Delapan Dalil Alkitabiah yang menegaskan misi terbatas Yesus Isa Nabi Allah untuk Bani Israel..


“Dan (ingatlah) ketika Isa Putra Maryam berkata: “Hai Bani Israel, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)”(Firman Allah dalam Al-Qur’an Ash Shaff 6)

Benar, Isa Al Masih diutus hanya untuk bani Israel dan bukan untuk segala bangsa. Berikut 8 dalil yang kami ambil secara alkitabiah.

Dalil 1 Yesus hanya untuk Bani Israel

Matius 10:5-6. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan beliau berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

Dalil ke 2 Yesus hanya untuk Bani Israel

Yohanes 17:9 Kata Yesus “Aku berdoa untuk mereka (Bani Israel), bukan untuk dunia aku berdoa, tetapi untuk mereka..

Dalil ke 3 ketika para murid terbatas mengajarkan Taurat Injil kepada umat Israel di pembuangan.

Kisah Para Rasul 16:6 karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia

Dalil ke 4 Ketika dikatakan bahwa nubuat datangnya Raja orang YAHUDI…bukan raja segala bangsa

Matius 2:2 dan bertanya-tanya: “Di manakah dia, Raja orang YAHUDI yang baru dilahirkan itu?

Dalil ke 5 menunjukkan bunyi nubuat bahwa MESIAS tertuju HANYA UNTUK MENGGEMBALAKAN UMAT ISRAEL…selain itu tidak

Matius 2:5-6 Demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: “Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku ISRAEL.”

Dalil ke 6 adalah ucapan Simeon bahwa kelak jabang bayi sang Nabi akan menjadi Nabi untuk menjatuhkan atau menaikkan derajat bagi BANI ISRAEL..bukan untuk yang laen

Lukas 2:34 Lalu Simeon memberkati mereka dan berkata kepada Maria, ibu Anak itu: “Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di ISRAEL

Dalil ke 7 ketika sang Nabi berwasiat bahwa tugas para murid-murid beliau adalah berdakwah menginjil ke kota-kota dimana Bani Israel banyak berdiam

Mat 10:23Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, anak manusia sudah datang.

Dalil ke 8 Sangat tegas menunjukkan bahwa sang Nabi tidak hendak melayani permintaan gentile non bani Israel

Matius 15:24 Jawab Yesus: “Aku diutus HANYA kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.”

Dengan demikian benarlah sebuah sabda dari seorang Nabi :

Diriwayatkan dlm Al-Bukhari dan Muslim dari hadits Jabir bin Abdullah radhiallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أُعْطِيْتُ خَمْسًا لَمْ يُعْطَهُنَّ أَحَدٌ مِنَ اْلأَنْبِيَاءِ قَبْلِي: نُصِرْتُ بِالرُّعْبِ مَسِيْرَةَ شَهْرٍ، وَجُعِلَتْ لِيَ اْلأَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُوْرًا فَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِي أَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلِّ، وَأُحِلَّتْ لِيَ الْغَنَائِمُ وَلَمْ تُحَلَّ لأَحَدٍ قَبْلِي، وَأُعْطِيْتُ الشَّفَاعَةَ، وَكَانَ النَّبِيُّ يُبْعَثُ إِلَى قَوْمِهِ خَاصَّةً وَبُعِثْتُ إِلَى النَّاسِ عَامَّةً

“Aku telah diberikan lima hal yg tdk diberikan kepada seorangpun dari kalangan para nabi sebelumku: Aku diberi pertolongan dgn ditanamkan rasa takut sejarak satu bulan perjalanan. Dan telah dijadikan bagiku seluruh bumi sebagai masjid dan alat bersuci. maka siapa saja di kalangan umatku yg mendapati waktu shalat hendaklah dia shalat. Dan dihalalkan bagiku harta rampasan perang dan tdk dihalalkan kepada seorangpun sebelumku. Dan aku diberi syafaat dan adalah nabi sebelumku diutus kepada kaum secara khusus sedangkan aku diutus kepada seluruh manusia.

Wa shollallahu ala Nabiyina Muhammadi wassalam

17 Komentar

  1. tetap semangat ya jalanibrahim, tetapi jangan kelupaan baca yang ini juga!
    Lukas 24:44
    Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.”
    Lukas 24:45
    Lalu Ia MEMBUKA PIKIRAN mereka, sehingga mereka MENGERTI Kitab Suci.

    ITULAH TUGAS YESUS SELAGI MASIH DI DUNIA yaitu MENGGENAPI…. (baca Lukas 24:44)

    Markus 16:14.
    Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.
    +++++++++
    APAKAH KAMU PERCAYA BAHWA TUHAN YESUS TELAH BANGKIT DARI KEMATIAN?
    +++++++++
    Inilah perintah TUHAN YESUS:

    Markus 16:15
    Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
    Markus 16:16
    Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.
    ++++++++++
    KE SELURUH DUNIA, jadi bukan hanya BANI ISRAEL
    ++++++++++
    Matius 28:18
    Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan SEGALA kuasa di sorga dan di bumi.
    Matius 28:19
    Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
    Matius 28:20
    dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”
    ++++++++
    SEMUA BANGSA, jadi bukan hanya BANI ISRAEL
    ++++++++
    SELURUH Rasul menjalankan MANDAT ini! bagaimana dengan yang kamu sebut sebagai ‘rasul’-mu, apakah menjalankan MANDAT TUHAN YESUS?

    • Kalau dari kalimat/ayat diatas ada pertentangan (kontradiktif) maka yang mana yang akan kamu imani? Yesus khusus utk bangsa/umat Israel atau utk semua bangsa? Kan Yesus a.s tegas menyatakan bahwa selain Israel lainnya adalah babi dan anjing?

  2. di antara problema alkitab yang ada saat ini adalah saling bertabrakannya satu ayat dengan ayat lainnya … karena Allah menghendakinya dalam keadaan tidak terjaga sehingga di dalam perjalan masa kemudian tercampur di dalamnya antara kebenaran dan kepalsuan pada pokok ajarannya … dan ayat-ayat yang telah di kutip di atas sebagai salah satu buktinya disamping banyak ayat-ayat lainnya …
    dan kehadiran Al Quran adalah sebagai timbangan kebenaran bahwa apa yang dikhabarkan mengenai isa bin maryam adalah sebagaimana yang dijelaskan dalam alQuran … firman Allah dalam Al Quran mengkhabarkan ucapaan Isa Alaihissalaam kelak di akhir zaman :

    ‘Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.’
    (Al Maidah 117)

    jika di antara kaum nasrani ada yang mengingkari hingga ajalnya apa yang dikhabarkan Al Quran cukuplah ALLAH yang akan menjadi hakim di akhirat nanti tentang kebenaran Al Quran yang disampaikan Allah melalui Rasul-Nya Muhammad shalallahu alaihi wasallam …
    tidak ada kemuliaan bagi pengingkar nabi utusan Allah, didunia atapun di akhirat …
    tidak ada kemuliaan bagi orang yang mengibadahi selain Allah …

    allahu a’lamu bishawwab …

  3. Dri mana kamu tau klo ayat2 dlm alkitab ada kpalsuan n kbenaran?emang kamu slh satu penulis alkitab yach?sok tau lo..,brarti al Quran jg ada kpalsuanx.

    • Tunjukkan ayat mana yg palsu dalam Al-Qur’an,. klu da yg palsu nyawa saya jd taruhannya..

    • Bukti Alkitab sudah berubah adalah hasil penelitian ilmuwan yang sudah melakukan penelitian terhadap alkitab. Sunggu banyak ilmuwan dan juga para teolog atau pendeta yang mengakui bahwa alkitab sudah bercampur dengan tulisan tangan manusia. Dari semua hasil penelitian tersebut beberapa diantaranya seperti yang saya kutip dari internet sebagai berikut :
      Injil yang diwahyukan Allah kepada Yesus tidak lagi dipertahankan kemurniannya dari serbuan ajaran penyembah berhala. Para penulis injil bukannya menulis ajaran Tauhid yang diajarkan Yesus tetapi ajaran baru yang mengawinkan ajaran Yesus dengan ajaran penyembah berhala disesuaikan dengan keinginan para penyembah berhala di kerajaan Romawi. Hal ini dikemukakan dengan jelas oleh Max I Dimont, professor sejarah Yahudi di amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Brazilia dan Finlandia dalam bukunya Jews, God and History, 1962, hal 147:
       
      ” The accounts o f the history o f Christianity in the Pauline Epistles and the Gospels, especially the latter relate to the trial o f Christ, become under-standable now that we realize they were written not for the Jews but for the pagans”
      (Cerita tentang sejarah Kristen dalam Surat-Surat Paulus dan Injil-injil (dalam Alkitab), terutama (Injil-injil) yang menulis tentang penyaliban Yesus, menjadi jelas dan kita sadari sekarang bahwa (Surat-Surat Paulus dan Injil-injil) tersebut bukan ditulis untuk umat Yahudi (umatnya Yesus), tetapi untuk penyembah berhala).
       
      Ajaran Yesus yang bercampur baur dengan ajaran penyembah berhala yang ditulis oleh para penulis Injil dari kerajaan Romawi, menjadi lebih parah ketika para penyalin Injil mendapat restu Gereja untuk merubah, menambah dan mengurangi atau menciptakan ayat-ayat baru dan memasukkannya kedalam Alkitab seakan-akan ayat asli atau ucapan Yesus. James H. Charlesworth dalam bukunya Jesus and the Dead Sea Scrolls, 1992, hal 150 menjelaskan:
      ” It is certain that Jesus’ authentic words were altered signi f icantly in the f orty years that separated his cruci f ixion f rom the composi tion o f the first Gospel”
      (Jelas bahwa kata-kata yang diucapkan Yesus telah banyak dirubah selama 40 tahun yang memisahkan antara penyaliban dan penulisan Injil yang pertama (Injil Markus)
      Pernyataan serupa juga datang dari Robert W. funk dan Roy W. hoover dalam buku mereka The Five Gospels:
      “Word borrowed f rom the f und o f common lore or the Greek scriptures are o f ten put on the lips o f Jesus.. the evangelists f requently attributed their own statement to Jesus”
      (Kata-kata yang diambil dari cerita rakyat atau naskah Yunani sering disuapkan kepada Yesus untuk diucapkan… Para penginjil sering mengaku bahwa ucapan yang mereka ciptakan adalah ucapan Yesus)
      Selanjutnya mereka menambahkan:
      “And handmade manuscript have almost always been ‘corrected’ here and there, o f ten b y more than one hand”
      (Dan naskah yang ditulis tangan hampir selalu ‘dikoreksi’ (dirubah) disana sini, kebanyakan oleh lebih dari satu orang).
      Perbuatan ini sangat dicela oleh Allah SWT yang tercermin dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah 2:79:
      “Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; “Ini dari Allah”, (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan”. (al-Baqarah 2:79)
      Terbuktilah apa yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad tersebut dalam Al-Qur’an.

      • termasuk ini .. yang dikenal dengan The Five Gospels

        THE FIVE GOSPELS

        (Injil hasil seminar 76 ilmuwan dari berbagai Universitas didunia)
        Ada sebuah Injil yang tidak boleh beredar di Indonesia, diperoleh dari Amerika bernama The Five Gospels. Injil tersebut hasil seminar 76 ahli diberbagai bidang ilmu pengetahuan dari berbagai Universitas yang terkenal diseluruh dunia. Dari seluruh peserta seminar tersebut, sepertinya tidak ada satupun yang beragama islam dan tidak ada satupun berasal dari Negara Indonesia. Di cover Injil tertulis “What did jesus really say? (manakah ucapan Yesus yang sesungguhnya)” dan dibawahnya tertulis : “The search for the authentic words of jesus” (mencari ucapan Yesus yang sebenarnya).
        Injil ini berwarna. Jika ayatnya dicetak:
        1. Red: That’s Jesus (dengan nilai 3),
        2. Pink: Sure sounds like jesus (dengan nilai 2).
        3. Gray: well, maybe (nilai 1),
        4. Black: Jesus did not say this/there’s been some mistake (dengan nilai 0).

        Inilah injil seminar 76 ahli dari berbagai Universitas terkenal diseluruh dunia yang menyatakan bahwa seluruh isi injil 82% bukan Yesus. Dari hasil seminar tersebut pun cukup mengejutkan umat Kristiani, karena semua ayat-ayat emas yang mereka imani sebagai kebenaran yang menentukan keselamatan dunia akhirat, serta ayat-ayat perintah melakukan kristenisasi keseluruh dunia, semuanya dicetak Black (hitam), maknanya “Jesus did not say this, there’s been some mistake”.

        Berikut ini ayat-ayat emas yang sangat menentukan keselamatan manusia yang semuanya dicetak BLACK (Hitam), yang bermakna “Jesus didn’t say this” (Jesus tidak mengatakannya) :
        1) Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang dating kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yohanes 14:6)
        2) Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yohanes 3:16)

        Demikian juga ayat-ayat atau perintah untuk melakukan Kristenisasi berupa pembaptisan ke semua bangsa dan menyebarkan Injil keseluruh dunia, inipun semuanya dicetak dengan huruf BLACK, maksudnya Yesus tidak mengatakan atau tidak menyuruh untuk melakukannya. Diantaranya :
        1) Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.(Matius 28:19)
        2) Lalu ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk (Markus 16:15)

        Ternyata berdasarkan hasil seminar tersebut ayat-ayat emas yang sangat mereka banggakan sebagai kebenaran mutlak dan perintah membaptis semua bangsa dan menyebarkan Injil ke seluruh dunia, diakui semuanya bukan ucapkan Yesus.
        Bahkan yang lebih mengejutkan, para ahli kalangan mereka sendiri, pada hasil akhir seminar tersebut memutuskan sebagai berikut:
        “82% yang dianggap ucapan Yesus dalam Injil, sesunggguhnya tidak diucapkan oleh Yesus, menurut seminar tentang Yesus.
        Berarti seluruh Injil yang ada ditangan umat Kristiani dewasa ini kurang dari 18% yang dianggap ucapan Yesus. Selebihnya berarti hanyalah tulisan-tulisan manusia biasa. Maka benarlah firman Allah dalam Al-Qur’an yang memberikan informasi dan kritikan bahwa ada ahli kitab yang menulis Al-kitab dengan tangan mereka sendiri lalu dikatakan dari Allah, untuk memperoleh keuntungan yang sedikit. Seperti yang tertulis didalam Al-Qur’an : “Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al-kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatkannya: “Ini dari Allah, dengan maksud untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulid oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka akibat apa yang mereka kerjakan.(Al-baqoroh 79).

  4. Apapun yang kalian katakan tentang nama “Yesus”, itu bukanlah yang terpenting…. karena yang terutama adalah melakukan apa yang Dia kehendaki,.. yaitu mengajarkan dan mengamalkan “CINTA KASIH”… dijamin anda “MEMPEROLEH TEMPAT DI SORGA”

  5. Sok tahu neh, lo bacanya hanya setengah-setengah sih.. kalau mau baca jgn sepotong-sepotong.. mana ada kitab perjanjian lama mengatakan kalau akan ada seorang rasul setelah Isa Almasih.ngarang lo…. tidak ada.. coba deh, lo cari.. sampe begopun ga akan ketemu.. dan juga.. untuk ignaz.. Alkitab perjanjian baru, tidak ada potongan-potongan kisah cerita yg terputus-putus.. berbeda dgn quran (koran) yg, hanya sepenggal-sepenggal..

    • karena alkitab sudah dimusnahkan pada jaman romawi dan kepaulusan…

      • mane buktinya?

  6. Memang BENAR Isa di utus untuk Israel. Tapi sayang Israel menolak Dia. Jadi gimana nih, keselamatan di alihkan kepada kita orang-orang kafir. Ingat di luar Israel, adalah KAFIRUN

    • siapa babi dan anjing? Apa yg dimaksud adalah “babi hutan” (swine), bukannya babi?
      Mat 7{6 “Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu.”
      Give not that which is holy unto the dogs, neither cast ye your pearls before swine, lest they trample them under their feet, and turn again and rend you.

  7. buat saudara Nasrani,. cba tunjukkan ayat dari Perjanjian lama atau Perjanjian Baru yg menyatakan bahwa Yesus adalah Tuhan.

    • e-Allahan-Nya dapat dibuktikan dengan kedatangan-Nya yang dinubuatkan oleh para nabi dari generasi ke generasi: Kelahiran-Nya (lih. Mik 5:2), kehidupan-Nya yang membuat banyak mukjizat (lih. Yes 29:18, 35:5-6, 61:1; bdk. Mat 11:5; Luk 4:18; Mat 15:30), penderitaan dan kematian-Nya (lih. Yes 42, 49, 50, 53). Yesus menyatakan ke-Allahan-Nya juga dengan mengajar dan memberikan hukum dalam nama-Nya sendiri -bukan dengan mengatakan “Beginilah firman Tuhan…. ” (Kel 4:22; 5:1; Yos 24:2; Hak 6:8; 1Sam 10:18, dst) seperti dikatakan oleh para nabi, namun Yesus berkata, “Aku berkata kepadamu…” (lih. Mat 5-6). Dengan perkataan-Nya, Yesus menyatakan diri-Nya bahwa Ia adalah Tuhan. “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan… ” (Yoh 13:13). Yesus juga menyatakan Diri-Nya sebagai Tuhan dengan menyatakan bahwa Ia berdiam di dalam hati setiap orang, terutama dalam mereka yang miskin, sakit dan terpinggirkan, dan bahwa semua orang kelak akan dihakimi atas dasar perbuatannya terhadap mereka yang miskin, sakit dan terpinggirkan itu, sebab dengan perbuatan tersebut mereka memperlakukan Dia (lih. Mat 25:31-46). Yesus juga melakukan begitu banyak mukjizat seperti menghentikan badai (Mat 8: 26; Mrk 4:39-41), menyembuhkan penyakit (Mat 8:1-16, 9:18-38, 14:36, 15: 29-31), memperbanyak roti untuk ribuan orang (Mat 14: 13-20; Mrk 6:30-44; Luk 9: 10-17; Yoh 6:1-13), mengusir setan (Mat 8:28-34), dan membangkitkan orang mati (Luk 7:14; Yoh 11:39-44). Di atas semuanya itu, mukjizat-Nya yang terbesar adalah: Kebangkitan-Nya sendiri dari mati (Mat 28:9-10; Luk 24:5-7,34,36; Mrk 16:9; Yoh 20:11-29; 21:1-19). Yesus juga menunjukkan bahwa Ia sungguh Allah karena Yesus berkuasa untuk mengampuni dosa (lih. Mat 9:2-8; Mrk 2:3-12; Luk 5:24, Luk 7:48); Kristus juga mengatakan bahwa Dia mampu memberikan hidup yang kekal (lih. Yoh 10:28) dan bahwa Ia dan Bapa adalah satu (lih. Yoh 10:30). Dengan cara-Nya sendiri Yesus menyatakan diri-Nya adalah Sang Yahweh, terutama dengan mengatakan bahwa diri-Nya adalah, “Aku adalah Aku/ I am who am”, yang adalah sinonim/ persamaan arti kata ‘Yahweh’ itu sendiri. Karena klaim ke-Allahan inilah, maka Yesus hendak dibunuh dan dilempari batu oleh orang-orang Yahudi (lih. Yoh 10:33). Selanjutnya, Yesus sendiri tidak menolak ketika Rasul Tomas mengatakan, “Ya Tuhanku dan Allahku” (Yoh 20:28) dan tidak menolak ketika Dia disembah oleh para murid (lih. Mat 28:16-17). Dan akhirnya dalam Kitab Wahyu digambarkan bahwa Yesus bertahta dalam kemuliaan dan seluruh ciptaan menyembah-Nya (lih. Why 5:13-14).

      Masih kurang?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s