Soteriologi Salib Bukanlah Jalan Keselamatan menurut Yesus


Matius 19

19:16. Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”
19:17 Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepadaku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah ALLAH.”
19:18 Kata orang itu kepada beliau: “Perintah yang mana?” Kata Yesus: “Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta,
19:19 hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”
19:20 Kata orang muda itu kepada beliau: “Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?”
19:21 Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah aku.”

Pertanyaan :

Jika Sang Nabi tidak menyebutkan peristiwa penyaliban sebagai fondasi iman, maka darimanakah anda mengambil kesimpulan bahwa seorang Kristiani harus mempercayai Penyaliban Yesus sebagai jalan Keselamatan?

Darimanakah ajaran yang mengatakan untuk selamat harus mempercayai Yesus sebagai Tuhan atau okum ketuhanan?

Darimanakah doktrin turun temurun yang memvonis barangsiapa yang tidak mempercayai peristiwa penyaliban pasti mendapat kutuk dan maut?

Jawabnya…Tidak ada

Kesimpulannya: anda tidak perlu mempercayai penyaliban Sang Nabi dan tidak perlu mempercayai Yesus sebagai Tuhan…Karena itu semua bukanlah ajaran Nabi Yesus

33 Komentar

  1. BetUl . .LanjuT kan dakwahmu. .Sm0ga ALLOH Senantiasa membibingmu ,. .

    • perasaan anda salah tafsir, karena Buku Injil tidak bisa ditafsir oleh mereka yg tdk dipilih ALLAH

      • ya, dan tidak semua orang diselamatkan. Karena hanya 144.000 saja, itupun dari suku bangsa Israel.
        Wahyu 7:4-8

  2. […] Soteriologi Salib Bukanlah Jalan Keselamatan menurut Yesus […]

  3. […] Soteriologi Salib Bukanlah Jalan Keselamatan menurut Yesus […]

  4. maaf klo hendak mengkritisi ada baiknya setiap kata harus sesuai dengan kutipannya.
    contoh pada Matius 19:21 bag akhir disitu mengatakan : , kemudian datanglah kemari dan ikutlah Aku.” penggalan kalimat tersebut menunjukkan untuk mengikut Yesus (Aku).

    • Mengikut tidak dengan melanggar Tauhid yang beliau ajarkan….Sembahlah ALLAH dan jangan katakan YESUS adalah ALLAH

      • bagaimana dengan ada tertulis didalam yohanes 14:6 yang mengatakan : kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.

        dimanakah ada tertulis dalam kitab suci yang berani mengatakan bahwa AKUlah adalah Jalan kebenaran dan hidup.

        • YESUS bukan SATU-SATUNYA JALAN KEBENARAN. Terbukti YAHYA / YOHANES pun mengajak kepada JALAN ke SORGA ”

          Mat 21:32 Sebab YOHANES datang untuk menunjukkan JALAN KEBENARAN kepadamu, dan kamu tidak percaya kepadanya. Tetapi pemungut-pemungut cukai dan perempuan-perempuan sundal percaya kepadanya

  5. Penyaliban, kematian dan kebangkitan dari Yesus Kristus adalah inti dari keimanan Kristen. Penyaliban adalah penebusan dosa-dosa manusia yang mau percaya, sementara kebangkitan adalah tanda bahwa Yesus Kristus mempunyai kuasa untuk mengalahkan maut.

    • Tidak dketahui bagaimana anda mendapatkan KESIMPULAN itu…YESUS NABI DARI NAZARET tidak mengajarkan hal itu..

      Dengan kata lain..

      Keyakinan seperti itu tidak berdasar pada ucapan dan ajaran Yesus Nabi dari Nazaret..

      Keyakinan seperti itu berdasar KESIMPULAN..

      Maaf..

      Itulah keyakinan anda dihari ini…

    • bos….yang bilang begitu paulus…bukan Yesus yang baik itu…Yesus yg saya ikuti itu ngga pernah koq bilang gitu…penebusan dosa…Yesus Tuhan…ngga ada itu…bos,ma’af ya…Yesus yg saya baca bolak-balik dalam Injil itu adalah Yesus yang sangat menghormati dan mencintai Allah, Tuhan-nya…Yohanes 14:6 itu sangat jelas-jelas mengacu pada ajaran Yesus,bukan diri Yesus,”bukan orang yang berteriak kepadaku Tuhan..! Tuhan..! yang akan masuk kerajaan sorga, tetapi orang yang menjalankan perintah Bapaku….” ,satu lagi yang saya pegang dari Yesus yang sangat baik itu bos”Sh’ma Ysrael, Edonay Elochainu Edonai Echad…!” itu kata2 Yesus…ma’af ya bos….baca Bible lagi deh…

      • pancet ae jurus e cuman itu

  6. betul 2 bos

  7. Argumen yang mas ibrahim berikan terkait masalah yesus ini sungguh membuat hati saya makin mantap, bahwa memang Allah telah menyelamatkan nabiNya dari penyaliban dan pasti akan menurunkannya lagi menjelang kiamat nanti. Dan sekarang saya telah benar-benar yakin bahwa ISLAM memang agama yang benar

    Semoga ALLAH SWT selalu membimbing anda

  8. Udah pada nonton film “The Passion of The Christ” belum? Kalo Anda nonton film ini dengan hati yang terbuka dan berserah kepada kebaikan TUHAN, maka Anda akan tahu, nilai apa yang sebenarnya ada dalam kisah penyaliban Yesus Kristus… Smoga TUHAN menunjukkan pada Saudara sekalian, betapa IA mengasihi dan mencintai umat manusia…

    • Maaf…dengan sangat terpaksa kami katakan bahwa kaum muslimin dari zaman para Nabi sampai hari ini tidak tergantung tontonan sinetron dan film box office…

      Zamannya Nabi Yesus dan Nabi-nabi sebelum dan setelah beliau berdakwah dengan ilmu dan dalil…dan saya tidak mendapati para 12 Rasul mengadakan acara lawak dan sandiwara Salib Yesus…

      Thanks..

      • adakah kelebihan islam dari agama yahudi

        • Ada….Islam beriman kepada seluruh Nabi-Nabi yang diutus Tuhan Semesta Alam….sedangkan Yahudi kafir kepada sebagian Nabi yang diutus kepada mereka seperti Yahya dan Isa Al Masih Putra Maria…

          • tidak semua orang yahudi kafir….semua bergantung pada orangnya….jangan merasa agama kamu tidak kafir…..malah mungkin agama kamu yang paling kafir….

  9. apa sdh baca alkitab? nanti akan ketemu ayat-ayat tentang Yesus datang untuk mati bagi manusia….

    • Sudag,,nggaka ada perasaan..

      • ga ada perasaan? mungkin anda perlu membacanya dengan berulang kali agar anda betul2 memahami ayat alkitab tersebut.. Jika anda masih menyimpulkan penyaliban Yesus Kristus tidak patut dipercayai, brarti anda bohong sudah membaca alkitab… Karena disana tertulis jelas Yesus anak Allah yang hidup telah mati untuk manusia yang berdosa, dengan darahnya kita ditebus..sehingga siapa yang percaya kepada-Nya akan beroleh hidup yang kekal😀

        • penasaran nih.. ayat yang mana tuh Perjan Lama ato ada di Perjan Baru kasih tau dunk???

        • bos….yang bilang begitu paulus…bukan Yesus yang baik itu…Yesus yg saya ikuti itu ngga pernah koq bilang gitu…penebusan dosa…Yesus Tuhan…ngga ada itu…bos,ma’af ya…Yesus yg saya baca bolak-balik dalam Injil itu adalah Yesus yang sangat menghormati dan mencintai Allah, Tuhan-nya…”Sh’ma Ysrael, Edonay Elochainu Edonai Echad…!” itu kata2 Yesus…ma’af ya bos….baca Bible lagi deh…

      • bertobatlah kamu kawan….

  10. assalamualaikum.
    tolong juga cantumkan dan kisahxa orang yg mendpat hidayah atas tulisan anda ini smua.
    umat kristen yg kembali ke jalan tauhid.
    Alloh itu ESA.
    Dn kepuasan2 umat kristen yg membaca tulisan anda ini,yg telah mndapat HIdayah dri Alloh melalui dkwaan anda.
    Aslamualaikum.

  11. alkitab tidak bisa disimpulkan berdasarkan satu ayat atau satu bagian firman Tuhan karena setiab bagian tulisan yang ada dalam alkitan saling berkaitan satu dengan yang lain sehingga untuk keselamatan dalam Yesus Kristus baca Injil Yohanes 14:6 dan kisah rasul 4:12 kalo kurang jelas bisa langsung hubungi via sms ke no: 085766913359 (saya bersedia berdialog dengan siapa saja).

  12. 19:21 Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah aku.”

    yang terpenting bukanlah yang di depan, tetapi di belakang. “…, kemudian datanglah ke mari dan IKUTLAH AKU”

    Salam,

    • exxcelant!

  13. saudara pendakwah ini tergoloonfg orang2 yang mengandalka KEKUATAN SENDIRI,misalnya dengan berbuat baik ”menuruti” perintah TUHAN.Apakah anda yakin bisa mewnuruti semua perintahNYA.PUJI TUHAN kalau bisa.TAPI KE3TAHUILAH PERINTAH DLM Matius 5;48,HARUSLAH KAMU SEMPURNA SEPERTI BAPAMU YANG DI SORGA ADALAH SEMPURNA.Ini yang dikehendaki Allah.Karena setiap orang tak akan mampu, maka Allah MENJADI MANUSIA berupa(di dalam Y ESUS KRISTUS)LALU MATI DISALIBKAN kematianNYA itulah yang mneggantikan kematian manusia karena dosa.Sebab upah dosa adalah maut(YANG KEKAL alias neraka)RM 3:23.Tiga hari kemudia IA bangkit membuktikan TELAH MEENGALAHKAN MAUT.Yesus tau hati anak muda itu bahwa anmud itu tak rela kehilangan hartanya.Itulah bukti KETIDAKBEREDAYAAN MANUSIA MENURUTI PERINTAH.Karena APA?KARENA DOSA YANG MEMBELENGGU.Jadi bukan soal berbuat baik untuk sampe ke sorga.TAPI BAGAIMANA MANUSIA BISA MENGALAMI KELEPASAN DARI BELENGGU DOSA.Satu2nya jalan harus ada yang jadi korban untuk menebus jiwanya,yaitu dengan kematian.a m i n.

    • bos….yang bilang begitu paulus…bukan Yesus yang baik itu…Yesus yg saya ikuti itu ngga pernah koq bilang gitu…penebusan dosa…Yesus Tuhan…ngga ada itu…bos,ma’af ya…Yesus yg saya baca bolak-balik dalam Injil itu adalah Yesus yang sangat menghormati dan mencintai Allah, Tuhan-nya…”Sh’ma Ysrael, Edonay Elochainu Edonai Echad…!” itu kata2 Yesus…ma’af ya bos….baca Bible lagi deh…

  14. thanks, untuk tulisannya….saya coba untuk komentar………dalam teks ini seharusnya anda memperhatikan konteksnya…Yesus tahu bahwa pemuda yang bertanya adalah seorang yahudi…yang memahami bahwa keselamatan dapat diperoleh melalui suatu perbuatan ……yaltu melakukan hukum taurat…..oleh sebab itu ia bertanya…..perbuatan apa yang bisa menyelamatkan……bukan bagaimana saya bisa selamat……..walau demikian yesus masih menambah point dalam hukum tersebut yaitu untuk menjual seluruh miliknya……hal yang yesus tahu bahwa itu merupakan bagian yang Sulit dilakukan oleh pemuda yang kaya ini……..menurut anda selamatkah anak muda ini……….disisi lain peristiwa salib masih belum terjadi….dan yesus sendiri belum ungkapkan……..coba pelajari lagi perjanjian lama dan baru dengan teliti…saya yakin anda akan mengerti


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s