Benarkah DAUD/DAWD/DAWID/DAVID bukan seorang NABI / PROPHET dan hanya sekedar RAJA / KING?


Bismillahirrahmaanirrahiim. Dengan menyebut Nama ALLAH Yang Pengasih dan Penyayang..

Satu diantara  NABI-NABI  yang dicela oleh para pendeta anda dari kalangan YAHUDI dan NASRANI hari ini adalah NABIULLAH DAUD/DAWD/DAWID/DAVID. Mereka para Rabbi Kohen dan dengan diamini  oleh umat yang sesat, dengan tanpa ilmu menuduh DAUD NABIULLAH sebagai orang yang bermoral bejat. Padahal ALLAH sangat jelas menjelaskan dalam ALQUR’AN  bahwa DAUD adalah seorang NABI dan RAJA, dan ALLAH lebih tahu dan maha tahu siapa DAUD hambaNya.

An Nisaa 163. Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma’il, Ishak, Ya’qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan ZABUR kepada DAUD.

Al Isra 55. Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada DAUD.

Al An’am 84. Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yaqub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu DAUD, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

Maka sekarang kami kaum Muslimin akan menunjukkan kepada anda bahwa para 12 rasull Yesus Utusan Allah pun mengetahui bahwa DAUD memang SEORANG NABI..

Semoga ALLAH memberi kepada anda hidayah ISLAM, agama para NABI dan UTUSAN ALLAH, agama yang memuliakan para NABI ALLAH, agama yang melarang pemeluknya berkata-kata tanpa ILMU dariNya..

Simak ucapan Petrus Simon Kefa salah seorang dari Hawariyyin Nabiullah Isa Al Masih bin Maryam, Yesus Kristus putra Maryam, Ieshua Ha Masiha bar Mariamn..

Kisah Para Rasul 2:29-30

“Saudara-saudara, aku boleh berkata-kata dengan terus terang kepadamu tentang DAUD, bapa bangsa kita. Ia telah mati dan dikubur, dan kuburannya masih ada pada kita sampai hari ini. Tetapi IA ADALAH seorang NABI dan ia tahu, bahwa Allah telah berjanji kepadanya

Itu sudah cukup bagi anda untuk mengetahui bahwa  kaum muslimin mempunyai keyakinan yang sama dengan MURID NABI YESUS, PETRUS SIMON KEFA, tentang kedudukan NABIULLAH DAUD..

Di lain tempat, NABI menurut link Hebrew, adalah:

A prophet is basically a spokesman for G-d, a person chosen by G-d to speak to people on G-d’s behalf and convey a message or teaching. Prophets were role models of holiness, scholarship and closeness to G-d. They set the standards for the entire community

terjemah : “Secara garis besar, Nabi adalah Juru Bicara ALLAH, seorang manusia yang dipilih ALLAH untuk berbicara atas nama ALLAH dan menyampaikan pesanNya  atau ajaranNya kepada manusia. Seorang nabi adalah teladan dalam kesucian, keilmuan dan kedekatan mereka kepada ALLAH. Mereka para nabi merupakan sosok manusia -manusia yang harus menjadi standard bagi perilaku kehidupan umat manusia”

The Hebrew word for a prophet, Navi (Nun-Beit-Yod-Alef) comes from the term niv sefatayim meaning “fruit of the lips,” which emphasizes the prophet’s role as a speaker.

terjemah : “Bahasa Ibrani dari nabi adalah NAVI, dibaca sebagai NABI, tersusun dari huruf IBRANI (Nun-Beit-Yod-Alef.)  yang datang dari terminologi NIB SEFATAYING yang  berarti “Buah dari bibir” yang  menegaskan peran dari seorang NABI sebagai penyampai firmanNya”

http://www.jewfaq.org/prophet.htm

Menurut link Nasrani

The “prophet” proclaimed the message given to him, as the “seer” beheld the vision of God. (See Num. 12:6,8.) Thus a prophet was a spokesman for God; he spake in God’s name and by his authority (Ex. 7:1). He is the mouth by which God speaks to men (Jer. 1:9; Isa. 51:16),

terjemahan :  “Nabi memeproklamasikan pesan yang disampaikan kepada mereka, seakan berlaku sebagai penyampai apa yang dilihatnya di dalam penglihatan yang diberikan oleh Tuhan (Lihat Kitab Bilangan 12:6,8). Dus, jadi seorang nabi adalah jurubicara Tuhan, berbicara atas nama Tuhan, dan atas izin yang diberikan Tuhan kepada mereka (Lihat kitab Keluaran 7:1). Mereka adalah manusia yang dengan mulutnya Tuhan berfirman kepada manusia (Lihat Yeremia 1:9; Yesaya 51:16)”

http://www.christiananswers.net/dictionary/prophet.html

Menurut definisi umum

a person who speaks for god or a deity, or by divine inspiration.

terjemahan : manusia yang berbicara atas nama Tuhan

http://dictionary.reference.com/browse/prophet

Informasi Alkitab :

2 Sa 23:1 Inilah perkataan Daud yang terakhir: “Tutur kata Daud bin Isai dan tutur kata orang yang diangkat tinggi, orang yang diurapi Allah Yakub, pemazmur yang disenangi di Israel.: Roh TUHAN berbicara dengan perantaraanku, FIRMAN-NYA ada DILIDAHKU ;

Berdasarkan info-info diatas maka Daud masuk kategori nabi.

Dan Daud adalah seorang nabi pun diakui oleh bapak-bapak para penulis link dibawah ini

http://www.jewfaq.org/prophet.htm
http://www.christiananswers.net/dictionary/prophet.html
http://www.bible-history.com/faussets/P/Prophet/
http://www.newadvent.org/cathen/04642b.htm

11 Komentar

  1. GOOD KNOWLEDGE.TX

  2. lumayan ulasanmu kali ini, tapi ada satu celah yang belum terjangkau pengamatanmu.
    Alkitab merefleksikan apa adanya dari tokoh-tokoh yang ada didalam Alkitab.
    orang itu berbuat baik, maka ditulis baik.
    orang itu berbuat kesalahan, maka dituliskan kesalahannya.
    bagaimana orang itu berbalik dari berbuat dosa lalu tobat dituliskan juga.
    tapi ingat urusan penghakiman => penghukuman adalah urusan Tuhan, kalau ada yang turut melakukan penghukuman untuk orang-orang yang “dikhususkan” oleh Allah maka akan mendapatkan penghukuman.
    jalanibrahim harus memegang salah satu patokan ini, sebelum membahas nabi Daud.
    jika tidak maka akan terjadi miss interpretasi, seperti tulisanmu kali ini.
    2Samuel 11:2-
    Sekali peristiwa pada waktu petang, ketika Daud bangun dari tempat pembaringannya, lalu berjalan-jalan di atas sotoh istana, tampak kepadanya dari atas sotoh itu seorang perempuan sedang mandi; perempuan itu sangat elok rupanya.
    dst
    kemudian Daud mendapat teguran dari nabi Natan;
    2Samuel 12:9
    Mengapa engkau menghina TUHAN dengan melakukan apa yang jahat di mata-Nya? Uria, orang Het itu, kaubiarkan ditewaskan dengan pedang; isterinya kauambil menjadi isterimu, dan dia sendiri telah kaubiarkan dibunuh oleh pedang bani Amon.

    inilah yang dilakukan Daud setelah menerima teguran itu
    2Samuel 12:13
    Lalu berkatalah Daud kepada Natan: “Aku sudah berdosa kepada TUHAN.” Dan Natan berkata kepada Daud: “TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati.
    2Sam 12:16
    Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karena anak itu, ia berpuasa dengan tekun dan apabila ia masuk ke dalam, semalam-malaman itu ia berbaring di tanah.

    dalam kiisah ini diceritakan bahwa Daud jatuh kedalam dosa, pada saat itu juga dia mengakui dosanya, kemudian memohon ampun, dan menerima resiko dari perbuatan dosanya juga.
    inilah salah satu kelebihan “raja” Daud pada saat ditegur, dia tidak membunuh yang menegurnya, malahan mengakuinya dan mohon ampun. disini Allah menegur Daud melalui perantara nabi-Nya dan tidak “menerbitkan” ayat khusus untuk “membenarkan” perbuatan Daud. bandingkan dengan kejadian kurang lebih seperti ini ditempatmu; hampir pasti dibunuh, bisa jadi muncul ayat-ayat pembenaran.

    carilah kebenaran, jangan cari pembenaran!

    • OOT bgt

  3. Mampus lu ibrahim,diam seribu bhsa,mknya jgn sotoy

    • ni kok lagi out of topik abis

  4. Sudah 1500 tahun telah berlalu setelah nabi terakhir, Nabi Muhammad Saw. Jarak antara Nabi Isa As. dan Nabi Muhammad Saw. hanya 500 tahun. logikanya, hanya jarak 500 th sj waktu itu sdh banyak manusia yg tersesat, sehingga Nabi Muhammad Saw diutus untuk meluruskan (bersyukurlah untuk ini, Alhamdulillah), bagaimana yang 1500 tahun? karena itulah pesan Nabi terakhir(Rasulullah): perpegang teguh pada Al-Quran dan Haditsnya. Yg harus diingat, bahwa dlm Al-Quran berisi Firman Allah yang menjamin kebenaran isi Kitab-Nya. Mari kita kembali pada ketauhidan. Bersyukurlah kita manusia yang mau mengerti. Semoga ridha Allah diberikan pada hamba2-Nya yang mau mengerti. Amiin

  5. thumbs up for this da’wah

    semoga ilmu antum ditambah oleh Allah,
    memang benar, saya kira pemahaman tentang Nabi harus diperjelas kepada mereka yg mengakui kehormatan mereka namun disisi lain mereka melakukan penghinaan dan penghujatan di dalam kitab mereka, semoga Allah memberi mereka hidayah.

    btw @briz :

    saya kira tulisan diatas utk menjelaskan bahwa seorang Nabi itu orang yg sangat terhormat, dan terjaga dari dosa. kalaupun mereka berbuat salah mereka akan dimaafkan oleh para pengikutnya, terlebih oleh Allah, (bukankah seorang Nabi adalah orang-orang pilihan Allah)

    jadi bukankah sangat janggal jika kita mengakui mereka sebagai Nabi dan diharuskan menghormati mereka namun kita diberi cerita-cerita perbuatan yg tidak pantas (bahkan hina) seperti dalam kitab 1samuel, 2samuel, atau genesis dan yg lainnya.

    logikanya, Tuhan pasti mengajarkan kpd hamba-hambaNya kebaikan melalui Nabi dan RasulNya, kenapa? karena seperti kutipan diatas :

    The “prophet” proclaimed the message given to him, as the “seer” beheld the vision of God. (See Num. 12:6,8.) Thus a prophet was a spokesman for God; he spake in God’s name and by his authority (Ex. 7:1). He is the mouth by which God speaks to men (Jer. 1:9; Isa. 51:16),

    apakah mungkin seorang Nabi/Rasul berbuat bejat/hina ?
    tanyakan itu pada kitab-kitabNya.

  6. ngakak gw baca ini. Siapa bilang Daud bukan nabi? hayalan loe?
    Daud itu nabi sekaligus raja. wkwkwkwkwkwk

  7. KITAB MAZMUR DAUD BERISI PUJIAN DAUD PADA TUHANNYA..DAUD ADALAH RAJA……TUHAN TIDAK PERNA BERBICARA DENGAN DAUD…….ADA BEBERAPA NABI YANG SELALU MENDAMPINGI DAUD…..DAN TUHAN SELALU BERBICARA MELALUI NABI-NABI ITU,,

  8. Kisah Para Rasul 2:29-30
    “Saudara-saudara, aku boleh berkata-kata dengan terus terang kepadamu tentang DAUD, bapa bangsa kita. Ia telah mati dan dikubur, dan kuburannya masih ada pada kita sampai hari ini. Tetapi IA ADALAH seorang NABI dan ia tahu, bahwa Allah telah berjanji kepadanya..PENDAPAT MANUSIA..BUKAN KARENA PEMBERITAHUAN ALLAH/YAHWEH…..BOLEH-BOLEH SAJA MENYEBUT DAUD NABI….TAPI SANGAT JELAS ..DALAM PL..DAUD HANYA SEORANG RAJA……..DAN ADA BEBERAPA NABI SEBAGAI PENASEHAT RAJA DAUD…..

    .Nabi Natan (~1000 SM) adalah nabi istana pada zaman raja Daud yang dicatat di dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama Alkitab Kristen.

    ]

    • So….apakah anda hendak membantah Alkitab anda sendiri? Itu Rabi Paulus sendiri yang ngomong? Anda ini siapa sehingga berani membantah Paulus…??


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s