Sabat Kudus dalam perselisihan Yahudi Nasrani dan Islam kaum Muslimin


Jika anda bertanya mengapa Islam tidak menguduskan hari Sabat sebagaimana yang diperintahkan oleh Tuhan dalam Taurat?

Maka ada dua jawaban dari kami..

Pertama, karena Sabat hanya khusus untuk  bangsa Israel saja bukan untuk selain mereka. Kitab Kejadian yang merupakan dalil tentang perintah pengkudusan hari Sabat sangat jelas menunjukkan bahwa Sabat di perintahkan kepada keturunan umat Bani Israel..

Kitab Keluaran 31:12-13
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

Keluaran 31:16
Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.”

Kedua, jika benar bahwa Sabat jatuh pada hari Sabtu, maka jikalau semua yang tertulis di Alkitab benar, seharusnya anda harus masuk Islam dan beribadah pada hari Jumat. Karena tersebut dalam Yosua 10:12-13

Kitab Yoshua 10:12-13
Lalu Yosua berbicara kepada Tuhan pada hari Tuhan menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: “Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!” Maka berhentilah matahari dan bulan pun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh.

Kalau ayat tersebut benar bahwa matahari diam tidak terbenam selama sehari penuh, berarti pernah terjadi ada satu hari yang perhitungannya dimajukan. Artinya Sabat hari Sabtu, dimajukan hari Jumat, sebab pernah terjadi sepeninggal Nabi Musa, sehari lamanya 48 jam. Inilah hari yang diperselisihkan dikalangan umat Yahudi sendiri dan juga Nasrani tentang penentuan hari yang kudus. Kalangan Nasrani dari golongan Advent merayakan Sabat di hari yang sama dengan umat Yahudi dihari ini sementara golongan Nasrani lainnya merasa bahwa dengan adanya keterlambatan itu justru hari Ahad (Minggu) merupakan Sabat sesungguhnya.

Maka Allah telah menerangkan kepada NabiNya tentang hari yang mereka perselisihkan itu..Dan kebenaran milik Allah Yang Maha Tinggi diberikan kepada hambaNya yang mana saja Dia sukai..

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ أَنَّ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ هُرْمُزَ الْأَعْرَجَ مَوْلَى رَبِيعَةَ بْنِ الْحَارِثِ حَدَّثَهُ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ نَحْنُ الْآخِرُونَ السَّابِقُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بَيْدَ أَنَّهُمْ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِنَا ثُمَّ هَذَا يَوْمُهُمْ الَّذِي فُرِضَ عَلَيْهِمْ فَاخْتَلَفُوا فِيهِ فَهَدَانَا اللَّهُ فَالنَّاسُ لَنَا فِيهِ تَبَعٌ الْيَهُودُ غَدًا وَالنَّصَارَى بَعْدَ غَدٍ

Mengabarkan kepadaku Abul Yaman berkata mengabarkan Syuaib kepadaku bahwa mengabarkan kepadaku Abu Zinad bahwasanya Abdurrahman bin Hurmuz al A’raja seorang maula dari Rabi’ah bin Harits mengabarkan bahwa ia mendengar :

Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah bersabda, “Kami adalah orang-orang kemudian yang mendahului pada hari kiamat. Hanya saja mereka diberi kitab sebelum kita. Kemudian hari mereka ini yang telah difardhukan oleh Allah telah diperselisihkan oleh mereka. Maka, Allah memberi petunjuk kepada kita. Lantas manusia mengikuti kita mengenai hari itu, orang-orang Yahudi besoknya (hari Sabtu), dan orang-orang Nasrani besok lusa (hari Ahad).” ( Shahih Bukhari Bab Jum’at no Hadits 827 CD Maktabah Syamilah versi 3.28 )

Maka inilah hari Jum’at hari yang penuh berkat bagi para makhluk Tuhan..

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (al Jumu’ah: 9)

20 Komentar

  1. So….Bahwa yg menghapus hari sabat itu juga islam???,lihat donk orang2 asing juga
    harus melakukan sabat

    ..apakah anda melakukan sabat di hari jumat??!!

    • Dalil kami jelas dan lugas

      Kitab Keluaran 31:12-13
      Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

      Ketika anda mengatakan bahwa ORANG ASING harus melakukan sabat, maka kami katakan MANA DALIL ANDA?….Thanks

      • 1. Sebelum bangsa Israel ada, Allah telah menguduskan hari Sabat di masa Penciptaan. Kejadian 2:1-3. Adam dan Hawa bukanlah tergolong dari bangsa Israel karena mereka manusia pertama diciptakan Allah. Namun demikian, mereka turut menguduskan hari Sabat.
        ====>Jawab: Bisa anda berikan sumber Alkitab bahwa ADAM HAWA TURUT MENGKUDUSKAN SABAT?

        2. Dalam hukum yang ditulis Allah di atas dua loh batu itu, tidaklah dituliskan nama bangsa Israel (Keluaran 20:3-17). Dengan demikian semua bangsa wajib menguduskan hari Sabat karena hukum Allah tidak hanya berlaku untuk golongan tertentu tetapi untuk semua.
        ====>Jawaban :Jika semua bangsa wajib mengkuduskan sabat, maka mengapa Musa tidak memerintahkan kepada bangsa Moab bangsa Kaanan atau Yebusi atau bangsa sekitar BANI ISRAEL lainnya?

        3. Allah memerintah Musa untuk menyampaikannya kepada bangsa Israel karena pada saat itu Musa sedang memimpin bangsa Israel bukan bangsa Moab, bukan pula bangsa Kanaan, bukan pula bangsa Yerikho.
        ====>Jawaban: Benar…MUSA diutus untuk BANI ISRAEL..

        • y…. saya percaya itu…
          trima aksih banyk ats smua yg anda tulis kan….
          saya senang dgn jwbn anda,,
          karna smua informasi yang anda beri kn menjadi tambahan ilmu bagi saya…..
          dengan ini saya nyatakan bahawa kitab suci al-quraan beserta hadist dan rassul nya adalah benar-benar nyata…
          dan tidak di karang karang dari sampai sekarang…..

          saya bernama yg menulis kan kata kata ini
          Hidayat Ali Nasution……

          • y…. saya percaya itu…
            trima aksih banyk ats smua yg anda tulis kan….
            saya senang dgn jwbn anda,,
            karna smua informasi yang anda beri kn menjadi tambahan ilmu bagi saya…..
            dengan ini saya nyatakan bahawa kitab suci al-quraan beserta hadist dan rassul nya adalah benar-benar nyata…
            dan tidak di karang karang dari dulu sampai sekarang…..

            saya bernama yg menulis kan kata kata ini
            Hidayat Ali Nasution……

  2. Alhamdulillah. .
    Mendapat pencerahan baru,

    jazakillah khoir abi. . .

    Kaum Nashrani mengalami kerancuan menentukan ‘Hari Sabat’.

    Terlebih utk mengamalkan yg diperintahkan dlm Hari Sabat tsb.

    Apa lagi seh yg mau dipertahankan dg kerancuan tsb?
    Tinggalkan saja. . .🙂

  3. ,baca dong alkitab lagi bu,jgn diambil sepotong2,
    ibu bergelar doktor kan??,kenapa malu2in ya.

  4. Yg rancu itu ibrahim

  5. Sorry Jack! Umat Islam ibadah hari jum’at ada dalilnya, gak kayak umat Kristen yg beramal tanpa ilmu.
    Al Jumu’ah ayat 9. Sekarang mana dalilnya Kristen ibadah hari minggu? Ingat! Jangan asbun. Kita ini manusia, bukan binatang (domba). Ok?

    • saudara2ku mengapa dalam alquran di ceritakan tentang sabat/hari ke tujuh? apa gunanya bagi muhammad?

      =====>Jawab: Untuk mengkisahan perbuatan abai umat terdahulu terhadap perintah Tuhannya…Sebagaimana dalam AlQUR’AN diceritakan Abraham diperintah menyembelih anaknya

  6. Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah bersabda, “Kami adalah orang-orang kemudian yang mendahului pada hari kiamat. Hanya saja mereka diberi kitab sebelum kita. Kemudian hari mereka ini yang telah difardhukan oleh Allah telah diperselisihkan oleh mereka. Maka, Allah memberi petunjuk kepada kita. Lantas manusia mengikuti kita mengenai hari itu, orang-orang Yahudi besoknya (hari Sabtu), dan orang-orang Nasrani besok lusa (hari Ahad).” ( Shahih Bukhari Bab Jum’at no Hadits 827 CD Maktabah Syamilah versi 3.28 )

    Kesalahan islam adalah melakukan penghakiman kepada sesuatu atau subyek yang tidak bersalah dan masuk katagori keji. Pertama, tidak benar ada perseteruan antara YAHUDI, NASRANI dan KRISTEN dalam memandang Hari Sabbath. Saya punya kenal rahiib Yahudi penganut Yudeo Kristian dan Yudaism bahwa tidak menjadi masalah karena konteks Sabbath adalah ahad yang jatuh masa satu hari Allah istirahat setelah menciptakan. Kuduskanlah hari Sabath telah dilakukan oleh umat Kristen dengan ke gereja di hari sabtu atau Minggu. Sabtu dan Minggu juga waktu libur di Indonesia …

    Pertanyaannya adalah mengapa Islam memindahnya di hari Jum;at?

  7. Jawabannya adalah Allah yang maha mengetahui lah yang memberi petunjuk tentang hari itu.

  8. Jawabannya: karena Allah yang maha mengetahui lah yang memberi petunjuk tentang hari itu.

  9. Bukan Islam yang memindahkan hari jum’at, tapi Allah. Lihat donk Surah Al Jumu’ah…. Pada melek huruf kan?

  10. btul btul btul🙂

  11. Nah ,tapi kenapa kalau allah mengakui Yesus adalah anaknya Islam tidak percaya??Sebab Allah lah yang mengatakan bahawa Yesus adalah anaknya Allah..Kerana penyataan demikian umat Islam menjelasin alkitab sudah diubahkan..nah..kalau al-quran pun berubah..

    • @lana
      1. tak ada ayat alqur’an yg menyatakan bahwa yesus adalah anak allah, bahkan sebaliknya alqur’an menyatakan bahwa allah tidak mempunyai anak.

      2. injil yg dimaksud oleh alqur’an adalah sebuah kitab yang diberikan allah kepada isa a.s. Alqur’an tdk pernah menyebut adanya injil selain yg diberikan kepada isa a.s.
      (alqur’an surah 05:48).

      • Tolong baca al-baqarah 65 MELANGGA SABAT JADI KERA YG HINA.

        HARI SABAT = PERJANJIAN YG KOKOH 4.AN-NISA 154

  12. Karna yg nulis orang muslim, jadi yg benar ăkan selalu muslim…dari dulu begitu sifatnya kepada org diluar muslim,..kami mau sembah pohon kek, batu kek, apa saja, yg kami mau, nanti lihat dihari Isa almasih datang siapa umat yang tepilih,muslim kek,org jawa kek,org irian kek Ǐ†Ʊ tanggung jawab kami dihadapan Allah..jadi tidak usalah usik agama orang, pasti bumi ăkan damai…

  13. Informasi yang bermanfaat…. Thanks


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s