Nubuat Yesus tentang Muhammad Ahmad Paracletos


Didalam Alkitab kita akan menemukan beberapa nubuat Yesus Kristus Isa AlMasih alaihissalam tentang kedatangan nabi sepeninggal beliau yang seringkali dimenjadi perdebatan seru antara umat Kristiani dan umat Islam. Nubuat itu tercatat dalam 

Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong (PARACLETOS) yang lain, supaya dia menyertai kamu selama-lamanya, 

Yohanes 15:26. Jikalau Penghibur (PARACLETOS) yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. 

Yohanes 14:26 tetapi Penghibur (PARACLETOS), yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Yohanes 16:7-15 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur (PARACLETOS) itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.”

Dalam menyikapi tafsir dari nubuat diatas, umat Kristiani membantahnya dengan memberikan argumen bahwa yang dimaksud penghibur bukanlah sosok manusia melainkan bentuk immateriil berupa ROH  KUDUS sebagaimana yang dimaksud tertera dalam Yohanes 14:26. 

Pertama, tentu saja tafsir semacam ini perlu dikaji ulang, mengingat sebutan ROH tidaklah menafikan bahwa sosok yang dimaksud bukan seorang manusia. Berikut bukti surat yang dikirim oleh Rasul Yohanes, bahwa kedatangan para nabi-nabi itu digambarkan sebagai ROH yang harus diuji.

1 Yohanes 4:1. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap ROH, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak NABI-NABI palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.  

Perhatikan surat diatas, dimana konteks Yohanes menulis surat diatas adalah perintah beliau kepada umat Kristiani agar berhati-hati terhadap pengakuan nabi-nabi yang berasal dari Allah. Karena itu beliau mewasiatkan agar tidak setiap NABI yang mengaku dari ALLAH itu langsung dipercaya, tapi harus diuji dulu kebenaran ajarannya, dan Yohanes menyebutnya sebagai UJILAH ROH-ROH itu. Sangat gamblang sekali bahwa hakekat ROH adalah sosok berupa manusia yang mengaku sebagai NABI.

Kedua, sosok Penghibur itu sebenarnya sosok manusia sebagai Yesus. Perhatikan surat rasul Yohanes yang lain 

1 Yohanes 2:1. Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (PARACLETOS) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil. 

Jangan ditanya mengapa penterjemah menterjemahkan PARACLETOS yang ini sebagai PENGHIBUR dan yang lain sebagai PENGANTARA. Akan tetapi pointnya disini adalah bahwa sosok PARACLETOS sebenarnya sosok yang sama dengan YESUS. Apa yang manusia ketahui tentang diri YESUS? Saat itu YESUS dikenal manusia sebagai seorang NABI. 

Matius 21:11 Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah NABI YESUS dari Nazaret di Galilea.”
Lukas 24:19 Kata-Nya kepada mereka: “Apakah itu?” Jawab mereka: “Apa yang terjadi dengan YESUS orang Nazaret. Dia adalah SEORANG NABI, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.

Ini merupakan jawaban dari Yohanes 14:16 mengapa disebut PARACLETOS YANG LAIN, karena PARACLETOS satunya adalah manusia yang mengaku NABI SEPERTI YESUS

Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong (PARACLETOS) YANG LAIN, supaya dia menyertai kamu selama-lamanya,  

3 Komentar

  1. PENGHIBUR YG LAIN ITU ADALAH ROH KUDUS YG DITITIPKAN DLM HATI MANUSIA KAN TDK MUNGKIN MC KRNA IA TDK AKAN MENYERTAI KITA SECARA FISIK SAMPAI SELAMANYA( BUKAN NABI YG DIMAKSUD)

    • Orang ini sengaja mau menyesatkan, dia tdk mau mengerti semua ayat yang dia tulis. Roh Kudus bukan muhamad.
      Begitu jg soal nabi yang akan datang yaitu nubuatan semua sabi dlm kitab perjanjian lama di genapi kepada Yesus Kristus “Nubuatan semua nabi” bukan hanya mngambil sepotong ayat dan dirujuk ke muhamad, itupun penyesatan.
      Penyesat atau disebut juga sebagai nabi palsu akan lebih besar tanggungannya di Neraka.

    • Sangat masuk akal bahwa penghibur yang lain ialah seorang nabi lain yaitu Muhammad Saw dengan Alquran yang 100% wahyu Allah dan terpelihara keasliannya hingga kiamat kelak.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s