Transkrip dialog Tafsir Ulangan 18:18 Yesus Kristus adalah Nabi seperti Musa atau Yesus bukan Nabi seperti Musa?


Albert R. :

Ada seorang yang memakai nama ‘Jalan Avraham’ mempunyai situs web https://jalanibrahim.wordpress.com/ yang khusus membahas tentang Islam dalam Alkitab. Dia sangat yakin bahwa Islam (Muhammad) memang benar-benar ada dalam Alkitab. Salah satu dasar yang dipakainya adalah Ul 18:15 dan 18.

Ayat 15,18: ”Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan…Seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya

Berikut adalah sebagian transkrip ‘dialog’ antara Jalan Avraham dan seorang yang bernama ‘Chika’ mengenai Ulangan 18:18:

https://jalanibrahim.wordpress.com/2009/12/28/transkrip-siapakah-nabi-seperti-musa/

Kelihatannya Jalan Avraham sangat ‘bangga’ / ‘bahagia’ dengan jawaban dari seorang ‘Chika’ yang mendukung pandangannya. Hmm…Saya hanya menganjurkan Jalan Avraham untuk berdialog dengan orang yang lebih tepat.

Ini jawaban saya: Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah siapa yang mengucapkan ayat-ayat ini dan ditujukan kepada siapa? Mari kita lihat Ulangan 1:1

”Inilah perkataan-perkataan yang diucapkan Musa kepada seluruh orang Israel di seberang sungai Yordan, di padang gurun, di Araba-Yordan, di tentangan Suf, antara Paran dengan Tofel, Laban, Hazerot dan Di-Zahab” (Ul 1:1).

Ayat ini jelas mengatakan bahwa Musa-lah yang mengucapkannya dan ditujukan pada seluruh orang Israel.

Dari ayat 15 dan 18, kita mendapati bahwa

‘nabi’ yang akan datang itu adalah berasal “dari tengah-tengah Israel”
Dari antara “Saudara-saudara Israel”
“Sama seperti Musa”
Nabi itu akan mengatakan “Segala yang diperintahkan Allah kepadanya”

Inilah ciri-ciri orangnya, dia harus berasal dari Israel dan dari saudara-saudara Israel.

Siapakah saudara Israel? Israel adalah nama lain dari Yakub anak Ishak (Kej 32:28). Saudara kandung Yakub adalah Esau (Kej 25:21-26). Esau yang menurunkan bangsa Edom, sebenarnya juga bukan ‘saudara’ Israel (bdk Rom 9:4-13). Yang dimaksud dengan “saudara-saudara Israel” jelas menunjuk pada 12 suku Israel. 12 suku bangsa Israel adalah anak-anak Yakub (Kej 35:22b-26).
Ciri selanjutnya adalah orang tersebut harus sama seperti Musa yaitu berasal dari Israel, menyatakan kuasa Allah melalui mujizat dan seorang yang membawa / mengajarkan Firman Tuhan. Musalah yang membawa Taurat/Perjanjian Lama dan Injil / Perjanjian Baru / Kristus adalah kegenapan / tujuannya.


Jalan Ibrahim :

Albert…seandainya nubuatan itu untuk Nabi Jesus Kristus maka bagaimanakah anda memahami ayat Nubuatan dibawah..?

Ulangan 34:10 Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi Nabi yang bangkit di antara orang Israel..

Albert R :

Tidak ada lagi nabi yang bangkit”, menunjukkan bahwa setelah Musa, maka tidak akan ada lagi nabi yang bangkit yang sama seperti Musa, sampai ‘Dia’ yang dinubuatkan dalam Ul 18:15 hadir.

Jalan Ibrahim :

Sebetulnya tidak perlu serumit itu mempertemukan dua ayat itu, Albert temanku…

Bahwa kenabian itu diberikan kepada bangsa lain selain bangsa Bani Israel sangat jelas…

Diberikan kepada Bangsa Saudara Israel…

Saudara Israel ada dua kemungkinan

Esau..

atau anak-anak paman Israel, yakni Bani Ishmael

Baik Esau maupun Ismael keduanya menurut ALkitab menurunkan bangsa yang dibenci bangsa Yahudi…

Yakni Bangsa …..

Albert.R :

Teks dalam Ulangan 18:15,18, sangat jelas bahwa nabi yang dimaksud adalah dari Bani Israel. Ayat itu tak bicara pada Esau saudara kandung Israel, karena Israel dan Edom / keturunan Esau adalah dua bangsa yang berbeda. Isarel adalah bangsa yang diberkati / anak perjanjian sedangkan Esau ‘ditolak’.
Itu juga tidak mungkin menunjuk pada keturunan Ismael, karena Ismael itu bukan ‘saudara’

Jalan Ibrahim:

Itulah letak kesulitannya temanku..

Ulangan 34:10 Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi Nabi yang bangkit di antara orang Israel..

Jika tidak ada lagi Nabi seperti Musa yang bangkita diantara orang Israel..

Maka tentulah anda paham bahwa yang dibangkitkan adalah dari “Saudara

Albert.R:

Saya tidak merasa sulit teman…
Jika anda memahami Ul 34:10 seoerti itu, maka akan bertentangan dengan Ul 18:15 dan 18, yang mengatakan bahwa nabi itu akan muncul dari “tengah-tengah Israel” (bukan dari bangsa lain yang manapun juga) dan dari “saudara-saudara Israel” (12 suku Israel).

Jalan Ibrahim:

Ya…okelah jika demikian..

Jika anda berkeras demikian, maka kami pun tidak menolak jika yang dimaksud adalah Yesus Kristus..

Karena kami pun meyakini bahwa Yesus Kristus adalag Nabi seperi Musa..

dan Musa adalah hamba Tuhan dan utusanNya untuk Bani Israel..

Nabi Musa bukan Tuhan dan Musa juga bukan anak Tuhan..

Kami sepakat dengan anda..

Yesus bukan Tuhan dan Yesus juga bukan anak Tuhan..

Nabi Yesus adalah Nabi seperti Musa..

Kami sepakat

Albert.R:

Nabi Musa bukan Tuhan dan Musa juga bukan anak Tuhan..

Kami sepakat dengan anda..

Albert: Ok

JA: Yesus bukan Tuhan dan Yesus juga bukan anak Tuhan..

Kami sepakat

Albert: Saya tidak sepakat dengan ini.

Jalan Ibrahim:

lho..bagaimana ini..Setelah kami mengalah dan setuju dengan anda bahwa yang dimaksud Nabi seperti Musa adalah Yesus, anda malah tidak sepakat?

Kalau anda meyakini bahwa Musa  bukan Tuhan dan bukan anak Tuhan, maka konsekuensinya Yesus pun bukan Tuhan dan bukan anak Tuhan…

Jika tidak maka Yesus bukan NABI SEPERTI MUSA..

Silakan pilih….

A.Yesus adalah NABI seperti MUSA

B. Yesus Bukan NABI seperti MUSA

10 Komentar

  1. Apa yang anda copy / kutip ini, tidak lengkap. Silahkan lihat kembali disini:
    http://www.facebook.com/notes/albert-rumampuk/islam-dalam-alkitab/150960391603349.

    Disitu dijelaskan bahwa anda sebenarnya tidak cocok menjadi ‘penafsir’ tapi lebih cocok menjadi TUKANG SULAP !

  2. kpd jalan ibrahim:
    bapak udh baca ulangan 34:10 tetapi bapak blm membaca ayat ke 11 dst
    Nabi Musa adalah nabi yang terakhir dalam hal melakukan muzizat terhapap bangsa israel keluar dari mesir…
    Saya mohon kl membaca sejarah nabi di Alkitab tolong Bapak jgn sepenggal membacanya ya… Dan kl mengomentari dgn lengkap donk dibaca

  3. buat ucok juga, kalau baca alkitab dipahami dong. jangan cuma dibaca….. hehe…… karena sebenarnya ucok bukan mengikuti ajaran yesus. tapi ajaran paulus… hahahahahaha

  4. ya, inilah salah satu kehebatan jalanibrahim ini. kepintarannya hanyalah mengedit kata kata, ujung ujung membelokkan presepsi orang kearah yang salah.
    jalan ibrahim ini hanya mencari pembenaran tetapi tidak mencari kebenaran itu sendiri.

    anggaplah nabi sebagai jabatan seseorang, apakah orang yang sama tidak boleh rangkap jabatan?

    sekadar tambahan untuk albert, kita sedang menghadapi kelompok yang tidak mengerti beda arti terjemahan dan tafsiran. ( orang yang habis menunaikan ibadah haji aja mendapat “gelar” haji, padahal orang diarabnya sendiri tidak ada yang dipanggil “pak haji dalam kehidupan sehari-harinya. sudah salah kaprah bangga lagi. )

  5. Mas, coba liat ayat yg menjelaskan yesus berkata akan diutus seorang penghibur, penghibur dalam bahasa yunani adalah paraclete, namun ketika mengatakan itu Yesus tdk menggunakan bahasa yunani bkn? Yesus berbahasa Ibrani, dan paraclete dalam bahasa ibrani adalah HAMIDA, dr akar kata H-M-D, ini menunjuk pada Ahmad (Muhammad). Persis seperti yg tertulis di Al Qur’an.

  6. intinya buat teman2 yg beragama nasrani pelari bahasa ibrani,,dan baca kitab orang kristen yg berbahsa ibrani…karna dari merekalah sejarah taurat dan injil…cocokkan dengan yg ada di kitab yg berbahasa indonesia sama apa tidak klu sama .ok klu ga sama jagan di turuti..karnah di indonesia tidak ada kitab sucih dari tuhan di turunkan, semuahnya itu berasal dari timur tengah,bila ada yg kurang 1 ayat berarti kitab itu tidak sucih ,,karnah yg dikatakan sucih dlm arti bhs indonesia adalah yg tidak kurang 1pun atau cacat sedikitpun,,jangan mengartikan sucih klu ada yg cacat walaupun itu secuil .itu tidak ada dlm bhs indonesia ,tidak lengkap itu tidak sempurnah,,tidak sempurnah itu berarti ada yg kurang,dan yg ada trus di kurangi atau di hilangkan berrti itu sudah tidak sucih lagi,,itulah arti bhs sucih indonesia

  7. mohon maaf, ada baiknya kita tidak saling berdebat. sebab toh manusia tidak akan pernah dapat menyelamatkan dirinya. keselamatan itu adalah anugerah. so… marilah kita memohon hikmat dari Tuhan tuk mengerti jalan-Nya, bukan dengan hikmat manusia. Salam Kasih untuk semua.

  8. sebenarnya sangat lucu ALbert ini, entah dia tidak faham bahasa indonesia atau memang dia tidak faham akan isi alkitabnya, padahal sudah sangat jelas yang akan dibangkitkan itu “Nabi seperti Musa” bukan “tuhan”😀 apa dengan ngotot menyatakan nabi yang dimaksud ‘nabi’ yang akan datang itu adalah Yesus adalah bentuk persetujuan bahwa Yesus cuma seorang ‘nabi’ ??

    #think

  9. yesus memang baik
    dia rela di siksa di kayu salib demi menebus dosa dosa umatnya


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s