Nubuat Yesus tentang Muhammad Ahmad Paracletos


Didalam Alkitab kita akan menemukan beberapa nubuat Yesus Kristus Isa AlMasih alaihissalam tentang kedatangan nabi sepeninggal beliau yang seringkali dimenjadi perdebatan seru antara umat Kristiani dan umat Islam. Nubuat itu tercatat dalam 

Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong (PARACLETOS) yang lain, supaya dia menyertai kamu selama-lamanya, 

Yohanes 15:26. Jikalau Penghibur (PARACLETOS) yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. 

Yohanes 14:26 tetapi Penghibur (PARACLETOS), yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Yohanes 16:7-15 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur (PARACLETOS) itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.”

Dalam menyikapi tafsir dari nubuat diatas, umat Kristiani membantahnya dengan memberikan argumen bahwa yang dimaksud penghibur bukanlah sosok manusia melainkan bentuk immateriil berupa ROH  KUDUS sebagaimana yang dimaksud tertera dalam Yohanes 14:26. 

Pertama, tentu saja tafsir semacam ini perlu dikaji ulang, mengingat sebutan ROH tidaklah menafikan bahwa sosok yang dimaksud bukan seorang manusia. Berikut bukti surat yang dikirim oleh Rasul Yohanes, bahwa kedatangan para nabi-nabi itu digambarkan sebagai ROH yang harus diuji.

1 Yohanes 4:1. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap ROH, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak NABI-NABI palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.  

Perhatikan surat diatas, dimana konteks Yohanes menulis surat diatas adalah perintah beliau kepada umat Kristiani agar berhati-hati terhadap pengakuan nabi-nabi yang berasal dari Allah. Karena itu beliau mewasiatkan agar tidak setiap NABI yang mengaku dari ALLAH itu langsung dipercaya, tapi harus diuji dulu kebenaran ajarannya, dan Yohanes menyebutnya sebagai UJILAH ROH-ROH itu. Sangat gamblang sekali bahwa hakekat ROH adalah sosok berupa manusia yang mengaku sebagai NABI.

Kedua, sosok Penghibur itu sebenarnya sosok manusia sebagai Yesus. Perhatikan surat rasul Yohanes yang lain 

1 Yohanes 2:1. Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (PARACLETOS) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil. 

Jangan ditanya mengapa penterjemah menterjemahkan PARACLETOS yang ini sebagai PENGHIBUR dan yang lain sebagai PENGANTARA. Akan tetapi pointnya disini adalah bahwa sosok PARACLETOS sebenarnya sosok yang sama dengan YESUS. Apa yang manusia ketahui tentang diri YESUS? Saat itu YESUS dikenal manusia sebagai seorang NABI. 

Matius 21:11 Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah NABI YESUS dari Nazaret di Galilea.”
Lukas 24:19 Kata-Nya kepada mereka: “Apakah itu?” Jawab mereka: “Apa yang terjadi dengan YESUS orang Nazaret. Dia adalah SEORANG NABI, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.

Ini merupakan jawaban dari Yohanes 14:16 mengapa disebut PARACLETOS YANG LAIN, karena PARACLETOS satunya adalah manusia yang mengaku NABI SEPERTI YESUS

Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong (PARACLETOS) YANG LAIN, supaya dia menyertai kamu selama-lamanya,  

Iklan

23 Komentar

  1. PENGHIBUR YG LAIN ITU ADALAH ROH KUDUS YG DITITIPKAN DLM HATI MANUSIA KAN TDK MUNGKIN MC KRNA IA TDK AKAN MENYERTAI KITA SECARA FISIK SAMPAI SELAMANYA( BUKAN NABI YG DIMAKSUD)

    • Di bc yg bener artikel ny jalanibrahim anonymus..biar ga mbulet2 aja alasanmu..

    • Orang ini sengaja mau menyesatkan, dia tdk mau mengerti semua ayat yang dia tulis. Roh Kudus bukan muhamad.
      Begitu jg soal nabi yang akan datang yaitu nubuatan semua sabi dlm kitab perjanjian lama di genapi kepada Yesus Kristus “Nubuatan semua nabi” bukan hanya mngambil sepotong ayat dan dirujuk ke muhamad, itupun penyesatan.
      Penyesat atau disebut juga sebagai nabi palsu akan lebih besar tanggungannya di Neraka.

      • Mantap bro..isa almasih mengajarkan cinta kasih…Bukan pembunuhan dan peperangan…..perang badakkkkkkkk

    • Sangat masuk akal bahwa penghibur yang lain ialah seorang nabi lain yaitu Muhammad Saw dengan Alquran yang 100% wahyu Allah dan terpelihara keasliannya hingga kiamat kelak.

      • Benarkah muhammad banyak menghibur umat manusia? Kapan itu dilakukannya?

      • Yohanes 14:26 tetapi Penghibur (PARACLETOS), yaitu Roh Kudus… Jadi kan jelas tertulis: ROH KUDUS, mengapa masih ngotot sih?

    • Roh Kudus adalah Malaikat Gabriel (Malaikat Jibril). Ruhul Qudus adalah Roh Kudus. Ruh = Roh, Qudus=Kudus. Malaikat Jibril adalah malaikat penyampai wahyu. Jadi wahyu yang baru/Roh Kudus tidak akan datang, kecuali kalau Yesus telah tiada. Jadi Yesus harus pergi agar penolong Muhammad S.A.W. datang.

    • maaf kalau roh kudus dititipkan dihati manusia saya kurang sepakat.

      dikatakan dalam Al-kitab Al-kitab. apabila ia datang yaitu roh kebenaran…
      dikatakan apabila ia datang, berarti bermakna roh kudus pada saat itu belum datang dong. berarti dalam hati manusia saat itu blum ada roh kudus dan blum tritunggal ?.

      dikatakan juga ia akan memimpinmu ?.
      klw ia dalam hati. brrt setiap org dipimpin hatinya dan mereka mengikuti hatinya dan tahu apa kata tuhan. krn dikatakan ia (roh kebenaran tidak berkata dari dirinya sendiri melainkan dari yg dia dengar..
      dikatakan roh kebenaran akan mengabarkan hal hal yang akan datang. klw dia ada dalam hati manusia brrti semua manusia yg beriman akan tahu apa yang akan terjadi dimasa mendatang ?. lantas untuk apa belajar al-kitab. klw sudah kita tahu. dan pengetahuan iti kita dapat dari bapa.

      oh iya. yesus jg mengatakan banyak hal yang ingin disampaikannya tapi kalian tidak sanggup menanggungnya. kemudian dilanjut ayat yg membahas kedatangan roh kebenaran.
      dr perkataan yesus. belum semua hal yg dia sampaikan krn umatnya belum sanggup menanggungnya. dan roh kebenaran akan mengatakan hal tersebut (suatu hal baru atau penyempurna firman yesus).

      jika roh kudus ada dalam hati setiap manusia.
      berarti manusia bisa tahu begitu saja hal apa yang belum dapat dikatakan oleh yesus pada saat itu. dan harus menunggu kedatangan roh kebenaran.

      mustahil kan roh kudus atau roh kebenaran ada dalam hati kita.

      berarti dia berwujud sperti yesus dan diutus oleh bapa kepada manusia untuk menyempurnakan apa yang disampaikan yesus..

      iya kan ?

    • Yang pertama adalah apakah yesus sama dengan “nabi isa”..?

      • sama

      • Tidk sama karena muhammad dan agama islam muncul berabad abab setelah yesus naik ke surga.jadi kita tahu kalau al quran sebagian salinan dari alkitab dan swbagian lagi karangan muhammad

  2. ayat di atas sangat jelas Yohannes berkata roh itu bisa diartikan seorang nabi, apalagi dalam ayat tsb jelas disebut “Paracletos” tidak mungkin ada yang lain kalau dia bukan seorang “Nabi Berikutnya”

    Siapakah Paracletos berikutnya ………?????????

  3. Gak usah memaksakan pengakuan lah brooo…
    ROH KUDUS jelas jauh dari sifat roh muhammad lah.
    Yohanes 15 : 26,
    ….. bersaksi tentang Aku (Yesus).
    Tapi muhammad malah bersaksi palsu tentang TUHAN YESUS.
    Jangan mengada-ada aaaahh !

  4. yg dmaksud penghibur itu bukan manusia,,,,lah klo manusia itu mati,,,trs siapa lagi yg akan menghibur manusia2 itu sendiri 🙂

  5. Dalam alkitab sudah ditulis sesuai yg para nabi ramalkan akan datang seorg jurus selamat yaitu yesus kristus..dia100%roh 100%manusia
    Sedangkan muhamad bukan…
    Jadi kalian masih binggung dengan ajaran agama kristen…coba kalian baca dengan teliti ayat diatas
    Dan penghibur itu yesus kristus

  6. Goblok amat sik pnulisnya…kok bisa pgertian nya spt itu…ssungguhnya kmu …doa dlu dong …mnta ptunjuk dari Allah yg Esa bkn mlalui pgertian sndiri…andai kmu tau bagaimana Roh kebenaran dan penghibur tu bkja dlm ati kalian…tntunya kalian yg mnulis ngak spt ini…

    • Yang goblok itu siapa? Hehe..

  7. Yang goblok itu siapa? Hehehe

  8. Tanggapan pertama :
    Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong (PARACLETOS) yang lain, supaya dia menyertai kamu selama-lamanya,

    Kalau Paracletos disitu Merujuk Kepada seorang Nabi Yang Lain, pertanyaan nya sekarang apakah Nabi itu menyertai PENGIKUT YESUS SELAMA LAMANYA?

    Kedua :
    Yohanes 15:26. Jikalau Penghibur (PARACLETOS) yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

    Jikalau Paracletos diayat ini merujuk kepada Seorang nabi yang lain, Apakah Nabi itu bersaksi tentang Yesus yang adalah Anak Allah,Yang Mati dan Bangkit Kembali seperti yang tertulis dalam Alkitab dan Nubuatannya?
    Apakah juga Nabi Itu mengakui bahwa Yang Mengutusnya adalah Yesus sesuai Dengan Kutipan ayat diatas?

    Ketiga :
    Kutipan Yohanes 16:7-15
    Saya ambil bagian akhir…
    ‘… sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.”

    Kalau Paracletos diatas adalah Nabi yang lain… Apakah Dia Menerima wahyunya dari Yesus? Apakah dia memberitakan bahwa segala sesuatu yang BAPA PUNYA, PUNYA YESUS JUGA?

    Keempat :
    Saya kutipkan ayat yg menulis tentang Siapa ROH KEBENARAN YANG DIMAKSUD DARI AYAT ALKITAB.

    Yohanes 14:17 (TB)
    yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

    Pertanyaannya :
    Kalau ROH KEBENARAN itu adalah seorang manusia yg berwujud atau dikatakan NABI YANG LAIN…
    Apakah Dia NABI itu tidak terlihat?
    Apakah Dunia tidak mengenal Dia Nabi itu?
    Apakah Dia Diam didalam Hati pengikut Yesus dan Menyertai mereka?

    Bisakah anda menjawab hal ini?
    Saran saya kalau mau dakwah lewat website jangan mencampur adukkan ayat ayat alkitab untuk mendukung apa yg anda yakini.. Supaya tidak terlihat COCOKMOLOGI…
    Yakinilah apa yang tertulis dalam kitab yang anda imani, jangan campur adukan dengan kitab kepercayaan orang lain kalau anda belum mengerti ISI KITAB KEPERCAYAAN AGAMA LAIN.

    Shalom Alechem Be Shem HaShem Be Shem Yeshua Hamasiach.

  9. Kalau kita baca yohanes 14:16-17 Penolong yang dimaksud adalah roh kebenaran.huuuuu DASAR SESAT

  10. Sesat tulisan diatas penolong yang dimaksud di yohanes 14-16 bukan nabi tapi roh kudus kalau dibaca dafi yohanes 14:16-17.SAYA BERTERIMKASIH ATAS ORANG YANG MENULIS DIATAS KARENA MENAMBAH IMAN SAYA DAN TAMBAH YAKIN KALAU YESUS TUHAN DAN MUHAMMAD NABI PALSU

  11. saya sudah baca firman Tuhan dan mentafakurinya..
    jika yang dimaksud adalah seorang nabi, maka akan terjadi yang di katakan yesus. “ia akan memuliakan Aku”. dan memberitakan yang diterimanya. yesus tauladan terbaik, dia mengajarkan cinta kasih. jika yang dimaksud adalah manusia, dia pastilah sangat mengenal yesus yang mengutusnya, karna dalam firmannya “Aku akan mengutus Dia kepadamu”.

    roh kudus yang dimaksud bukan seorang manusia, jika manusia itu tidak memuliakan nama-Nya dan memberitakan apa yang tidak di terimanya.

    saya percaya Tuhan mengutus roh kudus kedalam hati bagi setiap anak manusia yang percaya pada-Nya. semoga Tuhan selalu menyertai kita semua, sehingga mulialah nama-Nya.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s