebagaimana yang di lakukan Kristen sekarang…
    Jika benar Yesus versi Kristen itu sudah dikenal dimasa Beliau sendiri, tolong tunjukan satu bukti saja yang menyatakan bahwa ibu Belaiu dan keluarganya pernah menyembah Yesus dan berdoa kepadanya…
    Saya yakin, Kristen tidak bisa buktikan ini… Karena pa? karena Yesus memang tidak pernah dipertuhankan oleh orang-orang yang hidup bersama beliau. Lebih-lebih oleh keluarganya sendiri…

    Bagaimana menurut saudara yang lain?

  12. Maaf, ini ada satu pertanyaan buat saudara Kristian…

    Kalau kuta baca Innjil, sejak lampiran pertama kita sudah di cekoki dengan kaliamt-kalimat yang menyatakan bahwa Yesus adalah Tuhan dan juru selamat dunia..
    Namun pada ahir cerita hayat Yesus yang mati ditiang Salib, Kristen mengatakan bahwa disaat itu Yesus hanyalah manusia 100%.. Artinya, disaat itu Yesus mati bukan sebagai Tuhan, tapi sebagai manusia biasa…

    Yang jadi pertnyaan, kalau memang benar yang mati itu hanyalah Yesus yang sebagai manusia, apa bisa darahnya manusia biasa menebus dosa da apa gunanya ketuhanan Yesus kalau kenyataannya yang menebus dosa bukan Yesus sebagai Tuhan?
    Jadi, kalau kita perhatikan dari dasar Iman Kristen ini, berati Kristen tidak membutuhkan seorang Tuhan sebagai juru selamat mereka, tapi hnya butuh seorang manusia biasa..
    Nah, kalau kenyataanny demikian, laku apa artinya Yesus yang diklaim sebagai Tuhan sejak lampiran pertama dari Injil kalau pada ahirnya Yesus yang sebagai manusia yang menebus dosa mereka?

    Mohon pertanyaan ini dijawab, oke!

  13. WKK….WKKK….
    Orang nyang kaga ngerti masalah,memang kalo koment pasti NGAWURRRRRRRRR.
    dari pada ntu gimane tu…

  14. TIDAK ADA YANG BISA SAMPAI KEPADA BAPA KALAU TIDAK MELALUI NAMA KU

    • klo kepada ibu? kepada kakek? nenek? paman? bibi? ade? kakak? sepupu? lewat mn y?

    • klo kepada ibu? kepada kakek? nenek? paman? bibi? ade? kakak? sepupu? lewat mn y?

      • itu bukan bermakna biologis…
        contoh:
        anak jalanan. apa ceko mau menjumpai ibu jalanan dan bapak jalanan?
        anak tangga. apa ceko mau menjumpai ibu tangga dan bapak tangga?
        anak tiri. apa ceko menurut lahir dari hubungan biologisi ibu tiri dengan bapak tiri?
        ayo ceko sekolah lagi

  15. mantap kang…ijin copas ya…syukron…

  16. salam ukhuwwah..

  17. coba bac dulu mas yeremia 23, 2 petrus 2, dan wahyu 13.
    Bukankah itu identik ?

  18. ~Ikut menyimak~

    btw,
    Islam bukan hny datang pd abad ke 6 M pd masa Muhammad saw,melainkan sejak diturunkan nabi pertama yaitu Adam as.🙂

  19. saya orang Kristen. saya mengerti kenapa muslim mengatakan nabi Adam, Musa, dll adalah islam/muslim.
    Alkitab kalau diterjemahkan ke bahasa arab akan ditemui kata islam dan muslim.
    Ortodox telah ada 1 abat sebelum Muhamad lahir. Lihatlah cara mereka beribadah, setelah anda mengetahuinya anda akan mengerti bahwa agama anda mencontek ibadah Ortodoks.

    • Bukan Mencontek..lebih tepatnya ajarannya sama..

      Yahudi pun sholat dan sujud sebelum datangnya Yesus Kristus..

      Jadi,,

      Apakah Kristen mencontek YAHUDI?Tentunya tidak…

  20. Katanya Alkitab itu sudah dipalsukan tapi kok masih ambil referensi dari situ? Lucu juga asal ada kata arab langsung mikirnya ke muhammad. Padahal silsilah nya juga blm pasti kalau keturunan ismail. Gak ada bukti tertulis yg ada cuma menduga2 genealogy doang…

    • Yeskel..tidak semua Alkitab dipalsukan..sebagaimana tidak semua bagian alKitab yang asli…

      Ada kebenaran terselip..

      Ada pula kedustaan yang terkaburkan..

  21. Salam. Saya kira kalau kita membaca keseluruhan konteks dari Yesaya 21:13-17 maka akan jelas bahwa ayat tersebut membicarakan tentang Kemulian bani Kedar yg dihancurkan Tuhan. Lalu apa relevansinya dengan Yesaya 28 yg secara gamblang berbicara tentang proses pelepasan Yerusalem. Dalam membaca Alkitab anda tdk bisa asal comot sana-sini trus anda tafsirkan dgn sgt dipaksakan. Dari perjanjian antara Abraham, Ishak, Yakub(Israel) tdk ada 1 pun nubuat yg menyatakan kedatangan seorang nabi diluar Tunas Yakub(Israel). Saya kira sgt jelas didalam kitab Kejadian 49:10 bahwa kelak tongkat kerjaan tdk akan lepas dari keturunan Yehuda dan ini digenapi Tuhan dgn datangnya Yesus Kristus. Btw saya senang dgn artikel anda saudaraku. Wassalam.

    • Nubuat tentang kedatangan tunas lain di luar Israel sudah dinubatkan oleh Yesus dalam Injil Matius:

      (Matius 21:43) Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.

      “Therefore I say to you, the kingdom of God will be taken from you and given to a nation bearing the fruits of it (Mathew:21:34).

      Dalam ayat ini Yesus mengatakan kepada imam-imam besar Yahudi bahwa “hak mereka akan pengajaran Tuhan” akan dicabut dan diberikan kepada sebuah bangsa (a nation) yang mau menerima dan membuatnya ajaran tsb berhasil. Hal ini disebabkan karena mereka selalu membandel terhadap ajaran yang disampaikan Tuhan lewat utusannya.

      Ramalan ini dengan jelas merujuk kepada sebuah bangsa (arab) yang tidak hanya mengimani tetapi juga menyebarkan ajaran Tuhan tsb (menghasilkan buah Kerajaan).

      • Makna “akan diberikan kepada suatu bangsa”, mengindikasikan Yesus memberi tanda akan adanya utusan Tuhan (Nabi) di luar Bangsa Israel yang akan menyampaikan ajaran Tuhan karena untuk menyampaikan “kerajaan Tuhan” tentulah memerlukan seorang utusan (nabi).

    • Ramalan Yesus juga anda bisa melalui perumpamaanya di Alkitab Markus:

      … Betapi penggarap-penggarap itu berkata seorang kepada yang lain: Ia adalah ahli waris [Yesus, red], mari kita bunuh dia, maka warisan ini menjadi milik kita. Mereka menangkapnya dan membunuhnya [mengacu ke Yesus, red], lalu melemparkannya ke luar kebun anggur itu. Sekarang apa yang akan dilakukan oleh tuan kebun anggur itu? Ia akan datang dan membinasakan penggarap-penggarap itu, lalu MEMPERCAYAKAN kebun anggur itu kepada ORANG-ORANG LAIN. Tidak pernahkah kamu membaca nas ini: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru, .. (Mrks, 12:1-12).

      Orang Kristiani pastilah tahu yang acu oleh Yesus sebagai “ahli waris”, ditangkap dan dibunuh di ayat ini, adalah dirinya sendiri. Sementara perumpamaan batu yang dibuang adalah Ismael, yang selama ini kurang mendapat perhatian dalam penyampaian ajaran Tuhan. Disebabkan karena Bani Israel selalu menolak ajaran Tuhan maka Tuhan mengalihkan kepada keturunan Ismael (Bani Ismael) yang mau mengikuti ajaran tsb. Kalau ingin tahu lebih jelas tentang ayat di atas lebih baik membaca sendiri ayatnya. Semoga Ongen mendapat petunjuk dan terbuka mata hatinya dalam memperoleh kebenaran. Amin.

  22. lakum dinukum waliyadin,,kita kan berhak membahas ajaran apapun,tapi soal keimanan adalah hak masing masing,salam damai semuanya
    wassalamualaikum

  23. Jangan kita Mempermainkan Alkitab Menurut TAFSIRAN SENDIRI untuk mempermainkan Agama lain, Coba kita Kembali belajar Pelajaran PPKN (Pelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan) yang mengajarkan Menghormati Agama dan Kepercayaan ornag lain. Janganlah kita kehilangan Etika dan Moral sebagai Bangsa yang tanpa Etika dan Moral.

    jika dilihat tulisan bapak sangat tidak masuk akal, bapak tulis “Inilah nubuat Tuhan kelak akan berfirman melalui seorang utusanNya dari bangsa Arab dengan bahasa Arab kepada bangsa Keturunan Israel bangsa Yahudi, dan seterusnya” kata itu bapak petik dari ayat dan pasal serta buku apa? saya selalu baca alkitab tapi tidak ketemu jadi Bapak sebutkan, kalau Kitab Yesaya 28:11 itu sangat tidak sesuai. jangan “SESAT DAN MEMPERMAINKAN FIRMAN TUHAN” dengan tafsiran yang menipu diri sendiri dan orang lain dengan Tulisan yang mengada-ada.

    • Sepertinya bapak belum membaca baik-baik apa yang kami tulis..

  24. hehehe…lucu sekali. dipas-pas-in aja. .kgk mutu. lihat dulu kebenaran karakter nabi, bgmn tabiat & kelakuan nabi. buka mata, buka telinga. jangan salah pilih. menyesal tiada guna kemidian hari. sudah terlambat.

  25. Dan nanti bersihkan badan sebelum tidur, kemudian haningkan hati dan berfikir hidup kita hanya sekali kalau salah jalan pasti fatal, untuk itu kita benar2 minta petunjuk kepada Tuhan yang sebenarnya agar diberikan petunjuk jalan yang benar, apapun agama anda saat ini. Mudah2an semuanya mendapat petunjuk kebenaran.

  26. saran buat jalani, agama mu dan agamaku tdk sama,krn Tuhan kt berbeda,jd jalani saja ibadah mu ,tdk usah membahas isi kitab injil,krn injil tdk bisa dipahami dgan pengertian km sendiri melain kan dengan hikmat dari Yesus Kristus yg jk kta undang msk kehati akan diberikan kpdmu apabila km sungguh 2 memintany.God bless us!

  27. hamba allah: kamu sdh mengaku”kuta baca alkitab”tp bertanya krn untuk berdebat tentang bagaimana mungkin yesus sebagai manusia 100 % bs menebus dosa umat manusia,saran sy baca dl Alkitab dengan diawali doa kepada Yesus sungguh2 pasti km tdk ragu2 mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan.jd hikmat akan diberi kepadamu,maka pertanyaan yg km lontar kan akan hilang bersm ketidak mungkinan mu…GBU!

  28. Yesus byk melakukan mujizat besar dalam mengagungkan nama Tuhan Allah. dan mujizat itu atas kuasa Sang Pencipta, Tuhan Allah kami yaitu Bapa kami yg di sorga. dan Dia sdh berkata “Inilah Anak yg Kukasihi kepadaNyalah Aku berkenan.” Muhammad sdh melakukan mujizat apa? sambil berdagang dia berpoligami dgn alasan tersendiri.

  29. Lalu kata “hai penduduk Tema” apa mksudnya itu krna itu bukan di tunjukan pada penduduk yerusalem.

    • Tema…tahukah anda bahwa di Utara Madinah ada sebuah desa bernama Tayma?…(anda bisa membacanya sebagai Tema)

      • mending bapa belajar lebih lagi supaya bapa tahu jelas apa yg benar dan yg tepat untuk bapa aku di dalam hidup ini

      • Itu cuma beda dialek bahasa masak saudara tak tahu. Di Tema itu banyak terdapat orang Yahudi karena Nabi Musa pernah menyuruh beberapa orang bani israil untuk memerangi raja bani amaliq di tema pada zaman dahulu. Tema itu letaknya di selatan Madinah bukan di utara Madinah.

  30. slim klaim boleh aja , tapi gak ngaruh bagi TUHAN ALKITAB klaim kalian…. hihihii

  31. kabur karena memang dikaburkan kalo berani silakan baca buku Salib di bulan Sabit di sana kamu akan tahu bagaimana perspektif Isalam dan kristen yang benar tersedia di tb Gunung Agung Karaya Jerald F Dirk


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s