Tafsir Alkitab Yoh 14:16 dan 1 Yoh 2:1 Misteri Sosok dibalik Parakletos Paraklatos Penghibur Penolong Comforter Advocate Roh Kudus


Siapakah PARAKLETOS YANG LAIN selain YESUS KRISTUS yang datang setelah diangkatnya beliau?

1 Yohanes 2:1. Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang PARAKLETOS pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil…

Ditempat yang lain pada saat YESUS KRISTUS sang NABI masih ada di bumi menyatakan:

Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Dia akan memberikan kepadamu seorang PARAKLETOS YANG LAIN, supaya beliau menyertai kamu selama-lamanya,

Jika sesuai dengan 1 Yohanes 2:1 tadi, jika Yesus pun seorang PARAKLETOS,  maka wajarlah jika PARAKLETOS YANG LAIN yang datang SETELAH BELIAU pun mempunyai sifat seorang MANUSIA sebagaimana YESUS sang PARAKLETOS..

Jika anda mencoba mencari di kamus lexicon Alkitab tentang PARAKLETOS seperti di link berikut, maka anda akan mendapati bahwa salah satu makna dari PARAKLETOS adalah “intercessor” atau “perantara” sebagaimana yang diterjemahkan dalam 1 Yoh 2:1 diatas.

Maka jika ada yang membantah bahwa yang dimaksud PARAKLETOS ini bukanlah berbentuk SOSOK MANUSIA tapi ROH KUDUS maka kita jawab “APAKAH ROH KUDUS belum datang PADA SAAT YESUS MASIH ADA di tengah MURIDNYA?”. Karena syarat kedatangan PARAKLETOS adalah KEPERGIAN YESUS KRISTUS sang NABI.

Yoh 16:7. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur/ Parakletos itu tidak akan datang kepadamu

Sekarang marilah  kita lihat KEBERADAAN ROH KUDUS pada saat YESUS MASIH BERSAMA para murid. Saat pertama pada saat peniupan Roh Kudus kedalam rahim Bunda Mariam bar Imran

Mat 1:18. ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari ROH Kudus

Bahkan ROH KUDUS juga ada di YAHYA atau YOHANES pembaptis

Lukas 1:15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya

Bahkan Elizabet pun penuh dengan ROH KUDUS

Lukas 1:41 dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudu

Atau tampak pada saat MIKVEH sang NABI:

Mat 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat ROH Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,

Atau datang pada saat pencobaan YESUS

Mat 4:1. Maka Yesus dibawa oleh ROH ke padang gurun untuk dicobai Iblis.

Dengan dalil-dalil ALKITABIAH diatas maka PARAKLETOS yang dimaksud tentulah BUKAN SEKEDAR BERBENTUK ROH karena ROH KUDUS sudah ADA ,  BAHKAN SEJAK  MUSA pun telah tercatat keberadaannya:

Keluaran 31:2-3 “Lihat, telah Kutunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda, dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah

Padahal syarat PARAKLETOS YANG LAIN adalah  kedatangannya  SETELAH  MANGKATNYA YESUS menjadi SYARAT KEDATANGAN PARAKLETOS

Yoh 16:7. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur/ Parakletos itu tidak akan datang kepadamu

 

Dengan kata lain, sebagai kesimpulan, jika PARAKLETOS yang dimaksud adalah ROH KUDUS, maka ROH KUDUS telah ada bahkan sebelum YESUS LAHIR dan MASIH ADA BAHKAN saat YESUS ditengah MEREKA. Jelaslah PARAKLETOS yang akan datang bukanlah dari JENIS ROH KUDUS tapi dari jenis MANUSIA

10 Komentar

  1. salam kenal..

    numpang lewat..

  2. Hmm… masih belum pintar2 ya?

  3. bagus mas..

    penjelasan scr pemeriksaan keilmuan mmg menjauhkan dr stigma teroris tukang jagal
    smoga Gusti Allah paring berkah

  4. 18:18-27 = Orang kaya sukar masuk Kerajaan Allah
    (Mat 19:16-26; Mr 10:17-27)

    Terjemahan Baru
    (18) Ada seorang pemimpin bertanya kepada Yesus, katanya: “Guru yang baik, apa yang harus aku perbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”
    (19) Jawab Yesus: “Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja.

    Bahasa Indonesia Sehari Hari
    (18) Seorang pemimpin Yahudi bertanya kepada Yesus, “Pak Guru yang baik, saya harus berbuat apa supaya dapat menerima hidup sejati dan kekal?”
    (19) “Mengapa kaukatakan Aku baik?” tanya Yesus kepadanya. “Tidak ada yang baik, selain Allah sendiri.

    English [Amplified]
    (18) And a certain ruler asked Him, Good Teacher [You who are essentially and perfectly morally good], what shall I do to inherit eternal life [to partake of eternal salvation in the Messiah’s kingdom]?
    (19) Jesus said to him, Why do you call Me [ essentially and perfectly morally] good? No one is [ essentially and perfectly morally] good–except God only.

    sumber: http://alkitab.otak.info/index.php?hal=lihatPasal&injil=42&pasal=18&ayat=9#9

    yesus mengaku tidak baik (bisa bikin dosa)
    tuhan baik
    absolut yesus bukan tuhan!!!
    wassalam

    • hah?? yesus bisa bikin dosa?? dimana tuh ayatnya?? tolong dijwb mas kemal???

  5. Bukanna Yesus adalah Tuhan itu sndri? Mkana Ia blang tak ad yg baik slain Allah itu sndri, jdi mnurut sya Yesus ga pnah bwt dosa.
    Yohanes 20:25a
    Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya:”Kami telah melihat Tuhan!
    Yohanes 20:28-29
    28.Tomas menjawab Dia:”Ya Tuhan dan Allahku!” 29. Kata Yesus kepadanya:” karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya”
    Yohanes 21:12
    Kata Yesus kepada mereka:”Marilah dan sarapanlah.” Tidak ada diantara muris-muris itu yang berani bertanya kepada-Nya: “Siapa Engkau? “Sebab mereka tahu, BAHWA IA ADALAH TUHAN.

  6. Saya membaca tulisan anda, tadinya saya enggan merespon, tapi kemudian ada kesadaran di hati saya untuk sekedar mengingatkan karena saya melihat anda rindu untuk mengetahui kebenaran. Saya sarankan anda untuk berdoa minta tuntunan ALLAH agar diberikan hikmat untuk mengerti kebenaran seperti yang tertulis di Alkitab yaitu di kitab Yakobus 1 : 5 “Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, –yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit–,maka hal itu akan diberikan kepadanya.”
    Tentang apa yang anda ulas di atas, memang benar bahwa Roh Kudus sudah ada di dunia sebelum Tuhan Yesus terangkat ke surga. Tetapi sebelum Tuhan Yesus terangkat ke surga, pekerjaan Roh Kudus masih bersifat khusus demikian juga penyataan keberadaanNya masih secara khusus ( di dalam perjanjian lama secara khusus hanya kepada nabi-nabi, bukan kepada khalayak umum ).
    Tetapi setelah hari Pentakosta, pencurahan Roh Kudus, maka pekerjaan Roh Kudus nyata di tengah-tengah umat yang percaya. Setiap manusia yang rindu untuk mengenal pribadi Roh Kudus, pasti akan dilawatNya. Karena itu saya sarankan anda untuk berdoa agar diberi pencerahan dan pengenalan yang sejati akan Roh Kudus. Setiap doa yang lahir dari ketulusan pasti akan dijawab Tuhan. Amin.

    • Sy setuju Bro Roni. Good point a view

  7. Tambahan lagi, Yohanes pasal 16 :

    12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
    13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

    Pada ayat 13, disana dibilang Roh Kebenaran dan bukan disebut Roh Kudus, juga dibilang bahwa Roh Kebenaran itu tidak akan berkata2 dari dirinya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarnya itulah yang akan dikatakannya, dan ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Bagaimana sebuah Roh Kudus
    bisa berkata2 tanpa ada perantaranya/alatnya. Maka nubuat ini sangat cocok kepada Muhammad SAW yang tidak mengatakan kecuali yang didengan dari Jibril apa yang dikatakan Allah SWT kepadanya.

    semoga mencerahkan teman2ku non Muslim

  8. setuju banget


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s