Nubuat dalam KITAB ZAKARIA 3 ZECHARIAH 3 tentang NABI YOSHUA YESHUA YESUS KRISTUS sebagai NABI PEMBUKA datangnya NABI BESAR MUHAMMAD sholallahu alaihi wassalam


Inilah pasal Nubuatan, nubuatan yang menakjubkan dalam KITAB ZAKARIA bahwa YESUS KRISTUS (YSHUA) NABI dari NAZARET dan 12 RASUL HAWARIYYIN adalah PEMBUKA JALAN bagi kedatangan SANG NABI BESAR…MUHAMMAD sholallahu alaihi wassalam..

Zakaria 3:8. Dengarkanlah, hai IMAM BESAR YESUS! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu–sungguh kamu merupakan suatu lambang. Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas.

Benarkah Yesus seorang Imam Besar, mari kita lihat dalam ALKITAB bahwa yang dimaksud Yshua dalam Zakaria 3 adalah Imam Besar YESUS.

Ibrani 4:14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus

Ibrani 8:1-3 Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga, dan yang melayani ibadah di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Tuhan dan bukan oleh manusia.  Sebab setiap Imam Besar ditetapkan untuk mempersembahkan korban dan persembahan dan karena itu Yesus perlu mempunyai sesuatu untuk dipersembahkan.

Mengapa yang dimaksud bukan YOSHUA bin NUN pengganti NABI MUSA atau YOSHUA bin YOZADAK? Maka jawabnya adalah bukan. Mengapa? Karena YOSHUA bin NUN tidak pernah menjadi IMAM BESAR karena syarat menjadi IMAM haruslah berasal dari keturunan LEWI dan YOSHUA bukan keturunan LEWI. Dalam ibadah bangsa Israel, keimaman yang resmi berkembang diantara suku Lewi (suku keturunan Harun) pada masa Musa :

Keluaran 28:1 “Engkau harus menyuruh abangmu Harun bersama-sama dengan anak-anaknya datang kepadamu, dari tengah-tengah orang Israel, untuk memegang jabatan imam bagi-Ku — Harun dan anak-anak Harun, yakni Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar.

Dan mengapa bukan YOSHUA bin YOZADAK? Bukan , karena

 

Sekarang marilah kita ikuti ayat demi ayat dalam PASAL 3 Kitab Nabi Zakaria ini dan kita akan mendapati benang merah yang menghubungkan PERJANJIAN LAMA…BARU….dan TERBARU!!

Ikuti kupasan kami dari awal..

3:1. Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis berdiri di sebelah kanannya untuk mendakwa dia.
3:2 Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: “TUHAN kiranya menghardik engkau, hai Iblis! TUHAN, yang memilih Yerusalem, kiranya menghardik engkau! Bukankah dia ini puntung yang telah ditarik dari api?”
3:3 Adapun Yosua mengenakan pakaian yang kotor, waktu dia berdiri di hadapan Malaikat itu,
3:4 yang memberikan perintah kepada orang-orang yang melayaninya: “Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu dari padanya.” Dan kepada Yosua ia berkata: “Lihat, dengan ini aku telah menjauhkan kesalahanmu dari padamu! Aku akan mengenakan kepadamu pakaian pesta.”
3:5 Kemudian ia berkata: “Taruhlah serban tahir pada kepalanya!” Maka mereka menaruh serban tahir pada kepalanya dan mengenakan pakaian kepadanya, sedang Malaikat TUHAN berdiri di situ.
3:6 Lalu Malaikat TUHAN itu memberi jaminan kepada Yosua, katanya:
3:7 “Beginilah firman TUHAN semesta alam: Apabila engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan melakukan tugas yang Kuberikan kepadamu, maka engkau akan memerintah rumah-Ku dan mengurus pelataran-Ku, dan Aku akan mengizinkan engkau masuk ke antara mereka yang berdiri melayani di sini.

3:8. Dengarkanlah, hai imam besar Yosua! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu–sungguh kamu merupakan suatu lambang. Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas.
3:9 Sebab sesungguhnya permata yang telah Kuserahkan kepada Yosua–satu permata yang bermata tujuh–sesungguhnya Aku akan mengukirkan ukiran di atasnya, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan Aku akan menghapuskan kesalahan negeri ini dalam satu hari saja.
3:10 Pada hari itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, setiap orang dari padamu akan mengundang temannya duduk di bawah pohon anggur dan di bawah pohon ara.”

Pasal diatas bahkan akan sangat sulit dimengerti jika yang dimaksud bukan NUBUATAN, akan tetapi akan sangat masuk akal jika yang dimaksud adalah penglihatan yang  ditampakkan kepada NABI ZAKARIA akan suatu hal yang akan terjadi. Marilah kita kupas ayat yang pertama

3:1. Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis berdiri di sebelah kanannya untuk mendakwa dia.

Tampak pada ayat pertama ini Nabi Zakaria diperlihatkan dalam mimpi kenabian beliau, sesosok manusia yang bernama YSHUA, bisa dibaca YESHUA atau YOSHUA. Perlu anda ketahui bahwa nama YESUS adalah NAMA YUNANI, dimana nama IBRANI beliau dalam HURUF IBRANI  ישוע adalah Y-SH-U-A dan lebih mudah dibaca sebagai YESHUA atau YOSHUA mengingat nama huruf IBRANI tidak mengenal TANDA BACA VOKAL. Nama YOSHUA dalam kebudayaan IBRANI sangat umum dikenal sebagai nama YAHUDI dari YESUS akan tetapi nama ini KURANG DIKENAL oleh umat KRISTIANI di hari ini yang lebih menyukai nama Yunani sebagai YESUS. Nama YESUS lebih dikenal karena nama YESHUA atau YOSHUA mengalami proses apa yang disebut HELLENISASI, dimana bahasa YUNANI saat itu sangat mendominasi dunia TIMUR TENGAH yang mengakibatkan nama YOSHUA atau YESHUA mendapatkan akhiran US  menjadi  Y-SH-U-US…YESUS. Pada link http://www.keyway.ca/htm2008/20080327.htm anda akan mendapatkan kepastian dari para komentator ALKITAB bahwa YOSHUA yang dimaksud disini adalah YESUS KRISTUS itu sendiri…

3:2 Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: “TUHAN kiranya menghardik engkau, hai Iblis! TUHAN, yang memilih Yerusalem, kiranya menghardik engkau! Bukankah dia ini puntung yang telah ditarik dari api?”

Tampak disini bahwa seorang Malaikat melaknat IBLIS dengan ucapan dalam versi INGGRIS “The LORD rebuke thee, O Satan; even the LORD that hath chosen Jerusalem rebuke thee” yang lebih tepat jika terjemahannya adalah “Semoga TUHAN melaknat engkau wahai IBLIS!!”

3:3-5 Adapun Yosua mengenakan pakaian yang kotor, waktu dia berdiri di hadapan Malaikat itu yang memberikan perintah kepada orang-orang yang melayaninya: “Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu dari padanya.”Kemudian ia berkata: “Taruhlah serban tahir pada kepalanya!” Maka mereka menaruh serban tahir pada kepalanya dan mengenakan pakaian kepadanya, sedang Malaikat TUHAN berdiri di situ.

Pakaian yang kotor semacam perlambang adalah fitnah yang dilakukan oleh kekafiran YAHUDI yang ingin membunuh Yesus/ Yeshua/ Ieshua/ Isa dan menimbulkan fitnah yang berkelanjutan hingga menimbulkan perbantahan tentang misteri terbunuhnya beliau dalam penyaliban. Akan tetapi fitnah ini dengan izin ALLAH dijelaskan dalam ALQUR’AN

(Ingatlah), ketika Allah berfirman, “Hai `Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya.” (QS. Ali Imran (3) : 55),

Dan didalam teks ZAkaria diatas tampak pembersihan nama YESUS dari PEMBUNUHAN PENYALIBAN.

“Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu dari padanya.”Kemudian ia berkata: “Taruhlah serban tahir pada kepalanya!” Maka mereka menaruh serban tahir pada kepalanya

Setelah itu datanglah ucapan seorang Malaikat menyampaikan wahyu Tuhan Semesta Alam kepada Yesus Kristus Nabi yang diselamatkan dan disucikan dari PEMBUNUHAN :

3:6-8 Lalu Malaikat TUHAN itu memberi jaminan kepada Yosua, katanya “Beginilah firman TUHAN semesta alam: Apabila engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan melakukan tugas yang Kuberikan kepadamu, maka engkau akan memerintah rumah-Ku dan mengurus pelataran-Ku, dan Aku akan mengizinkan engkau masuk ke antara mereka yang berdiri melayani di sini. Dengarkanlah, hai imam besar Yshua! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu–sungguh kamu merupakan suatu lambang. Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas.

Tampak sekali dari bunyi Firman diatas bahwa Yesus Kristus Nabi dari Nazaret  dan 12 Hawariyyin murid dan pengikut beliau adalah pertanda datangnya hamba Tuhan, hamba yang merupakan penutup dari RANTAI KENABIAN. Seorang NABI BESAR  akan datang setelah diangkatnya YSHUA YESUS KRISTUS dan mentahirkan nama beliau dari fitnah penyaliban yang menghinakan. Setelah itu ayat berlanjut tentang misi yang diemban Yshua Yesus Kristus Nabi dari Nazaret

3:9-10 Sebab sesungguhnya permata yang telah Kuserahkan kepada Yosua–satu permata yang bermata tujuh–sesungguhnya Aku akan mengukirkan ukiran di atasnya, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan Aku akan menghapuskan kesalahan negeri ini dalam satu hari saja.Pada hari itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, setiap orang dari padamu akan mengundang temannya duduk di bawah pohon anggur dan di bawah pohon ara.”

Misi sang Nabi Yshua Isa Al Masih adalah ….

Wallahu a’lam bish shawab.

29 Komentar

  1. Halah, goblok, yang bernama yosua itu pengganti musa, yang mengusir orang” kanaan, orang goblok, lu muslim paling goblok yg pernah gua liat,

    • Anda lupa bahwa NAMA IBRANI YESUS adalah YOSHUA

      • Bro, yang bernama yesus di dalam alkitab lebih dari 1 tu….

      • ini cerita sebenarnya jgn asal ngarang aj..>> Yosua bin Yosedek, Imam Besar pada masa pemulihan thn 537 sM. Pada zamannya dibangun kembali mezbah dan Bait Suci ditahbiskan. Tapi laju pemulihan itu dihalangi oleh perlawanan. Untung pada thn 520 sM hatinya diteguhkan oleh nubuat-nubuat Hagai dan Zakharia, yg juga mencakup pembenaran oleh kasih karunia Allah yg nyata (Za 3). Dalam nubuat Yosua disebut ‘Tunas’ (tsemakh, Za 6:12). Lih J Stafford Wright, The Building of The Second Temple, 1958, untuk ikhtisar masalah-masalah dalam Ezr dan Hag.

      • bung, Anda itu sekolah mana sich? bisa dapat ilmu menafsirkan Alkitab itu dari mana? sepertinya bung ini cuma bisa mencocok-cocokkan, seperti orang mencocokkan sepatu, kalau gak pas, dicari yang lain yang pas sesuai dengan ukuran kaki…nach kerjaan itu yang bung lakukan…mencocok-cocokkan ayat di dalam alkitab supaya cocok dengan Nabi Besar Anda itu…..klo gak cocok, dicari lagi yang cocok….bung, Sadar….

  2. waduh nih org ga ngebaca Alkitab, bisa ngakimi……..
    mas, mending so ganteng ketimbang so tau……………

  3. Bener – bener ni orang SOK TAU……………

    Kalau baca ALKITAB hanya ngandalin pikiran doang ya,.. begini jadinya
    Kosong Semua………

    • jadi harus ngandalin apa?

      • ngandalin yang di berikan Nya

        • memangnya pikiran itu bukan karyaNya dan pemberianNya?

  4. PERJANJIAN LAMA => PERJANJIAN BARU => PERJANJIAN TERAKHIR.

  5. mantap..sangat mencerahkan

  6. Suatu penelaahan yang berdasarkan Alquran. Sungguh suatu permasalahan yang besar. tetapi anda tidak menyangkal kebenaran yang ada dengan menghilangkan manfaat kata2. Anda kurang menjelaskan kata2 nama Yoshua dan mengalihkan nya menjadi Nama YESUS.

    Memang ada kemiripan dalam perkataan Yosua dan Yesus dalam bahasa ibrani, dengan sombongnya anda mentafsirkan bahwa yesus dan 12 hawariyin ini merupakan pendahulu dari Nabi Muhamad.

    Jelas sudah diceritakan dalam perikop ZAKARIA yang anda kutip itu menjelaskan tentang Yosua yang telah dibawa kepada hadapan ALLAH dengan tuduhan yang dibuat oleh IBLIS. Kata kunci pakaian kotor, dan pakaian pesta, anda SENGAJA lewatkan untuk mencapai tujuan utama anda dalam mengajarkan tentang ISLAM.

    Lalu anda dengan sengaja telah tidak menjelaskan ayat ini menceritakan tentang Imam Besar Yosua yang bukan Yesus.

    Dari ayat yang anda kutip jelas sekali anda tidak berani mengambil satu kesatuan penglihatan Nabi Zakaria dari awal, karena akan mementahkan sendiri tujuan dan pendapat anda secara pribadi.

    Sia2, sungguh sia2 yang anda lakukan ini. Bertobatlah, karena Kristus mengasihimu.

    Shallom Alleikhem be shem ha masiach.

  7. YG PASTI,,DI AL KITAB ITU ADA PENJELASAN BAHWA AKAN HADIR NB AHIR ZAMAN,,NAMA AHMAD,,AYAT ITU SDAH DI HAPUS…TIDAK MUNGKIN NB ISA TIDAK MENGETUI AKAN ADA TOKOH DUNIA YG AKAN MELANJUTKAN PERJUANGANYA…

  8. SEBETULNYA AHLI2 ALKITAB ITU TAU KOK KALAU DI ALKITAB ADA PEMBERI TAUAN BHW KELAK ADA NB YG BERNAMA MUHAMMAD..HANYA AYAT2 ITU SENGAJA DI HILANGKAN,,,,

    • siapa2 aja ahli2 ALKITAB??

  9. dongeng muslim…bobo lagi ah..abiz dengerin seribu satu malam..zzzz

  10. 18:18-27 = Orang kaya sukar masuk Kerajaan Allah
    (Mat 19:16-26; Mr 10:17-27)

    Terjemahan Baru
    (18) Ada seorang pemimpin bertanya kepada Yesus, katanya: “Guru yang baik, apa yang harus aku perbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”
    (19) Jawab Yesus: “Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja.

    Bahasa Indonesia Sehari Hari
    (18) Seorang pemimpin Yahudi bertanya kepada Yesus, “Pak Guru yang baik, saya harus berbuat apa supaya dapat menerima hidup sejati dan kekal?”
    (19) “Mengapa kaukatakan Aku baik?” tanya Yesus kepadanya. “Tidak ada yang baik, selain Allah sendiri.

    English [Amplified]
    (18) And a certain ruler asked Him, Good Teacher [You who are essentially and perfectly morally good], what shall I do to inherit eternal life [to partake of eternal salvation in the Messiah’s kingdom]?
    (19) Jesus said to him, Why do you call Me [ essentially and perfectly morally] good? No one is [ essentially and perfectly morally] good–except God only.

    sumber: http://alkitab.otak.info/index.php?hal=lihatPasal&injil=42&pasal=18&ayat=9#9

    yesus mengaku tidak baik (bisa bikin dosa)
    tuhan baik
    absolut yesus bukan tuhan!!!
    wassalam

  11. Inilah pasal Nubuatan, nubuatan yang menakjubkan dalam KITAB ZAKARIA bahwa YESUS KRISTUS (YSHUA) NABI dari NAZARET dan 12 RASUL HAWARIYYIN adalah PEMBUKA JALAN bagi kedatangan SANG NABI BESAR…MUHAMMAD sholallahu alaihi wassalam..

    Zakaria 3:8. Dengarkanlah, hai IMAM BESAR YESUS! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu–sungguh kamu merupakan suatu lambang. Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas.
    ——————–
    oh ya………Yesus Kristus sudah ada pada jaman nabi zakaria, dan Ia menjadi Imam Besar?! hahahaha……….kalo ngarang harus pintar2 dikit supaya gak keliatan bodoh!

  12. saudara jalanibrahim, anda kalau ngedit ayat itu yang konsekuen. disini ngomong begini disana ngomong begitu?!
    Masih ingat kitab wahyu 22:16 yang telah kamu bahas dalam tulisanmu yang lainnya?

    Zakaria 3:8. Dengarkanlah, hai IMAM BESAR Yosua! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu–sungguh kamu merupakan suatu lambang. Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas.

    temukan dengan ayat ini!

    Wahyu 22:16 “Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.”

    Aku,Yesus -> Aku adalah tunas

    apakah jalanibrahin dan 6666 mau membantah ayat ini juga dan kemudian mengganti menjadi muhammad!

    kamu kalau mau belajar penyutingan teks naskah kuno, sedikit banyak akan tahu naskah mana yang palsu atau bukan ataupun varian.
    teknik penyutingan teks orang yahudi tertutup, dalam artian tidak akan berani mengubah kitab-kitab seenaknya sendiri. dengan adanya temuan naskah dilaut mati sebenarnya sudah menambah bukti bahwa kitab kitab yang ada selama ini isinya adalah otentik/asli.
    bandingkan dengan teknik penyuntingan teks orang arab yang terbuka, hingga alquran pun diedit sedemikan rupa hingga terdapat lebih kurang 4500 varian. yang lainnya dibakar, sisa 1 alquran yang ada sampai sekarang, yang diduga paling mendekati keaslian. itulah cikal bakal alquran yang kamu sebut asli dan tak pernah berubah itu.

    carilah kebenaran dan jangan cari pembenaran🙂
    semoga Roh Kudas membuka jalan pikiran kamu semua.

  13. saudara jalanibrahim, anda kalau ngedit ayat itu yang konsekuen. disini ngomong begini disana ngomong begitu?!
    Masih ingat kitab wahyu 22:16 yang telah kamu bahas dalam tulisanmu yang lainnya?

    Zakaria 3:8. Dengarkanlah, hai IMAM BESAR Yosua! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu–sungguh kamu merupakan suatu lambang. Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas.

    temukan dengan ayat ini!

    Wahyu 22:16 “Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.”

    Aku,Yesus -> Aku adalah tunas

    apakah jalanibrahin dan 6666 mau membantah ayat ini juga dan kemudian mengganti menjadi muhammad!

    kamu kalau mau belajar penyutingan teks naskah kuno, sedikit banyak akan tahu naskah mana yang palsu atau bukan ataupun varian.
    teknik penyutingan teks orang yahudi tertutup, dalam artian tidak akan berani mengubah kitab-kitab seenaknya sendiri. dengan adanya temuan naskah dilaut mati sebenarnya sudah menambah bukti bahwa kitab kitab yang ada selama ini isinya adalah otentik/asli.
    bandingkan dengan teknik penyuntingan teks orang arab yang terbuka, hingga alquran pun diedit sedemikan rupa hingga terdapat lebih kurang 4500 varian. yang lainnya dibakar, sisa 1 alquran yang ada sampai sekarang, yang diduga paling mendekati keaslian. itulah cikal bakal alquran yang kamu sebut asli dan tak pernah berubah itu.

  14. Gelar Imam Besar, itu bukan hanya gelarnya Tuhan Yesus. Di zaman Musa, Imam Besar itu adalah Harun. Di saat Yesus disalibkan, Imam Besar itu adalah Kayafas. Di zaman pembangunan Yerusalem kembali (zaman kerajaan Persia), Imam Besar itu adalah Yosua yg ditulis di Zakharia 3.
    Zakharia 3 itu bukanlah kisah nyata, tapi penglihatan atau khayal. Yosua yg dibahas di dalam Zakharia 3 adalah orang berdosa yg berpakaian kotor oleh dosa. Apakah Yesus itu berdosa?????????????????????
    Hati-hati saudara-saudari, banyak nabi palsu yg mencoba menyesatkan dengan memakai Alkitab, seperti yg Setan lakukan kepada Tuhan Yesus dengan memakai “ada tertulis”.

  15. Intinya kalau mau mengerti yang sebenarnya mengenai Alkitab, sebaiknya sekolah Alkitab dulu, ikuti sampai menyeluruh, baru bicara .. biar ngak di ketawain. GBU

  16. hahah…syalommmm……apapun itu….kunci pegangan kita kristen tri tunggal..apapun katanya terserah dia… dia mau ke situ silahkan..jangan paksa orang…masuk keyakinan anda… ini semua masi fakta..kbenatran nantilah di pengadilan …..jadi..bagi umat nasrani..jalani sebagai orang kristen..yang gak….jalani hidup kalian

    • kunci pegangan kristen adalah tritunggal? bisa anda sebutkan mana ucapan Yesus mengatakan hal itu?

      • assallamualaikum wr.wb.
        begitu luar biasa Allah menciptakan anda yang cerdas dan trlalu kritis, pernahkah anda memahami diri anda sendiri? untuk bisa memahami yang memberikan kehidupan pada anda? pelajarilah ahli-ahli taurat dan orang farisi. semua berusaha di kotak2 menurut pemikiran mereka, q berdoa Tuhan Yesus membrikan roh kudus sebagai penolong bagi anda untuk bisa memahami iman kristen yang sesungguhnya. pastilah anda akan menjadi saksi kristus yang hidup. yoh 14: 6 pahamilah dengan iman anda.
        wassalamualaikum wr.wb.

  17. syalom

  18. Anda nulis kitab aja sembarangan, jangan merubah-rubah isi alkitab demi argumen lu, gmn lu ini


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s